Ingin Memulai Bisnis Pet Shop? Ikuti Tips Jitu ini

Hobi memelihara hewan peliharaan tidak selalu hanya menghabiskan uang, lho. Dengan menjadi seorang pecinta hewan juga bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis seperti menyediakan kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan atau Pet Shop bagi pecinta hewan bisa dimanfaatkan untuk membangun ladang penghasilan.

 

Selain menjadi teman setia, hewan bisa menjadi penghilang stress. Tak heran banyak orang yang memelihara hewan seperti anjing atau kucing untuk menemani. Walhasil, kebutuhan perawatan dan pangan hewan di pasaran pun meningkat. Hal itu bisa menjadi peluang usaha yang sayang untuk dilewatkan. Tertarik memulai bisnis pet shop? Yuk, ikuti tips jitu berikut di bawah ini!

 

1. Perencanaan Bisnis

 

Ingin Memulai Bisnis Pet Shop? Ikuti Tips Jitu ini
Sumber Foto: anteraja.id

Perencanaan bisnis menjadi elemen penting dalam memulai sebuah usaha, termasuk usaha perlengkapan hewan peliharaan. Manajemen bisnis membantu meningkatkan kinerja dalam berbisnis, dan membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan untuk mencapai kesuksesan. Tentukan jam operasional bisnis pet shop, tarif, paket pelayanan, dan lain sebagainya agar bisnis pet shop bisa lebih terarah. 

 

2. Persiapkan Modal

 

Ingin Memulai Bisnis Pet Shop? Ikuti Tips Jitu ini
Sumber Fot:o: jokowarinoblog.com

Modal memiliki peran penting untuk menentukan seberapa besar bisnis yang akan dibangun. Siapkan dan hitung modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis pet shop ini. Lakukan perincian barang-barang yang dibutuhkan dalam membangun bisnis pet shop ini, berapa biaya sewa dan biaya operasional.

 

3. Jenis Layanan

 

Ingin Memulai Bisnis Pet Shop? Ikuti Tips Jitu ini
Sumber Foto: bincangbisnis.com

Berbagai macam bentuk pet shop dari mulai produk atau jasa bisa ditawarkan. Tentukan jenis layanan apa yang mau Anda tawarkan. Apakah hanya sekedar aksesoris, kebutuhan dan pangan saja yang Anda tawarkan. Jasa titip hewan, klinik, dan salon, atau semua layanan Anda tawarkan di pet shop. Semakin lengkap layanan, semakin besar pula target pasar Anda.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis ini Bisa Bantu Transaksi Usaha Kamu

 

4. Tempat & Lokasi Bisnis

 

Sumber Foto: 99.co

Usahakan mencari lokasi usaha pet shop yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan. Anda bisa mencoba lokasi di pusat keramaian atau daerah padat penduduk. Selain menjual kebutuhan dan pangan, jika Anda juga menjual hewan-hewan peliharaan, pastikan membuat pet shop yang kedap suara agar bebas dari kebisingan. Berikan pendinginan udara, dan perhatikan sirkulasi udara toko dengan baik agar konsumen dan hewan-hewan yang anda dijual merasa nyaman. Perhatikan juga kebersihan toko dan sekitar lokasi toko. Jangan lupa meminta izin pada warga sekitar untuk menghindari konflik di kemudian hari.

 

 

5. Rekrut Orang Terpercaya

 

Sumber Foto: groovy.co.id

Demi kelangsungan bisnis pet shop, dibutuhkan orang-orang yang mampu membantu menjalankan usaha ini. Tidak boleh asal merekrut karyawan, rekrut orang yang memiliki ilmu atau pengalaman di bidang ini, apalagi jika Anda juga menawarkan pelayanan pet grooming, pet sitting, atau bahkan pet clinic. Rekrut tenaga ahli seperti dokter hewan dan juga perawat hewan yang menyayangi hewan di pet shop Anda.

 

6. Aktif di Dunia Maya

 

Sumber Foto: trito.id

Buatlah media sosial atau website khusus bisnis pet shop Anda. Selain untuk pemasaran, Anda juga bisa memberikan edukasi terkait cara merawat hewan, dan lainnya di media sosial, website, atau bahkan di situs web berbagi video seperti YouTube. Hal itu bisa menjadi cara untuk mendatangkan pelanggan, atau bahkan membuat pet shop Anda lebih dikenal publik.

 

Baca Juga: Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *