Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk UMKM

Menjalankan bisnis pribadi menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan. Ironisnya, banyak calon pebisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengurungkan niat membangun bisnis karena minimnya modal usaha yang dimiliki. Padahal, bisnis dengan modal minim tak selamanya menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Tidak perlu kecil hati, sudah banyak jenis bisnis modal minim yang menjanjikan dan memiliki prospek cerah. Dengan strategi tepat dan tekad yang kuat, kesuksesan bisa lebih mudah dicapai. Dalam artikel ini Kitadigi bagikan ide bisnis modal minim yang berpotensi untuk UMKM, berikut ulasannya.

 

1. Kursus Online

 

Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk UMKM
Sumber Foto: mainmain.id

Kebutuhan pelajar terhadap Bimbingan Belajar (Bimbel) terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal itulah yang membuat bisnis bidang pendidikan memiliki prospek yang cukup baik. Tidak spesifik hanya untuk pelajaran sekolah, bagi Anda yang memiliki keahlian bidang tertentu seperti bahasa asing, seni, dan lainnya juga bisa memanfaatkan peluang ini. Modal yang dibutuhkan pun minim, cukup melakukan kelas virtual dengan menggunakan laptop atau komputer milik pribadi sudah bisa menjalankan bisnis ini. 

 

2. Makanan Ringan

 

Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk UMKM
Sumber Foto: liputan6.com

Seakan tidak ada matinya, produk makanan selalu naik daun dan banyak dicari oleh masyarakat, terutama produk makanan ringan atau snack. Aneka makanan ringan mulai dari tradisional dan kekinian banyak mendatangkan keuntungan. Pebisnis bisa menjual makanan ringan skala rumahan, penjualan online, atau menitipkan pada warung-warung.

 

3. Laundry Kiloan

 

Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk UMKM
Sumber Foto: rumah123.com

Bisnis bidang laundry sudah menjamur di berbagai daerah, khususnya daerah dekat kampus atau perkantoran. Di zaman serba praktis ini, tak sedikit masyarakat yang berpikiran bahwa  menggunakan jasa laundry lebih efisien daripada waktu habis terbuang hanya untuk mencuci pakaian. Oleh karena itu, bisnis laundry kiloan menjadi sangat popular. Modal yang diperlukan tergantung seberapa besar bisnis laundry yang akan dibangun. Pebisnis UMKM bisa memulainya dengan skala rumahan dengan modal yang tidak terlalu banyak.

 

Baca Juga: Fungsi dan Manfaat Aplikasi POS untuk Toko Retail

 

4. Kerajinan Tangan

 

Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk UMKM
Sumber Foto: ruangmom.com

Pebisnis yang memiliki keterampilan mengolah sesuatu bisa dijadikan peluang bisnis modal minim dengan omset yang cukup menguntungkan. Sudah banyak penjual yang menjual hasil karyanya sendiri, seperti membuat aksesoris, hiasan unik menggunakan resin, sabun atau lilin aromaterapi, dan lain sebagainya. Lakukan pemasaran melalui market place atau media sosial.

 

5. Penulis Online & Penerjemah

 

Sumber Foto: republika.co.id

Gemar menulis bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menghasilkan. Anda bisa menjadi penulis paruh waktu atau bahkan full time secara online tanpa harus pergi ke kantor. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang Bahasa asing pun bisa memanfaatkan peluang menjadi penulis sekaligus penerjemah. Sudah banyak perusahaan atau platform yang bisa membantu Anda mendapat proyek menulis dan menerjemah.

 

6. Toko Online

 

Sumber Foto: fastwork.id

Jenis usaha modal minim yang pertama adalah menjual produk yang diinginkan atau sesuai passion secara online. Sudah banyak aplikasi jual beli online atau marketplace sebagai lapak untuk menjual berbagai macam barang tanpa harus repot membuka toko fisik. Pemasarannya jauh lebih mudah dan jangkauannya pun jauh lebih luas. Cukup dengan membuat konten foto atau video menarik dan kemudian diunggah ke media sosial secara konsisten untuk menarik perhatian konsumen. Anda bisa melakukan penjualan dimana pun dan kapan pun, penghasilan yang didapat pun tidak main-main.

 

7. Dropshipper

 

Sumber Foto: orderonline.id

Dropship merupakan sistem penjualan hanya dengan memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Sesuai dengan pengertiannya, menjadi dropshipper memungkinkan Anda memulai bisnis tanpa modal. Dropshipper bisa menentukan harga jual yang berbeda dengan supplier, dan selisih harga itulah yang menjadi keuntungan bagi dropshipper.

 

Baca Juga: Ingin Bisnis Cafe Laris Manis? Simak Tips Sukses ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *