5 Langkah Jitu Strategi Digital Marketing Bagi UMKM

Kesuksesan dalam berbisnis tentu menjadi tujuan utama setiap pengusaha. Untuk meraih semua itu dibutuhkan banyak cara, apalagi di era seperti sekarang ini. Dunia digital marketing menjadi salah satu strategi utama dimana setiap orang memiliki kemudahan dalam mengakses ranah digital. Sebagai pelaku UMKM, Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Hanya dengan modal akses internet dan gadget, Anda sudah bisa menikmati kemudahan dalam mengembangkan usaha di era digital. Strategi apa saja yang diperlukan untuk menjalankan konsep digital marketing bagi UMKM? Simak Penjelasannya.

 

 1.  Tentukan Target Market

 

Target market merupakan aspek penting sebagai pijakan dalam menentukan digital marketing yang akan dibangun. Target pemasaran tersebut berkaitan dengan siapa saja yang berpotensi membutuhkan produk milik UMKM, berapa rentang umurnya, dan kelas sosial yang ingin dituju. Tiga hal ini menjadi dasar dari penentuan target marketing yang akan dilakukan. Sehingga strategi yang akan dijalankan nantinya akan jauh lebih efektif. 

 

2.  Tentukan Konsep Digital

 

Promo yang ditawarkan oleh setiap pengusaha UMKM haruslah memberikan solusi yang tepat. Konsep ini akan memberikan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan produk serupa dari pengusaha lain. Konsep ini bisa berjalan jika para pengusaha UMKM mau melihat kondisi yang terjadi di masyarakat. Bukan hanya fokus pada kualitas dari produk yang dimiliki. Kualitas pembuatan produk memang sangat penting, namun hal itu tidak akan memberikan daya tawar yang lebih tinggi ketika tidak memberikan solusi yang tepat bagi masyarakat.

 

3. Membuat Website Sebagai Media Pengenalan Produk dan Perusahaan

 

Keunggulan dari mempunyai sebuah website pribadi adalah para pengusaha UMKM akan bebas memberikan kreativitasnya dalam memasarkan produk. Di website pribadi juga Anda tidak perlu khawatir dengan kompetitor. Anda akan bebas menjual produk dan menggunakan berbagai macam strategi terbaik untuk menarik semua konsumen yang tersebar sangat luas tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

 

Inilah media digital marketing yang sangat penting untuk dimiliki oleh UMKM. Dimana dengan adanya website ini UMKM bisa akan dikenal lebih luas, dan sejajar dengan perusahaan yang lebih besar. Tergantung dari bagaimana Anda mengisi konten website pribadi Anda. Jika tampilannya seperti website profesional perusahaan besar, tentunya UMKM juga akan mendapatkan nilai tambah dan daya tawar yang lebih baik.

 

4. Branding Usaha dengan Aktif di Sosial Media

 

Sosial media sebagai sebuah media yang digunakan secara personal untuk sebagian besar masyarakat di seluruh dunia sangat efektif sebagai media branding. Ada banyak sekali platform yang bisa pakai untuk branding tersebut. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya. Setiap platform tersebut memiliki kekuatannya masing-masing sehingga Anda juga harus menyesuaikan dengan strategi yang Anda pilih.

 

5.  Pahami SEO, SEM, dan Digital Advertising

 

Tahap terakhir ini Anda harus mengeluarkan modal untuk memaksimalkan semua media digital marketing yang Anda miliki berupa website dan media sosial tadi. SEO (Search Engine Optimization) akan membuat trafik website Anda semakin tinggi. Sedangkan untuk SEM (Search Engine Marketing) bisa Anda temukan di berbagai media sosial yang menyediakan fitur tersebut. Seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

 

Itulah strategi digital marketing yang harus Anda jalankan sebagai pengusaha UMKM agar usaha Anda bisa memiliki daya tarik lebih besar dan cepat berkembang. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat pula perkembangan bisnis UMKM yang Anda miliki.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *