4 Masalah Keuangan UMKM yang Harus Diatasi

Semua usaha, termasuk UMKM tentu bergantung kepada kondisi finansial yang baik. Kondisi tersebut menjadi “bahan bakar” untuk setiap usaha dalam menjalankan operasionalnya. Kondisi keuangan yang tidak baik tentu bisa membuat operasional usaha tersendat. Lantas apa saja permasalahan keuangan UMKM yang harus segera diatasi?

 

Sumber Foto : ichef.bbci.co.uk

 

Arus kas tidak sehat

 

Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan perbaikan pada proses pembayaran. Misalnya, memajukan tenggat pembayaran supaya uang berputar lebih cepat. Pastikan pelanggan Anda memperoleh informasi itu, sehingga bisa membayar tepat waktu.

 

Selain itu, tambahkan cara pembayaran supaya lebih mudah, seperti melalui transfer bank, minimarket,  kartu kredit, hingga berbagai uang elektronik. Kalau UMKM Anda sudah go international, Anda bisa menambahkan PayPal sebagai salah satu metode pembayaran.

Anggaran yang tidak jelas

 

Selain arus kas, UMKM juga menghadapi permasalahan anggaran. Anggaran UMKM seharusnya sesuai kemampuan supaya operasional berjalan lancar. Jadi Anda perlu membagikan budget operasional untuk setiap bulannya.

 

Hal-hal yang bisa Anda lakukan, antara lain mengecek sumber pemasukan Anda. Biasanya sumber pemasukan berasal dari penjualan, piutang, hingga investasi. Barulah lakukan pengecekan mengenai apapun yang perlu dibayar sebagai pengeluaran.

 

Jika sudah, Anda bisa membuat anggaran per bulan dan per kuarter. Anda perlu membuat daftar terkait kebutuhan operasional, pemasaran, travel, dan pembayaran vendor. Dengan anggaran yang jelas, pemasukan dan pengeluaran pun lebih tertata.

Pemasaran yang menghabiskan banyak biaya

 

Saat ini, pemasarann tidak harus dilakukan secara offline, melainkan juga bisa melalui online, seperti  media sosial. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, atau Google untuk memasarkan produk Anda. Akan tetapi, pemasangan iklan di berbagai media ini juga membutuhkan biaya besar.

 

Untuk mengatasi hal ini, UMKM bisa memanfaatkan SEO di website perusahaan. Melalui SEO yang baik, website Anda akan segera naik ke peringkat pertama Google dan cepat dikenal oleh banyak orang. 

Akses pendanaan kurang memadai

 

Tanpa budget, bisnis tidak akan berjalan lancar dan tentunya dibutuhkan dana yang cukup untuk ini. Namun, UMKM sulit untuk melakukan ini, karena biasanya tidak memiliki dana yang besar dan stabil.

 

Untuk memperoleh dukungan dari bank, perlu dilakukan perbaikan data keuangan dan melakukan pencatatan keuangan yang lebih rapi. Dengan demikian, arus kas UMKM menjadi lebih baik dan akses pendanaan dari bank lebih mudah diperoleh.

 

Jadi itulah empat permasalahan keuangan UMKM yang perlu diatasi. Semoga ulasan ini dapat membantu.

 

Baca juga : Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk Para UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *