Mau Buka Laundry Kiloan? Cek Biaya dan Cara Lengkapnya di Sini

Saat ini biaya buka laundry kiloan menjadi bahan riset orang yang ingin membuka usaha ini di tengah bagusnya peluang di pasaran. Bisnis ini menggiurkan bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan banyaknya warga bekerja dan bepergian setiap harinya.

 

Kesibukan penduduk kota membuka peluang bisnis laundry kiloan sebab mereka jarang yang sempat mencuci pakaian sendiri. Usaha laundry kiloan biasanya menyediakan layanan mencuci dan menyetrika pakaian. Layanan ini dapat menjawab keinginan sebagian besar konsumen akan pakaian bersih, rapi dan wangi setiap harinya. 

 

Apakah saat ini Anda tertarik membuka usaha laundry kiloan? Simak yuk artikel ini hingga tuntas sebab kami akan mengupas langkah plus biaya buka laundry bagi pemula:  

1. Menentukan lokasi usaha 

 

biaya buka laundry
Sumber Foto : inews.co.id

 

Pilihlah lokasi usaha di tengah keramaian aktivitas masyarakat urban, seperti di daerah padat perkantoran atau universitas. Target bisnis ini umumnya adalah karyawan kantor dan mahasiswa. Anda bisa pula membuka bisnis laundry di kawasan kost atau kontrakan. 

 

Dengan lokasi usaha yang seperti ini, Anda akan dapat menghemat biaya operasional apabila menerapkan jasa antar jemput baju. Strategi ini memang menggiurkan bagi konsumen. Akan tetapi perhatikan pula lokasi usaha agar dengan jarak yang dekat, Anda bisa melayani permintaan antar jemput ke banyak pelanggan.

2. Memilih merek

 

Menggunakan merek sendiri atau waralaba? Keduanya mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing. 

 

Menggunakan merek sendiri akan memberikan keuntungan asli serta membuka peluang perluasan usaha ke depan. Kekurangannya adalah Anda akan memerlukan modal yang lebih banyak.  

 

Di lain pihak, menggunakan merek waralaba yang sudah terkenal akan membuat usaha laundry Anda mengirit usaha pemasaran. Orang akan lebih gampang mengenal merek Anda. Kekurangannya adalah kegiatan usaha cenderung terbatas sebab harus menyesuaikan dengan kontrak dengan pihak pemilik merek waralaba. Apabila memilih cara kedua, pastikan merek waralaba tersebut benar-benar mempunyai reputasi yang bagus di mata konsumen.

 

Baca juga : Cara Membuat Rincian Modal Usaha Pakaian Tahap Awal  

3. Merancang produk layanan laundry ke depan

 

Sumber Foto : vibizmedia.com

 

Buat daftar produk layanan laundry yang terus mengikuti kebutuhan konsumen. Untuk pakaian, Anda bisa menawarkan jasa cuci, setrika dan membuat baju konsumen bersih, rapi dan wangi. 

 

Produk turunan lainnya yang tidak kalah menarik adalah cuci sepatu, helm, bantal, bonek, karpet dan benda yang sulit dicuci sendiri di rumah.  

 

Hal ini bisa membantu usaha menjadi lebih menguntungkan di masa depan setelah usaha pokok berjalan dengan baik. Perluasan bisnis ini membuka ruang merangkul lebih banyak konsumen yang berimbas pada naiknya laba. 

4. Menghitung modal dan keuntungan

 

Langkah ke-4 adalah menghitung biaya buka laundry atau modal dan keuntungan. Kami berikan di sini kisaran modal dan keuntungan pada umumnya. Anda dapat menambahkan biaya lain di kemudian hari.  

 

Kebutuhan/item Jumlah Harga yang dibayarkan
     
Biaya investasi awal
Mesin cuci 2 unit Rp4.000.000,-
Mesin pengering 1 unit Rp1.500.000,-
Setrika 5 unit Rp500.000,-
Timbangan digital 1 unit Rp250.000,-
Perbaikan ruangan 1 kali Rp1.000.000,-
Meja dan kursi 1 set Rp300.000,-
Promosi awal (spanduk dll) Rp500.000,-
Total investasi awal Rp8.050.000,-
 

Dana operasional bulanan

Listrik 1 bulan Rp500.000,-
Deterjen 20 bungkus (1kg) Rp500.000,-
Pewangi 15 bungkus (1kg) Rp150.000,-
Gaji pegawai  1 orang Rp800.000,-
Air 1 bulan Rp300.000,-
Bensin (antar-jemput) 1 bulan Rp150.000,-
Lainnya Rp200.000,-
Total anggaran operasional bulanan Rp2.600.000,-
Total modal yang dibutuhkan Rp10.650.000,-

 

Di bawah ini adalah perkiraan pendapatan dan keuntungan per bulannya: 

 

Proyeksi pendapatan per bulan
Pesanan 30 hari Harga per kg Target pendapatan 30 hari
40kg/hari X 30 = 1.200 kg Rp5.000,- Rp6.000.000,-
Proyeksi laba per bulan Rp3.400.000,-

 

Penghitungan kasar di atas menghasilkan prakiraan keuntungan Rp3,4 juta per bulan. Dengan modal diatas maka Anda hanya membutuhkan tiga bulan untuk mengembalikan modal tersebut. Menarik bukan? Semoga berhasil, #MitraSukses KITADIGI!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *