Begini Cara Mengemas Frozen Food yang Benar

Cara mengemas frozen food – Banyak pebisnis saat ini yang menggandrungi usaha frozen food, terlebih dengan adanya pandemi covid-19. Usaha yang satu ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan karena makanan frozen food menjadi pilihan masyarakat karena dinilai sangat praktis untuk mengkonsumsinya.  

 

Ditengah aktivitas yang sangat padat, makanan ini membantu meringankan rasa lapar karena penyajiannya sangat cepat. Selain itu trend makanan korea yang dikemas menjadi frozen food seperti eomuk, tteokbokki, steamboat, dan lain-lain saat ini tengah booming di negeri kita karena menjadi idola anak muda, itulah yang membuat frozen food menjadi salah satu bisnis yang sangat direkomendasikan.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menjajal bisnis ini salah satunya adalah cara mengemas frozen food, karena pengemasan akan mempengaruhi kualitas produk agar tidak rusak juga membuatnya menjadi awet dan tahan lama jika dilakukan dengan benar.

 

Fungsi lain mengemas produk dengan baik yaitu sebagai sarana untuk promosi. Membuat kemasan menjadi cantik akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli. Dengan adanya kemasan yang menarik akan memudahkan calon pembeli untuk mengenali produk, jenis produk, informasi berguna untuk calon pembeli, dan lain sebagainya.

 

Itulah mengapa peran kemasan sangat penting dalam sebuah bisnis, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengemas frozen food dengan baik dan benar, jika Anda salah satu yang tertarik untuk membuka bisnis frozen food, simak artikel ini sampai akhir.

 

1. Kemasan Tertutup Rapat dan Kedap Udara

 

Makanan yang dikemas dalam wadah yang tertutup dan kedap udara tentunya menjamin makanan dari partikel asing. Daya tahan produk juga menjadi lebih lama sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain itu kemasan yang tertutup sudah dipastikan aman dan mencegah dari kerusakan.

 

Pastikan menggunakan plastik yang kedap udara dan yang aman digunakan untuk produk makanan. Sehingga ketika dikonsumsi tidak membahayakan tubuh manusia. Biasanya plastik yang digunakan untuk kemasan frozen food adalah jenis plastik nylon.

 

2. Proses Pembuatan Harus Steril

 

Proses pembuatan yang higienis merupakan hal yang wajib diterapkan bagi usaha makanan, meskipun usaha yang dibangun berskala kecil namun upayakan untuk selalu menjaga kebersihan peralatan.

 

Pastikan mencuci terlebih dahulu semua peralatan yang akan digunakan, bahkan ketika sudah selesai digunakan langsung dicuci agar untuk proses pembuatan selanjutnya sudah bersih dan tak ada bahan yang menempel.

 

Selanjutnya gunakan bahan baku yang berkualitas, rajinlah mengecek dengan teliti dalam melihat adanya kerusakan pada makanan. Apabila semua makanan sudah dipastikan baik dan bersih maka tentunya akan menghasilkan makanan yang baik juga.

 

Dan yang paling penting adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah proses pengemasan frozen food. Hal ini penting menjaga agar makanan tidak terkontaminasi oleh partikel asing.

 

3. Pastikan Kemasan Menarik

 

Selain sebagai wadah untuk melindungi agar kualitas makanan tetap terjaga, kemasan yang menarik juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan media promosi. Kemasan juga sangat dibutuhkan guna memberikan informasi detail produk. Dengan adanya detail produk maka calon konsumen akan dengan mudah mengenal frozen food yang Anda jual.

 

4. Hindari Freeze Burn

 

Freeze burn merupakan adanya perubahan warna, bentuk, tekstur, warna dan tentunya juga merubah cita rasa bahkan nilai gizi didalamnya, apabila hal tersebut terjaga maka dapat dipastikan makanan tersebut layak konsumsi dan layak bagi kesehatan.

 

Dalam kasus frozen food atau makanan beku ini tentu dalam pengemasan harus memikirkan daya tahan. Hal yang terpenting yakni memastikan bahwa makanan sesuai dengan prosedur pembuatan dan terhindar dari freeze burn.

 

Demikianlah beberapa cara mengemas frozen food dengan baik dan benar yang wajib Anda lakukan jika ingin memulai bisnis frozen food, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan dikembangkan demi kemajuan bisnis yang Anda punya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *