Cara Ampuh Membuat Iklan di Media Sosial

Tak hanya untuk hiburan, kini lebih dari separuh orang di dunia menggunakan media sosial untuk berbagai hal. Salah satunya adalah membuat iklan di media sosial untuk bisnis dan promosi. Sebab banyaknya pengguna media sosial membuat beriklan di sini lebih efektif untuk meningkatkan penjualan dan branding. Beberapa dari banyaknya pengguna media sosial, platform media sosial yang populer digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat.

 

Namun, tiap platform media sosial memiliki sifat pengguna  yang berbeda-beda. Untuk itu, dalam membuat iklan di media sosial, target audiens harus jelas. Sehingga dalam membuat konten harus efektif, efisien, dan langsung pada intinya.

 

Cara Membuat Iklan Menarik di Media Sosial

Untuk menarik perhatian masyarakat, pastinya ada cara untuk membuat iklan banyak dilihat pengguna media sosial. Nah, berikut adalah sejumlah tips untuk membuat iklan di media sosial agar mampu meningkatkan brand dan penjualan.

 

1. Pahami Tujuan Iklan

 

Cara Ampuh Membuat Iklan di Media SosialSumber Foto: Unsplash.com

 

Langkah pertama adalah menentukan tujuan akhir dari iklan. Hal ini penting untuk mengukur seberapa efektif iklan yang kamu buat.

 

2. Cari Platform Beriklan yang Sesuai Target

 

Cara Ampuh Membuat Iklan di Media SosialSumber Foto: Unsplash.com

 

Seperti yang dijelaskan di atas, setiap platform media sosial memiliki sifat pengguna yang berbeda. Untuk itu, penting dalam mempelajari masing-masing karakter pengguna platform sesuai dengan target pasar.

 

3. Tentukan Jenis Konten

 

Cara Ampuh Membuat Iklan di Media SosialSumber Foto: Unsplash.com

 

Setelah memutuskan jenis konten apa yang diperlukan untuk iklan, selanjutnya cocokkan dengan platform media sosial yang akan digunakan. Misal, Instagram membutuhkan video pendek dan foto yang bagus untuk menarik perharian pengguna. Sedangkan Facebook memerlukan banner khusus yang eye-catching.

 

4. Buat Kalender Konten

 

Cara Ampuh Membuat Iklan di Media SosialSumber Foto: Unsplash.com

 

Selanjutnya adalah merencanakan jadwal kapan akan mengunggah konten ke media sosial. Penting diperhatikan waktu-waktu yang tepat untuk mengunggah agar mendapatkan perhatian netizen. Setiap media sosial punya jam-jam tertentu di mana traffic pengguna mereka sedang tinggi. Semakin rajin dan teratur kamu mengunggah konten, maka produkmu bisa semakin dikenal.

 

5. Buat Slogan dan Caption Menarik

 

Sumber Foto: Unsplash.com

 

Konten visual yang bagus haruslah didukung dengan slogan dan caption yang menarik dan mudah diingat. Sehingga gunakan bahasa yang lugas dengan pilihan kata yang tepat dalam beriklan.

 

6. Gunakan Tagar yang Tepat

 

Sumber Foto: Unsplash.com

 

Agar mudah dikenali, penggunaan tagar atau hashtag adalah penting. Sebab tagar akan memudahkan produkmu muncul dalam hasil pencarian netizen. Misal, kamu menambahkan tagar #minumandiiet selain nama produk dalam unggahan. Maka ketika netizen mencari keyword “minuman diet” dalam kolom pencariannya, produkmu otomatis akan muncul. Jika mereka tertarik, calon pembeli akan mengunjungi akun media sosialmu.

 

7. Gandeng Artis atau Influencers

 

Sumber Foto: Unsplash.com

 

Tak perlu ragu menggandeng influencers atau artis, sebab mereka sudah memiliki pengikut bejibun. Dengan bekerja sama dengan mereka, besar kemungkinan produkmu diketahui Fans dan pengikut influencers. Namun, tak semua influencer bisa diajak bekerja sama. Kamu harus memperhatikan, kualitas konten dan jumlah pengikut mereka, hingga segmentasi ekonomi influencer tersebut.

 

8. Tanggapi Komentar Netizen

 

Sumber Foto: Unsplash.com

 

Setelah mengunggah konten, tentu kamu harus mengelola akun media sosial perusahaanmu. Kamu dapat mengatur notifikasi di akunmu serta pastikan pengaturan notifikasi di ponselmu aktif.

 

Dari ulasan di atas, apakah anda sudah paham bagaimana membuat iklan di media sosial? Untuk itu, segera perluas jangkauan promosi produkmu lewat media sosial sebelum terlambat.

 

Baca Juga: Peluang Bidang Usaha yang Berpotensi Sukses di Era New Normal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *