Mari Kenali Jenis Lele Terlaris di Pasaran Sebelum Berbisnis Ternak Ini

Bisnis ternak lele sudah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Budidaya ikan jenis ini akrab bagi kita berkat seringnya publik mengkonsumsi lele. Banyak yang tertarik menekuni ternak lele sebab dapat menghemat tenaga dan uang kita.

 

Tipe ikan lele yang berbeda memperoleh pengaruh dari beberapa faktor. Bibit dan lokasi budidaya menjadi beberapa faktor penting yang membuat jenis ikan lele bisa berbeda dari yang lain.

 

Apabila Anda termasuk salah satu yang sedang mempertimbangkan usaha ini, kenali yuk 12 tipe ikan lele di bawah ini. Kami memilih 12 jenis ini sebab mereka populer, baik di pasar dalam negeri dan di luar.

Bisnis Ternak Ikan Lele Konsumsi Lokal 

1. Ikan Lele Sangkuriang

bisnis ternak lele
Sumber Foto : elsafarm.com

Kisah rakyat Sangkuriang begitu lekat bagi warga Jawa Barat. Sangkuriang tenar sebab mempunyai keinginan untuk menikahi ibu kandungnya sendiri. Namanya diabadikan menjadi asal muasal gunung Tangkuban Perahu. 

 

Ternyata nama Sangkuriang dipilih untuk jenis ikan lele. Adalah Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang menemukan ikan ini. Ikan lele Sangkuriang memulai “debut” ke publik pada 2004. Balai ini mengembangkan Sangkuriang I menyusul menurunnya mutu ikan lele dumbo di tanah air. 

 

Ikan lele Sangkuriang generasi pertama berasal dari keturunan ikan lele dumbo hasil dari persilangan antara lele jantan dumbo generasi ke-6 dengan betina dumbo generasi ke-2.  Sedangkan Sangkuriang II mulai dikembangkan antara 2010 dan 2012. Hingga kini, ikan lele Sangkuriang masih terkenal di kalangan masyarakat dan bisnis ternak lele Sangkuriang akan menjadi peluang bisnis yang sangat bagus.

2. Ikan lele Mutiara

bisnis ternak lele
Sumber Foto : sangkutifarm.com

Balai Riset dan Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi, Subang, Jawa Barat, memperkenalkan ikan lele Mutiara pada 2015 ke publik. Ikan lele ini merupakan hasil perkawinan silang antara lele Mesir, lele Paiton, lele Sangkuriang dan dumbo selama tiga generasi. Ikan lele Mutiara sendiri kependekan dari Mutu Tinggi Tiada Tara. Peluang bisnis ternak lele Mutiara ini juga terbilang cukup bagus.

3. Ikan lele dumbo

bisnis ternak lele
Sumber Foto : jenis.net

Lele dumbo termasuk ikan lele “veteran” di Indonesia sebab telah muncul sejak 1985. Ikan ini berasal dari keturunan lele Taiwan atau persilangan lele Taiwan dengan Mesir. Pusat Riset Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hasil penelitiannya menulis bahwa lele dumbo kemungkinan merupakan jenis spesies lele Afrika. 

 

Baca juga artikel lainnya : Gak Mau Jadi Bawahan Orang Lain? Coba 7 Inspirasi Usaha Kreatif yang Datangkan Untung Besar Ini

4. Ikan lele mandalika

Sumber Foto : pertanianku.com

Nama ikan lele Mandalika sesuai dengan nama daerah yang sama di Nusa Tenggara Barat. Lele jenis ini dikembangkan oleh Instalasi Balai Benih Ikan Batu Kumbung dalam naungan Balai Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

5. Ikan lele masamo 

bisnis ternak lele
Info Foto : sangkutifarm.com

PT Matahari Sakti memperkenalkan ikan lele masamo ke Jawa Timur sekitar 2010. Ikan lele masamo mempunyai ciri, seperti berwarna kehitaman dengan kepala lebih runcing dan ada tonjolan di tengkuknya. 

6. Ikan lele limbat

bisnis ternak lele
Info Foto : mister-elf.blogspot.com

 

Ikan lele limbat banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama pada rawa, sumur tua, dan hutan berair. Masyarakat Medan acapkali mengubah lele ini menjadi makanan khas yang lebih dikenal sebagai ikan sale. Makanan ini menjadi ciri khas kuliner di Medan dengan harga cukup mahal. 

7. Ikan lele Pyton atau Payton 

Sumber Foto : www.bibitikan.net

Ikan lele Pyton atau Payton berasal dari hasil persilangan yang tidak terencana antara lele dumbo dan lele Thailand. Lele tipe ini mulai dibudidayakan pada 2004 di Pandeglang, Banten, Jawa Barat. Lele Pyton ini cocok dengan suhu rendah yang ada di Pandeglang. Nama Pyton di sini dikarenakan kepala lele ini yang mirip dengan kepala ular Pyton. 

8. Ikan lele Afrika 

bisnis ternak lele
Sumber Foto : Tokopedia

Bagi sebagian orang, ikan lele ini adalah “kembarannya” ikan lele dumbo. Ia berwarna hitam panjang seperti ikan lele dumbo. Ikan lele Afrika masih memperoleh hati di beberapa kalangan yang hingga sekarang masih membudidayakannya. 

9. Ikan lele lokal atau lele Jawa

Sumber Foto : wikimedia.org

Lele lokal atau lele Jawa sudah terlebih dahulu dibudidayakan sebelum lele dumbo datang pada 1985. Ikan lele Jawa inilah yang disebut sebagai ikan lele asli Indonesia alias tanpa melalui persilangan. Lele Jawa paling sering ditemukan di rawa-rawa. Sayangnya, lele Nusantara ini terancam punah. Pertumbuhan budidayanya juga lambat walau mempunyai rasa yang gurih.

 

Baca juga artikel lainnya : Cek Yuk Kisah Sukses Jualan Kue Lapis Bisa Raih Rp42 Miliar Per Bulan

 

Kita dapat mudah mengetahui tipe ikan lele ini berkat sifat fisiknya. Sebagai contoh, ikan lele Jawa berwarna hitam kehijauan dan mempunyai bintik di tubuhnya. 

Ikan Lele Konsumsi di Luar Negeri 

 

1. Channel Catfish alias ikan lele Channel 

Sumber Foto : nature.mdc.mo.gov

Lele ini banyak dijumpai di Amerika Utara, seperti Nebraska dan Tennessee. Ia mempunyai nama Latin Ictalurus Punctatus. Lele Channel banyak dibudidayakan untuk memenuhi permintaan konsumen setempat yang cukup tinggi. 

2. Blue Catfish alias ikan lele Biru

Sumber Foto : content.eol.org

Blue Catfish cukup unik. Ia adalah tipe ikan lele liar yang hidup di sungai di Amerika Utara. Panjang ikan ini dapat mencapai 1,4 meter dengan rerata panjang antara 40 dan 60 cm. 

3. Ikan lele Broadhead alias lele Kepala Lebar 

Sumber Foto : konstruksikolamterpal.net

Ikan lele broadhead merupakan ikan lele lokal khas Asia Tenggara. Paling banyak ikan lele ini ditemukan di Vietnam dan Kamboja. Kita dapat mengenali ikan ini berkat kepalanya yang lebar dengan patil hingga delapan buah. Warna ikan ini adalah hitam. Seperti ikan lele Jawa, ketertarikan publik terhadap ikan lele broadhead semakin menurun pasca dikenalkannya ikan lele unggul, seperti lele dumbo. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *