6 Cara Menangkan Persaingan Usaha Bisnis Online Bagi UMKM

Usaha bisnis online dapat menjadi pilihan menjanjikan dalam dunia usaha saat ini. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM saat ini pun telah masuk ke dalam kategori bisnis online. Saat ini, dunia UMKM di Indonesia memiliki peminatnya tersendiri. Selain itu UMKM juga turut serta menyumbang bagi pendapatan nasional.

 

Maraknya usaha bisnis online di kalangan UMKM membuat masing-masing pengusaha UMKM harus memutar otak agar menjadi yang terdepan. Era digital memunculkan persaingan yang lebih ketat sekaligus cara kreatif memanfaatkan peluang yang ada.

 

Nah, berikut sejumlah tips sukses berjualan online yang perlu diperhatikan oleh UMKM.

 

1. Menjual Produk yang Benar-Benar Dapat Dijual Online

 

Lakukan survei atas produk yang bisa dijual secara online. Yang artinya, konsumen tidak perlu harus bertemu dengan Anda secara langsung. Hindari cash on delivery, misalnya, dimana pembeli dan penjual harus bertemu terlebih dahulu sebelum melakukan jual-beli. Tidak semua produk dapat dijual secara online. Maka dari itu, carilah yang memang memudahkan konsumen memperoleh barang yang dimau tanpa perlu bertemu langsung.

 

2.  Membekali Diri dengan Ilmu Digital Marketing

 

Carilah waktu untuk mempelajari tentang pemasaran melalui dunia maya atau digital marketing. Menekuni usaha bisnis online bukan hanya perkara mengunggah foto menarik di marketplace atau akun media sosial saja.

 

Bangun reputasi UMKM Anda dengan pembuatan konten yang menarik, terutama di toko online Anda. Bekali diri dengan cara beriklan yang tepat di Google lalu cara promosi yang menarik. Jelaskan perusahaan Anda melalui website yang Anda buat agar pengunjung nantinya meyakini usaha Anda memang berkualitas.

 

3. Gencarkan Promosi Via Platform Online

 

Ada beberapa cara memperkenalkan atau memasarkan produk Anda di media online yaitu dengan cara memanfaatkan layanan iklan gratis dan berbayar. Jangan takut untuk mencoba keduanya. Bila perlu, anggarkan dana pemasaran untuk membayar jasa Search Engine Optimization atau SEO.

 

Jangan hanya mengandalkan satu cara saja, sebagai contoh media sosial. Gunakan platform berbagi video gratis, YouTube, untuk membuat video promosi. Jalinlah kerjasama dengan influencer yang memang sesuai dengan produk UMKM Anda. Lalu promosikan produk Anda melalui situs marketplace hingga membuat toko online sendiri. Setelah semua cara dicoba selalu evaluasi agar mengetahui platform dan strategi pemasaran apa yang lebih tepat guna perbaikan berikutnya.

 

 4. Cepat dalam Menanggapi Konsumen

Komunikasi antara penjual dan pembeli sangatlah penting. Manfaatkanlah beragam aplikasi chat saat ini untuk cepat menanggapi pertanyaan atau keluhan konsumen. Jika terlalu lama membalas, dikhawatirkan mereka akan “lari” ke penjual lain.

 

5. Menjadikan Ulasan Positif Pelanggan Sebagai Alat Promosi

 

Tingkatkan kualitas layanan Anda lalu jangan lupa minta review dan saran mereka. Usaha bisnis online membuka peluang terciptanya alat promosi yang mudah diketahui. Dengan ulasan yang baik, calon pembeli akan tertarik dan sebaliknya.

 

Dengan mereka memberikan review yang baik dapat menjadikan promosi untuk Anda. Minta kesediaan mereka untuk memberikan ulasan positif di media sosial, sehingga orang lain yang membacanya bisa tertarik dengan produk Anda.

 

6. Berkolaborasi

 

Jalin kerjasama dengan UMKM lain agar persaingan usaha bisnis online kedua usaha tumbuh bersama. Buat strategi bersama agar potensi bisnis masing-masing terasah optimal. Gandeng platform digital yang sudah terkemuka dalam usaha bisnis online Anda berikutnya.

 

Anda bisa bekerjasama dengan Go-Jek atau Grab untuk layanan antar pesan. Seiring dengan tren pembayaran tanpa uang tunai, berkolaborasi lah dengan penyedia dompet digital, seperti Go-Pay dan OVO, untuk mempermudah pembayaran. Sekian dari artikel kami mengenai persaingan usaha bisnis online, semoga usaha Anda tetap berjalan dengan baik dan semakin sukses.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *