Tips Sukses Memulai Bisnis Clothing Online Untuk UMKM

Sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia terutama anak muda, fesyen terus berkembang dari waktu ke waktu. Tingginya permintaan atas kebutuhan sandang tersebut, membuat bisnis clothing menjadi ide bisnis yang banyak dilirik para calon pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, pemasaran clothing mampu merambah dunia maya. Tentu saja hal itu membuat para pengusaha tergiur menjalankan bisnis clothing online, karena semakin luasnya jangkauan untuk menggapai masyarakat. Dengan pemasaran online, pengusaha pun akan lebih cepat dikenal oleh publik. Tidak semudah yang dilihat,  mengembangkan bisnis berbasis online dibutuhkan teknik khusus dan strategi yang baik. Nah, seperti apa cara sukses membangun bisnis clothing online? Yuk, simak ulasan berikut ini! 

 

1. Lakukan Riset 

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Clothing Online Untuk UMKM
Sumber Foto: kompasiana.com

Sebagaimana bisnis pada umumnya, riset merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewati. Riset dilakukan untuk mengetahui tren apa yang sedang digandrungi oleh konsumen, khususnya para pecinta fesyen atau clothing. Banyak sekali kejadian bisnis terpaksa gulung tikar karena menjual produk yang tidak diinginkan oleh pasar, sehingga pebisnis mengalami kerugian dan modal pun tidak kembali. 

 

Anda bisa melakukan riset atau analisa pasar melalui media sosial pribadi terlebih dahulu untuk mendapat respon dari teman atau kerabat terkait bisnis clothing. Anda juga bisa mencari informasi seputar tren fesyen di kalangan masyarakat menggunakan mesin pencarian web. Tentukan target penjualan dengan melakukan pengelompokan berdasarkan gender, umur, hobi, lokasi, dan lain sebagainya. 

 

2. Tentukan Jenis Produk

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Clothing Online Untuk UMKM
Sumber Foto: bikin.co

Setelah melakukan riset pasar,  selanjutnya menentukan jenis fesyen apa yang mau Anda jual. Apakah menjual produk yang ready stock, menjual aksesoris, atau menjual baju dengan desain sesuai keinginan konsumen Anda. Tentukan apa yang menjadi identitas bisnis Anda. 

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk Para UMKM

 

3. Membuat Business Plan 

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Clothing Online Untuk UMKM
Sumber Foto: midasmedici.com

Menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan rencana bisnis yang tepat. Tidak hanya bagaimana menentukan cara meraih keuntungan yang mengalir terus, tetapi juga bagaimana bisnis yang dirintis bisa terarah dan terus berkembang sesuai waktu yang sudah ditargetkan. Dengan rencana tepat, dan target bisnis yang terarah Anda bisa mendapat keuntungan yang semakin besar dalam jangka panjang. 

 

4. Mencari Supplier Terpercaya 

 

Sumber Foto: wwd.com

Kualitas bahan menjadi salah satu elemen penting untuk menarik pelanggan atau membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Anda. Carilah supplier terbaik dan terpercaya menyediakan bahan berkualitas tinggi. Kini sudah banyak marketplace yang menyediakan bahan berkualitas dengan harga yang relatif lebih rendah. Dengarkan masukan orang-orang terdekat atau pelanggan terkait produk yang Anda dijual. 

 

5. Membuat Website dan Platform Digital 

 

Sumber Foto: trimbunnews.com

Perkenalkan produk bisnis clothing Anda kepada dunia dengan menggunakan platform media sosial. Dengan digital marketing tentunya bisnis Anda akan lebih dikenal dan dijangkau oleh konsumen Anda. Buatlah konten-konten menarik baik berupa foto atau video secara konsisten. Upload produk yang Anda jual dengan mencantumkan harga dan deskripsi produk yang jelas di website dan media sosial toko online Anda.

 

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Mainan untuk UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *