Cara Memulai Bisnis Sewa Ruko untuk Pemula

Banyak orang berpendapat bahwa bisnis properti merupakan investasi paling menguntungkan. Nilai properti yang cenderung naik dan memberi keuntungan, menjadi keunggulan bisnis properti. Salah satu bisnis properti yang cukup populer dan menggiurkan adalah sewa Ruko atau Rumah Toko. Ruko merupakan bangunan yang ideal digunakan sebagai lokasi usaha atau kantor.

 

Lokasi ruko umum berada di pusat perekonomian yang ramai pengunjung, hal itu menjadi alasan mengapa ruko banyak dipilih oleh para pengusaha untuk menjalankan usahanya. Pun, tidak semua pengusaha memiliki dana cukup untuk membangun sendiri lokasi usahanya, alasan berikut yang menjadikan bisnis sewa ruko ini semakin menjanjikan.

 

Ingin mencoba peruntungan bisnis di bidang ini? Berikut langkah tepat untuk memulai bisnis sewa ruko.

 

1. Pilih Lokasi Strategis

 

Cara Memulai Bisnis Sewa Ruko untuk Pemula
Sumber Foto: jojonomic.com

Lokasi menjadi penentu laku-tidaknya bisnis sewa ruko yang dijalankan. Karena ruko umum digunakan untuk berjualan, tentunya pengusaha bisnis lain atau calon penyewa ruko akan lebih memilih lokasi strategis dekat dengan pusat keramaian. Hindari membangun ruko dengan lokasi yang sulit dijangkau, pastikan akses ruko mudah untuk dicari dan ditemukan. Pilihlah lokasi yang dapat dilalui kendaraan roda empat tanpa menimbulkan kemacetan.

 

2. Pahami Kenaikan Harga

 

Cara Memulai Bisnis Sewa Ruko untuk Pemula
Sumber Foto: damaiputra.com

Setelah menemukan lokasi strategis, perhatikan berapa besar kenaikan harga yang ada di lokasi tersebut. Pemilik properti dapat memperoleh keuntungan yang dihitung dari nilai sewa per-tahun dibandingkan dengan harga properti. Kenaikan rata-rata sewa properti atau yield pada ruko memiliki rata-rata mulai dari 6% sampai 9% per-tahun. Jika kurang dari persentase tersebut, maka lokasi ruko dianggap kurang menjanjikan.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk Para UMKM

 

3. Bangun Ruko Berfasilitas Mumpuni

 

Cara Memulai Bisnis Sewa Ruko untuk Pemula
Sumber Foto: kompas.com

Tentunya membangun sebuah bangunan membutuhkan modal yang lumayan besar. Namun, modal yang dibutuhkan dalam membuat ruko memang tidak bisa dipastikan, hal itu tergantung pada seberapa besar ruko yang dibangun, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

 

Untuk menambah nilai jual ruko, bangunlah ruko dengan fasilitas yang menunjang kegiatan usaha. Perhatikan hal-hal penting seperti saluran air, daya listrik, Wi-Fi, dan lain sebagainya. Jagalah kebersihan ruko agar calon penyewa yang melakukan survey lokasi merasa nyaman dan menyewa ruko tersebut.

 

4. Tentukan Tarif Sewa

 

Sumber Foto: rumah.com

Terlebih dahulu tentukan jangka waktu penyewaan. Untuk memudahkan penyesuaian harga, pemilik ruko bisa menentukan tarif sewa per satu atau dua tahun. Langkah tepat bisnis sewa ruko adalah dengan menentukan tarif wajar sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan dengan melakukan survey terlebih dahulu terhadap harga sewa ruko sejenis yang berada di area yang sama. Jangan memberi harga terlalu tinggi, karena calon penyewa cenderung mencari harga yang ruko lebih murah. Tetapii jangan pula terlalu murah, karena akan sulit mendapat keuntungan. Pemilik ruko juga bisa melakukan perhitungan sendiri mengalikan biaya ruko dengan capitalization rate ruko 6%-9% per-tahun.

 

5. Lakukan Promosi

 

Sumber Foto: autonews.com

Kini sudah banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Pemilik ruko bisa melakukan promosi dengan membuat banner, brosur, dan media cetak lainnya. Untuk menjangkau target pasar yang lebih besar, promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau website.

 

Baca Juga: Keuntungan Bisnis Properti yang Wajib Kamu Ketahui!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *