5 Cara Memulai Bisnis Mainan untuk UMKM

Metode mendidik yang sangat menyenangkan adalah dengan mengajak sang buah hati bermain. Seakan menyatu dan tidak bisa dipisahkan, bermain menjadi kegiatan yang dilakukan anak-anak untuk mengeksplor sekaligus mengembangkan motorik dan fisik mereka. Memiliki fungsi yang dapat membantu dalam perkembangan otak anak, permintaan pasar akan mainan pun semakin meningkat. Perkembangan bisnis yang semakin pesat dari tahun ke tahun, dan jenis mainan dengan harga yang bervariasi bisa dijadikan suatu ide atau peluang bagi orang-orang yang mulai tertarik terjun ke dunia bisnis. Nah, berikut ini Kitadigi berikan 5 cara tepat memulai bisnis mainan untuk UMKM. Yuk, simak ulasannya! 

 

1. Siapkan Modal Terlebih Dahulu!

 

5 Cara Memulai Bisnis Mainan untuk UMKM
Sumber Foto: trimbunnews.com

Memulai sebuah bisnis, modal merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Baik modal besar maupun kecil, bisnis mainan bisa dilakukan oleh siapa saja, yang terpenting adalah tekad kuat dalam memulainya. Buatlah catatan sederhana apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis mainan, dan berapa harganya. Dengan begitu Anda bisa menentukan mana saja barang yang menjadi prioritas utama untuk dibeli. Hal itu dilakukan agar Anda tidak asal membeli barang yang mengakibatkan neraca keuangan Anda terganggu. Banyaknya varian mainan dengan harga yang turut bervariasi pun bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

 

2. Tentukan Jenis Mainan

 

5 Cara Memulai Bisnis Mainan untuk UMKM
Sumber Foto: bacteriality.com

Tentukan terlebih dahulu target bisnis Anda, kemudian pilih jenis mainan apa yang ingin Anda jual. Anda bisa memilih target market sesuai dengan jenis kelamin atau usia, serta dikhususkan untuk pembelajaran atau sekadar hiburan. Anda bisa memilih mainan berupa puzzle dengan gambar alfabet dan angka, atau mainan seperti boneka. Perhatikan keamanan anak, seperti menjual mainan dengan ukuran sedikit besar agar tidak mudah ditelan oleh anak usia 1-3 tahun.

 

3. Manfaatkan Momentum Hari Besar

 

5 Cara Memulai Bisnis Mainan untuk UMKM
Sumber Foto: penuliscilik.com

Memanfaatkan momen di hari-hari keagamaan seperti hari raya Idul Fitri, Natal, dan hari raya lainnya mampu meningkatkan jumlah penjualan produk mainan Anda. Mari ambil contoh seperti hari natal yang identik dengan menukar kado kepada kerabat, teman, serta anak-anak.  Tentunya banyak masyarakat yang merayakan hari raya tesebut mencari kado natal untuk diberikan.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis ini Bisa Bantu Transaksi Usaha Kamu

 

4. Promosikan Barang Sisa

 

Sumber Foto: accurate.id

Mainan memang tidak memiliki kadaluarsa, tetapi jika terlalu lama disimpan di gudang pun bisa merusak mainan. Anda bisa melakukan promosi dengan memberikan diskon atau bonus yang menarik untuk pelanggan, sehingga pelanggan anda tidak perlu memikir dua kali untuk membeli produk mainan Anda. Anda juga bisa memberikan promo bundling mainan dengan perlengkapan sekolah di masa kenaikan kelas.

 

5. Cari Lokasi Strategis

 

Sumber Foto: jojonomic.com

Lokasi menjadi aspek penentu berjalan atau tidaknya bisnis Anda. Usahakan mencari tempat penjualan yang banyak dilewati oleh anak-anak, seperti PAUD, playgroup, taman kanak-kanak, taman bermain, sekolah dasar, dan tempat strategis lainnya. Hal itu dilakukan agar mendapatkan atensi anak-anak yang menjadi target market Anda.

 

Baca Juga: Tips Cermat Memulai Bisnis Dengan Modal Minim

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *