Apa Saja Perbedaan Kasir Offline dan Kasir Online? Cek di Sini!

Di era digitalisasi ini, perkembangan teknologi dan informasi banyak dimaanfaatkan para pengusaha untuk menjalankan bisnis mereka. Seperti menggunakan sistem aplikasi kasir untuk mempermudah kegiatan transaksi. Dalam dunia bisnis, sistem kasir ini masuk ke dalam kategori  yang wajib dimiliki para pengusaha untuk mengelola bisnis dengan akurat. Saat ini pelaku bisnis lebih memilih kasir online dibandingkan kasir offline, dengan alasan mudah untuk diakses dan dipantau dimana, kapan saja saat pemilik bisnis tidak ada di lokasi bisnis. Apa saja faktor yang membedakan kedua kasir tersebut? Simak perbedaannya di bawah ini.

 

Mengenal Aplikasi Kasir Online & Offline

 

Apa Saja Perbedaan Kasir Offline dan Kasir Online? Cek di sini!Sumber Foto: pawoon.com

 

Aplikasi kasir online adalah program kasir yang diakses menggunakan internet dan memiliki fungsi membantu kegiatan transaksi penjualan bisnis. Dengan adanya aplikasi kasir, Anda dapat mengawasi proses transaksi tanpa harus berada di belakang mesin kasir atau lokasi bisnis yang Anda miliki. Selain fungsinya untuk memonitor transaksi, aplikasi kasir bisa membantu dalam analisis data secara real time dan akurat.

 

Sedangkan aplikasi kasir offline, program kasir ini digunakan pada toko tanpa menggunakan jaringan internet. Transaksi yang diinput hanya tersimpan di mesin kasir toko tersebut. Data-data yang telah diinput juga hanya tersimpan pada server  di toko tersebut. Karena tidak dapat diakses melalui jaringan online, maka aplikasi ini disebut dengan aplikasi kasir offline.

 

Apa Perbedaan Aplikasi Kasir Online & Offline

 

Apa Saja Perbedaan Kasir Offline dan Kasir Online? Cek di sini!Sumber Foto: ladypopular.com

 

Aplikasi yang telah terintegrasi dengan berbagai hardware yang mendukung menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi kasir Online. Aplikasi kasir online telah dirancang khusus untuk mengatasi kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi kasir offline, fitur yang disediakan pun lebih canggih dan lengkap. Dengan adanya aplikasi kasir online, akses laporan dan proses transaksi  jauh lebih mudah dilakukan kapan pun dan dimana pun.

 

Perlu Anda ketahui, dibalik praktisnya aplikasi kasir online, beberapa pebisnis kesulitan memahami dan menggunakannya karena terlalu banyak fitur yang dimiliki. Anda perlu waspada dengan serangan virus dan kerusakannya, biaya perbaikan aplikasi kasir online tergolong cukup mahal dan menguras kantong Anda.

 

Bagaimana dengan aplikasi offline?

 

Dalam biaya pengadaannya, aplikasi kasir offline tidak banyak memungut biaya. Aplikasi kasir offline pun lebih mudah dipahami oleh siapa saja dan lebih tahan pada serangan virus. Akan tetapi, fitur yang dimiliki aplikasi kasir offline lebih terbatas dibandingkan online. Karena tidak terintegrasi dengan berbagai hardware, proses transaksi pun sedikit sulit dilakukan pada aplikasi kasir offline ini.

 

Baca Juga: Strategi Bisnis Jitu Dalam Menghadapi Era New Normal untuk UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *