6 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik

Dalam menjalankan sebuah bisnis, meningkatkan kepuasan pelanggan menjadi salah satu misi utama setiap pelaku usaha. Hal itu dikarenakan kepuasan pelanggan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka semakin tinggi pula tingkat kesetiaan yang mereka berikan pada bisnis.

 

Adanya kesetiaan dan kepuasan pelanggan akan meningkatkan permintaan pelanggan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Tentunya hal itu akan memengaruhi omset penjualan yang dihasilkan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan untuk mengembangkan usaha? Kitadigi berikan tips yang bisa pebisnis terapkan, berikut di bawah ini!

 

1. Pahami Pelanggan Anda

 

6 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik
Sumber Foto: gofaztrack.com

Jangan asal membangun sebuah bisnis, ada baiknya jika bisnis yang Anda jalankan sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan Anda. Cari tahu permintaan yang banyak dicari oleh publik dengan aktif di media sosial, berteman dengan sesama pemilik usaha, dan lain sebagainya. Kenali target bisnis Anda dengan melakukan segmentasi pasar berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lain sebagainya.

 

2. Perhatikan Kualitas Produk  & Jasa

 

6 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik
Sumber Foto: grapadinews.co.id

Pelanggan akan merasa puas jika mendapatkan barang yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka. Oleh karena itu, ada baiknya Anda selaku pemilik usaha menjaga dan selalu meningkatkan kualitas dari barang dan jasa yang ditawarkan. Pelanggan tentunya akan merasa kecewa bila sudah berlangganan tapi menemukan barang atau jasa langganan mereka memiliki kualitas yang tidak seperti biasanya. Pastikan selalu melakukan evaluasi terkait kualitas agar bisnis Anda selalu memenuhi syarat pelanggan.

 

3. Tawarkan Harga Sesuai

 

6 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik
Sumber Foto: toppr.com

Pelanggan cenderung memilih produk atau jasa dengan harga rendah. Tapi tidak menutup kemungkinan jika pelanggan Anda tetap memilih produk atau jasa dengan harga tinggi jika kualitas yang diberikan sesuai dengan harga. Pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan memberikan kepuasan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen Anda.

 

4. Berikan Pelayanan Terbaik

 

6 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik
Sumber Foto: jurnal.id

Menangkan hati pelanggan agar mereka selalu loyal terhadap bisnis Anda. Melayani pelanggan tentunya memiliki etika dan teknik khusus, seperti menjaga tutur kata dengan baik dan sopan, tidak menampakkan wajah murung, dan hal lainnya yang dapat membuat pelanggan kesal. Pastikan selalu memberikan pelayanan yang ramah, murah senyum, dan cekatan.

 

5. Mudahkan Pelanggan Dengan Digital

 

Sumber Foto: kadrun.id

Di zaman serba digital ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan pelanggan Anda. Bila produk yang ditawarkan, Anda bisa menjual dan memasarkan produk Anda secara online melalui media sosial, atau market place. Hal itu dilakukan agar pelanggan Anda tidak perlu repot datang ke tempat usaha Anda. Bila yang Anda tawarkan berbentuk jasa, Anda bisa memudahkan pelanggan Anda dengan cara booking secara nline. Selain itu, mudahkan pelanggan Anda dalam proses transaksi, Anda bisa menggunakan metode pembayaran nontunai seperti kartu kredit, debit, bahkan dompet digital. Berikan kupon diskon untuk pelanggan Anda yang memesan secara online.

 

6. Dengarkan Keluhan & Saran Pelanggan

 

Sumber Foto: mediakonsumen.com

Menjalankan sebuah bisnis lazim rasanya dihadapkan dengan beberapa masalah atau kekurangan. Tugas pelanggan tentunya memberikan keluhan dan saran untuk kemajuan sebuah bisnis itu sendiri. Dengarkan keluhan dan saran pelanggan Anda. Selain pelanggan Anda akan merasa dihargai, tentunya hal itu bisa dijadikan sebuah cerminan atas kekurangan bisnis Anda.

 

Baca Juga: Tips Cermat Memulai Bisnis Ekspor Untuk Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *