10 Rahasia Sukses Bisnis Kuliner Yang Wajib Anda Tahu

Banyak pengusaha pemula yang penasaran apa sih rahasia sukses bisnis kuliner? Sebab menjadi pengusaha kuliner memang memiliki keuntungan tersendiri, karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap hari untuk kelangsungan hidup.

 

Mulai dari usaha kuliner pinggir jalan hingga restoran besar ternama merupakan sebuah bukti bahwa usaha ini memiliki potensi dan peluang pasar yang tidak main-main.

 

Jika Anda sedang mempertimbangkan usaha ini, ada baiknya Anda menyimak artikel ini sampai akhir karena kami akan membahas dengan lengkap rahasia sukses bisnis kuliner yang Anda butuhkan.

 

1. Pemilihan Lokasi yang Strategis

 

Lokasi usaha menjadi faktor penentu dalam kesuksesan usaha kuliner, karena lokasi strategis akan mendatangkan pembeli dengan jumlah yang banyak. Meskipun sebenarnya ada beberapa usaha makanan yang berada di lokasi terpencil namun tetap ramai, meskipun demikian hal ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis kuliner.

 

2. Pengaturan Manajemen Keuangan Usaha

 

Manajemen keuangan dalam suatu usaha memang perlu dikelola dengan baik. Untuk itu, maka diperlukan analisis pengaturan manajemen yang tepat. Kapan harus membeli stok dalam jumlah banyak karena harga murah dan kapan harus menyimpan stok barang untuk mengantisipasi kelangkaan barang.

 

3. Hindari Peran Ganda

 

Banyak yang berpikir untuk menghemat biaya operasional dengan berperan ganda. Misal menjadi manajer dan juga koki. Namun hal tersebut hanya membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan.

 

Selain itu, hal tersebut juga dapat menambah beban kerja Anda semakin berat. Jika usaha kuliner Anda menjadi semakin besar maka peran ganda tersebut bisa menimbulkan masalah sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari peran ganda.

 

4. Kenali Target Market

 

Mengenali sasaran usaha tidak hanya dibutuhkan oleh usaha fashion saja, usaha kuliner juga memerlukan itu. Jika Anda membuka usaha di area perkantoran maka tentu jenis menu dan harga yang Anda sajikan menjadi hal utama yang harus di pertimbangkan.

 

Berbeda jika Anda membuka usaha kuliner di pusat perbelanjaan, tentu ada fokus hal yang Anda lakukan untuk menarik minat pengunjung mall berkunjung ke gerai usaha Anda. Terlebih lagi Anda harus bersaing dengan brand kuliner ternama yang sudah ada.

 

5. Lakukan Pemasaran yang Baik

 

Pemasaran yang efektif tentu bisa mendatangkan jumlah pembeli yang banyak. Sehingga pasti berimbas pada pemasukan yang diterima. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang tepat harus Anda terapkan untuk bisa membuat usaha semakin dikenal. Selalu lakukan perbaikan pada metode pemasaran yang dipakai. Jika dirasa tidak efektif mendatangkan pembeli, maka tentu teknik pemasaran yang dilakukan harus segera diubah.

 

6. Tawarkan Menu Take Away

 

Berikan varian menu yang bisa dibawa pulang dan jenis menu yang harus dimakan di tempat, karena masih ada usaha yang tidak memperbolehkan pembeli untuk membawa pulang makanan yang dibeli bisa jadi karena jika dibawa pulang rasa makanan akan berbeda dengan yang disantap di tempat.

 

7. Kebersihan Lokasi

 

Banyak pembeli yang menjadikan hal ini sebagai pertimbangan untuk membeli makanan di lokasi tersebut, kebersihan dilihat biasanya dari lokasi usaha dan peralatan yang digunakan. Jika makanan enak dan kebersihan terjaga maka citra usaha Anda akan baik dimata pelanggan.

 

8. Berikan Pelatihan pada Karyawan

 

Ketika usaha semakin berkembang dan sukses dan dikunjungi banyak pembeli maka tentu mengharuskan kita untuk menambah jumlah karyawan. Maka dari itu pelatihan terhadap SDM baru harus dilakukan dengan baik dan benar. Agar menghasilkan tenaga karyawan yang profesional dan ahli di bidangnya.

 

Selain karyawan baru, karyawan lama juga harus mendapatkan pelatihan secara rutin. Hal ini akan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan dan skill yang dimiliki agar semakin mumpuni.

 

9. Kupon dan Voucher Menarik

 

Cara ini terbukti sudah banyak yang melakukannya karena sangat efektif untuk membuat pembeli berkunjung. Bahkan terkadang mereka juga membawa kawan dan keluarga. Tentu saja hal ini sangat berdampak positif bagi kelangsungan usaha Anda.

 

10. Perlakukan Pembeli Sebagai Raja

 

Pepatah “Pembeli Adalah Raja” sangat benar adanya karena bagaimana cara kita memperlakukan para pembeli akan sangat berdampak pada citra usaha Anda. Jika kita memperlakukan pembeli dengan cara eksklusif tentu akan melekat di hati para pembeli untuk bisa datang kembali, serta merekomendasikan usaha Anda pada orang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *