5 Kemampuan Usaha yang Harus Dimiliki oleh UMKM

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pengusaha, termasuk pengusaha UMKM adalah interpersonal skill. Interpersonal skill ini sangat efektif ketika digunakan dalam berinteraksi dengan orang lain. Lantas apa saja kemampuan usaha interpersonal skill yang harus dimiliki oleh pengusaha UMKM ini?

 

Mengapa Interpersonal Skill Penting untuk Pengusaha?

Kemampuan interpersonal yang baik memungkinkan seseorang bisa menangani dan memecahkan permasalahan di tempatnya berada dengan baik. Bukan hanya dibutuhkan ketika organisasi, kemampuan interpersonal yang baik akan membuat orang itu bisa diandalkan dalam banyak situasi.

Orang-orang seperti ini biasanya bisa memberi dan menerima feedback yang membangun dan mampu mengajak orang lain untuk mengikuti apa yang ia katakan. Kemampuan semacam itu tentu dibutuhkan oleh setiap pengusaha, terutama kemampuan mempengaruhi orang lain untuk membeli produk yang dijual.

 

Beberapa Interpersonal Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha

 

5 Kemampuan Usaha yang harus di miliki oleh UMKMSumber Foto: jojonomic.com

 

1. Mendengarkan

Sebelum menguasai kemampuan berbicara, sebaiknya Anda menguasai kemampuan mendengarkan terlebih dahulu. Bukan sekedar mendengarkan melalui telinga, tapi juga mampu menerima pesan untuk memperoleh informasi sesuai harapan. Dalam banyak relasi, misalnya antara orang tua-anak, ranah pergaulan, atau pekerjaan, ketiadaan niat mendengarkan bisa memicu konflik cukup besar.

 

2. Mengerti atau Memahami Informasi

 

Dalam ranah personal atau profesional, menguasai informasi bisa dikatakan menguasai sumber daya. Kemampuan untuk memahami pesan, perintah, hingga kebutuhan orang lain menjadi bekal penting dalam berkomunikasi. Selain untuk menciptakan komuniksi yang baik, menganalisis informasi juga membuat Anda bisa bertindak dengan tepat. Tentu Anda membutuhkan hal ini dalam mengelola usaha, karena menjadi lebih mudah untuk memahami kebutuhan pasar dan kemauan klien.

 

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Lain

 

Hubungan baik dengan orang lain tentu sangat penting untuk menjalankan usaha, karena Anda akan memiliki jaringan pertemanan yang luas. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dalam menjual atau memasarkan produk usaha Anda.

 

4. Memberikan Umpan Balik

 

Komunikasi yang dilakukan tentu membutuhkan umpan balik sehingga tidak hanya menjadi komunikasi searah. Meski tampaknya bukan sesuatu yang besar, memberi umpan balik berarti Anda memahami apa yang disampaikan dan peduli terhadap informasi tersebut. Ini juga berarti bahwa Anda berusaha menjaga komunikasi yang baik dengan lawan bicara.

 

5. Kemampuan Membujuk

 

Interpersonal skill lain yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha adalah kemampuan untuk mengajak atau membujuk orang lain. Komunikasi bisa menjadi persuasif dan mempengaruhi orang lain jika sikap yang digunakan tepat. Agar ajakan yang dilakukan efektif, setidaknya Anda perlu memahami karakter orang yang Anda ajak.

 

Itulah berbagai kemampuan usaha yang penting dimiliki oleh pengusaha UMKM. Kalau Anda memiliki semua kemampuan itu, maka jalannya usaha juga bisa semakin baik.

 

Baca juga : Tips Cerdas Memilih Pinjaman UMKM untuk Modal Usaha

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *