7 Manfaat POS Bagi UMKM yang Ingin Go Digital

Manfaat POS
Sumber Foto : assets.kompasiana.com

 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas manfaat POS, nah apakah itu POS ? POS atau singkatan dari Point of Sale saat ini sudah menjadi peran penting dalam menangani berbagai operasional dalam penjualan transaksi pada bisnis atau usaha di bidang apapun, contohnya kafe, toko baju, restoran dan lain-lain. 

 

Biasanya sebuah POS sudah terdiri dari alat mesin kasir lengkap dengan cash drawer atau yang biasa disebut laci uang, dan tentunya semua sudah terhubung dengan sistem dan perangkat yang lebih modern. Perangkat nya bisa menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS. 

 

Berikut ini adalah 7 manfaat POS dan fungsinya : 

 

  1. Mencatat data transaksi dengan lengkap dan bisa memprosesnya akan menjadi lebih mudah untuk dianalisa.
  2. Sudah terintegrasi dengan sistem stok barang di gudang, jadi akan lebih mudah mengecek ketersediaan produk.
  3. Memberikan laporan transaksi di toko secara langsung.
  4. Segala bentuk perubahan data, misal seperti update harga barang atau stok barang bisa dilakukan dengan cepat. 
  5. Mencetak struk transaksi pelanggan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kwitansi atau nota. 
  6. Menghitung otomatis, ketika kamu berikan diskon. Maka otomatis aplikasi POS akan menghitung kembalian dengan aman. 
  7. Menerima pembayaran tunai, non-tunai, debit dan kartu kredit. 

 

Baca juga : Tips UMKM Go Digital Agar Mampu Bersaing di Pasar Online

 

Setelah mengetahui manfaat POS, sekarang bagaimana memilih POS untuk usaha kita ? berikut ini tips memilih POS untuk usaha.

 

Sumber Foto : assets.kompasiana.com

 

1. Harga dan Fitur

 

Ketika memilih POS, cari tahu terlebih dahulu kebutuhan untuk usaha kamu, sehingga budget yang disediakan memang terjangkau. Karna perlu diketahui, pastinya biaya dan fitur yang diperlukan oleh usaha kedai kopi macam booth yang hanya dioperasikan satu orang kasir akan berbeda dengan restoran yang memiliki banyak karyawan.

 

2. Perangkat Pendukung

 

Pastikan kamu mengenal perangkat keras yang berhubungan dengan POS, seperti printer dan tablet yang digunakan. Contohnya seperti kedai kopi tentu sudah cukup untuk menggunakan perangkat POS portable atau mPOS yang dilengkapi dengan printer struk. 

 

3. Mengelola Stok Barang

 

Apabila usaha yang Anda jalani sudah besar, seperti restoran yang memiliki banyak stok bahan baku dan menu yang disajikan. Mungkin kamu perlu fitur yang lebih pada POS nya. Namun jika usaha kamu belum masih merintis, lebih baik gunakan POS yang terjangkau. 

 

4. Laporan Penjualan yang Lengkap

 

Alasan para pengusaha menggunakan sistem POS terletak pada fitur laporan penjualannya yang sudah otomatis dapat menghitung laporan keuangannya. Dengan mencatat setiap transaksi setiap harinya. 

 

Mulai dari produk yang paling laris sampai yang tidak laku, sistem POS dapat menampilkan datanya.

 

5. Mudah Untuk Digunakan

 

Semakin berkembangnya sistem POS, tentunya akan semakin mudah dalam pengoperasiannya. Jadi untuk karyawan baru pasti lebih cepat untuk bisa menggunakannya. Dan tidak perlu training khusus. 

 

6. Dukungan Teknis 24 Jam

 

Ini adalah salah satu peran penting dalam pemilihan sistem POS untuk usaha kamu. Kamu harus cari tahu layanan POS siapa yang kira-kira dapat melengkapi kebutuhan usaha kamu. 

 

Dengan bantuan customer service layanan POS yang kamu pilih, pastikan mereka siap pada permasalahan yang dialami. Misalkan, ada kendala pada masalah teknis. Dan respon mereka harus cepat untuk kamu bisa menjalankan kembali transaksi. 

 

7. Berbasis Cloud atau Online

 

Dengan pilihan Point of Sale yang berbasis cloud, kamu dapat melakukan banyak hal dan mengurus operasional lain. Misalkan, mengecek laporan di beberapa lokasi outlet dengan hanya memantau dari lokasi lain dan kapan saja. 

 

Di pasaran saat ini, banyak sekali sistem POS yang beroperasi menggunakan alat tambahan, seperti barcode scanner, mesin edc sampai printer bluetooth untuk mencetak struk. 

 

Itulah pembahasan terkait manfaat POS kasir digital dan bagaimana kamu memilih untuk usaha Mitra sukses Kitadigi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *