5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil

Memulai bisnis kecil bukanlah hal yang mudah. Para pelaku usaha seringkali dihadapkan dengan beberapa tantangan, kesulitan mengatur manajemen keuangan bisnis menjadi salah satunya. Agar bisnis dapat berkembang dan menguntungkan, para pelaku usaha wajib memperhatikan beberapa elemen penting dalam bisnis, seperti mengelola keuangan yang baik. Meminimalisir risiko kerugian, atur keuangan secara cermat untuk menjaga arus kas tetap stabil. Yuk, simak beberapa tips untuk mengelola keuangan bisnis kecil!

 

1. Hindari mencampur uang bisnis dengan uang pribadi

 

5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil
Sumber Foto: finansialku.com

Memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi sangat penting dilakukan ketika menjalankan sebuah bisnis. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat dua akun rekening yang terpisah. Pemisahan rekening menjadi antisipasi Anda untuk mengurangi risiko kerugian. Dikhawatirkan, bila rekening disatukan Anda akan kebingungan mengontrol arus kas bisnis Anda. Bisa saja uang bisnis Anda digunakan untuk keperluan pribadi Anda, begitu juga sebaliknya. Penting melakukan cara ini agar manajemen keuangan Anda tidak rancu dan mudah dikontrol untuk mengembangkan bisnis Anda nantinya.

 

2. Jangan boros!

 

5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil
Sumber Foto: fastpay.co.id

Demi kelangsungan bisnis, Anda harus bisa menentukan apa saja yang merupakan kebutuhan prioritas bisnis Anda. Jangan sampai menghambur-hamburkan uang usaha  untuk sesuatu yang tidak terlalu penting untuk bisnis Anda. Berhemat merupakan kunci mengelola keuangan bisnis dan keuangan pribadi yang baik. Tetap berhemat meskipun bisnis Anda sudah banyak menghasilkan. Penghasilan bisnis tidak melulu lancar setiap bulannya, antisipasi masalah keuangan kedepannya  dengan tetap berhemat.

 

3. Sisihkan laba untuk kembangkan usaha

 

5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil
Sumber Foto: bisnisumkm.com

Menikmati hasil jerih payah sendiri menjadi suatu kebanggaan bagi para pelaku bisnis. Jangan lupa menyisihkan sebagian keuntungan Anda untuk bisnis kedepannya. Gunakan kembali keuntungan bisnis sebagai modal usaha untuk terus mengembangkan bisnis Anda.  Jangan sampai keuntungan Anda habis begitu saja untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

 

4. Membuat anggaran dana

 

Sumber Foto: xdana.com

Pastikan rencana bisnis kecil Anda terstruktur. Susun perencanaan bisnis Anda ke depan dengan skala besar, setelah itu Anda bisa memecahnya menjadi beberapa bagian, seperti rencana harian, mingguan, dan bulanan. Kelola keuangan dengan membuat anggaran dana untuk rencana bisnis Anda ke depan. Membuat anggaran dana membantu arus kas keuangan lebih teratur.  

 

5. Tulis Rincian Pengeluaran dan Pemasukan (Pembukuan)

 

Sumber Foto: jurnal.id

Dalam mengelola keuangan bisnis kecil Anda harus selalu mengawasi arus kas keuangan, kemana arus kas bisnis Anda mengalir. Buatlah pembukuan agar seluruh transaksi pengeluaran dan pemasukan terpantau. Buatlah pembukuan secara rinci dan teratur agar mudah dimengerti.   Di era digital ini, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan perangkat lunak (software) akuntansi untuk memudahkan Anda melakukan pembukuan secara akurat dan real time.

 

Baca Juga: Peluang Bisnis dan Cara Lengkap Budidaya Lobster Air Tawar

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *