Fungsi dan Manfaat Aplikasi POS untuk Toko Retail

Point of Sale atau POS merupakan aplikasi kasir atau software yang digunakan sebagai tempat pelanggan melakukan transaksi atau pembayaran. Sistem ini sering disebut dengan mesin kasir (cash register) yang dibuat untuk mempermudah proses penjualan atau pembelian dalam bisnis retail, sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran jauh lebih cepat dan akurat. Seperti apa fungsi dan manfaat aplikasi POS? berikut ulasannya.

 

1. Mempermudah Pencatatan Transaksi

 

Fungsi dan Manfaat Aplikasi POS untuk Toko Retail
Sumber Foto: jurnal.id

Point of Sale dalam bisnis retail berfungsi mempermudah melakukan pencatatan transaksi. Kegiatan transaksi bisa dilakukan dengan lengkap dan lebih terperinci, POS bisa menjumlahkan hasil transaksi dari keseluruhan, pun bisa menjumlahkan hasil transaksi pada periode tertentu.

 

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

 

Fungsi dan Manfaat Aplikasi POS untuk Toko Retail
Sumber Foto: daya.id

Melalui sistem POS, retailer menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik. Karyawan toko dapat mencarikan apa yang diinginkan pelanggan hanya dalam hitungan detik saja, transaksi pun bisa dilakukan dengan cepat. Sehingga pelanggan tidak perlu mengantre dan menunggu lama.

 

3. Memantau Pergerakan Toko

 

Fungsi dan Manfaat Aplikasi POS untuk Toko Retail
Sumber Foto: sistemaimpulsa.com

Selain mencatat transaksi pelanggan, transaksi penjualan dan retur penjualan toko, POS mampu mencatat biaya-biaya lain yang terjadi di toko. Sistem POS menyimpan setiap data transaksi jual-beli yang dilakukan, dengan demikian retailer bisa mengakses laporan transaksi setiap harinya secara real time. POS secara otomatis bisa mencatat laporan-laporan untuk membantu menganalisa aktivitas toko. Mulai dari laporan penjualan, biaya toko, hingga untung atau rugi bersih toko.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis ini Bisa Bantu Transaksi Usaha Kamu

 

4. Inventarisasi Barang

 

Fungsi dan Manfaat Aplikasi POS untuk Toko Retail
Sumber Foto: pawoon.com

POS memungkinkan retailer melacak inventaris atau persediaan stok di toko, bahkan seluruh cabang toko. Pemilik dapat dengan mudah mencari tahu ketersediaan atau keluar masuk stok barang. 

 

5. Mempermudah tenaga Kerja

 

Sumber Foto: glints.com

POS mempermudah perihal tenaga kerja. Modul POS dapat digunakan sebagai waktu absensi para staf di toko, dengan begitu kedisiplinan karyawan jauh lebih mudah dikontrol. Agar pemilik toko terhindari dari kelebihan membayar pegawai yang menyebabkan kerugian, POS juga membantu memonitor upah pekerja dan persentase komisinya.

 

6. Proteksi Keamanan Data Pelanggan

 

Sumber Foto: mancode.id

Menjaga keamanan data pelanggan menjadi hal yang terpenting dalam setiap proses transaksi. Keamanan data seperti pada saat pelanggan menggunakan kartu kredit atau debit untuk pembayaran, tentunya hal itu rentan disalahgunakan. Dengan adanya sistem POS seluruh data transaksi akan disimpan dalam penyimpanan cloud atau penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data.

 

7. Fleksibel Mengelola Bisnis

 

Sumber Foto: entrepreneurcamp.id

Sistem POS berbasis cloud memungkinkan pemilik bisnis mengakses penjualan dan memantau transaksi, inventarisasi, dan data penjualan cukup dengan menggunakan smartphone atau komputer tablet dari mana pun dan kapan

 

Demikian ulasan fungsi dan manfaat aplikasi Point of Sales untuk bisnis retail dapat kami bagikan, semoga bermanfaat!

 

 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Cafe yang Menguntungkan 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *