Kiat Sukses Bisnis Jasa Freelance Untuk Pemula

Menjadi seorang pebisnis jasa freelance atau pekerja lepas sempat dipandang sebelah mata karena dinilai pekerjaan yang serabutan dan tidak dapat bersaing di dunia kerja. Seiring perkembangannya, kini bisnis freelance menjadi tren dikalangan masyarakat karena sistem kerjanya yang fleksibel bisa dikerjakan di mana saja dan tanpa terikat seperti pekerjaan resmi.

 

Seorang pekerja lepas lebih bebas memilih jenis pekerjaan yang diingkan dan sesuai dengan passion atau hobi. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi internet, menjadi seorang pekerja lepas bisa mendapatkan penghasilan yang cukup banyak. Akan tetapi, perlu diingat bahwa menjadi seorang pekerja lepas tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan langkah tepat agar sukses bergulat di bidang freelance ini. Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang freelancer, Kitadigi bagikan kiat sukses menjalakannya, berikut di bawah ini.

 

1. Tentukan Tujuan

 

Kiat Sukses Bisnis Jasa Freelance Untuk Pemula
Sumber Foto: indtimes.com

Menjalankan bisnis pekerja lepas. pastikan menentukan tujuan yang jelas. Apa tujuan yang mendorong Anda untuk menjalankan bisnis ini, apakah goal Anda berupa target pendapatan, pengalaman, atau hal lainnya. Tentukan profesi yang sesuai minat Anda, jika ingin sukses sebagai pekerja lepas, dibutuhkan komitmen dalam menjalankannya.

 

2. Amunisi Wawasan

 

Kiat Sukses Bisnis Jasa Freelance Untuk Pemula
Sumber Foto: cohive.space

Setiap orang memiliki bakat atau skill-nya masing-masing. Terus tingkatkan wawasan dan kembangkan skill yang sudah dimiliki dengan mengikuti seminar, membaca buku, sharing dengan orang-orang yang lebih ahli di bidang profesi yang dipilih, dan lain sebagainya. Dengan bertambahnya wawasan dan  keahlian, Anda akan dipercaya oleh klien untuk menangani pekerjaan atau proyek besar dengan bayaran yang besar pula.

 

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Kasir untuk UMKM yang Ingin GO Digital

 

 

3. Daftar Ke Berbagai Situs Freelance

 

Kiat Sukses Bisnis Jasa Freelance Untuk Pemula
Sumber Foto: uptown.id

Daftarkan diri Anda ke berbagai situs online khusus untuk freelancer. Sama halnya dengan mencari lowongan pekerjaan di situs-situs tertentu. Mendaftarkan diri Anda sebagai seorang freelancer akan mendatangkan Anda klien yang bisa memberikan pekerjaan yang menghasilkan untuk Anda. Cari tahu info lowongan pekerjaan yang bisa Anda apply guna untuk memperbanyak klien, dan proyek agar jam terbang atau pengalaman Anda dalam bisnis jasa ini pun kian bertambah.

 

4. Membuat Portofolio

 

Sumber Foto: 99.co

Portfolio menjadi salah satu hal penting untuk menjalankan bisnis freelance ini. Portfolio berkaitan dengan proyek-proyek yang sudah dikerjakan. Menawarkan produk atau jasa lebih efektif dengan cara online menggunakan internet. Semua pengguna internet bisa menjadi calon klien yang potensial. Buatlah sebuah website, blog, atau situs yang berisikan portofolio Anda. Hal itu dilakukan agar calon klien Anda bisa melihat kelebihan dan keahlian Anda. Pastikan membuat portfolio semenarik mungkin dan selalu up to date.

 

5. Buat Klien Puas

 

Sumber Foto: dreamstime.com

Dalam menjalankan bisnis apapun, penting sekali untuk membuat klien puas. Klien puas bisa memberikan testimoni yang baik, hal itu bisa membantu meningkatkan daya jual jasa Anda. Klien yang puas akan merekomendasikan Anda kepada rekan atau orang-orang yang membutuhkan jasa Anda. Kepuasan klien dapat dilihat dari segi memperhatikan dengan benar kebutuhan klien, pengerjaan yang tepat waktu, dan hasil kerja sesuai dengan kesepakatan. 

 

Baca Juga: Tips Sukses Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *