Buka Usaha Yuk! Jualan Mie Ayam Juga Bisa Kaya

Banyak jenis bisnis yang mempunyai potensi seakan tak lekang oleh waktu. Bisnis seperti ini biasanya bersifat lokal dan klasik. Bisnis klasik ini meliputi bisnis jualan mie ayam, kedai bakso dan usaha lokal lainnya. Bisnis semacam ini terkait dengan kultur dan selera pasar masing-masing daerah. 

 

Anda pasti sering menemukan banyak penjaja mie ayam di kota Anda. Hampir setiap tempat ada penjaja kuliner lokal satu ini. Mulai dari usaha gerobakan hingga kedai kecil dan besar. Rasanya yang gurih legit memang cocok di setiap lidah masyarakat Indonesia. Hingga mie ayam menjadi bisnis dengan potensi abadi yang tak lekang perkembangan jaman.

 

Bagaimanakah potensi bisnis usaha mie ayam? Bagi Anda yang penasaran dan tertarik berbisnis kuliner yang satu ini, simak ulasan berikut.

 

Tak bisa dipungkiri jika potensi pasar dari bisnis jualan mie ayam memang masih sangat tinggi. Meskipun persaingan yang padat, masih banyak peluang untuk pendatang baru. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat agar bisnis berjalan sesuai harapan.

 

Strategi apa saja yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini?

 

1. Cita Rasa

 

jualan mie ayam
sumber foto: bisnisukm.com

 

Seperti bidang kuliner lain,resep atau citarasa selalu menjadi prioritas utama. Rasa tidak melulu tentang enak atau tidak, tapi harus sesuai dengan selera pasar. 

 

Tidak hanya tentang inovasi tetapi juga tentang keistimewaan. Hidangan dengan inovasi unik tentunya harus diimbangi dengan rasa yang bisa memberi nilai lebih. 

 

2. Lokasi

 

jualan mie ayam
sumber foto: genpijogja.com

 

Pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu faktor penting dalam strategi usaha. Pastikan Anda memilih lokasi yang sesuai dengan konsep hidangan Anda. Contohnya adalah jika Anda ingin menjual mie ayam klasik, pasar dan kawasan perumahan adalah tempat yang tepat bagi Anda.

 

Untuk konsep mie ayam bakar dengan aneka rasa akan lebih cocok dibuka di kawasan eksklusif seperti mall atau pertokoan. Tidak ada salahnya jika memilih model usaha gerobakan. Cara ini dinilai lebih mudah dalam peluang mencari konsumen.

 

Baca juga: Intip Rahasia Keuntungan Bisnis Kuliner Bakso Aci Rumahan

 

3. Konsep Usaha

 

 

Meskipun saat ini mie ayam dikenal dengan gerobakan dan kedai kecil-kecilan, namun mie ayam juga bisa naik kelas hingga masuk ke mall dan banyak restoran ekslusif.

 

Untuk menyesuaikan terhadap target pasarnya, tentu saja dibutuhkan konsep yang tak biasa. Anda harus memikirkan kesesuaian antara pasar yang dibidik dengan lokasi, desain tempat, hingga harga. 

 

4. Istimewa

 

jualan mie ayam
sumber foto: ngadem.com

 

Rasa dan tampilan hidangan tak selamanya menjadi faktor kesuksesan bisnis kuliner. Selain dari konsep, Anda tentunya harus menonjolkan keistimewaan dari hidangan yang Anda jual.

 

Misalkan saja, membuka kedai dengan konsep kafe yang dilengkapi beberapa karyawan berpenampilan menarik. Atau bisa juga memanfaatkan taman atau ruang terbuka menjadi kedai alam. 

 

Jadi apakah informasi diatas cukup menginspirasi Anda untuk mulai jualan mie ayam? Asalkan menguasai 4 poin penting diatas, dijamin Anda bisa sukses berbisnis kuliner yang satu ini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *