Cara Memasarkan Produk Baru Agar Laris Manis di Pasaran

 

Berjualan adalah salah satu bisnis yang masih menjadi daya tarik bagi sebagian besar masyarakat. Hanya dengan memanfaatkan kreativitas dan inovasi, Anda sudah bisa mulai  berjualan bahkan walau hanya dari rumah. Namun masih banyak orang yang terkendala dengan cara tepat memasarkan produk baru, sehingga terkadang banyak yang mengalami kegagalan di awal usaha.

 

Kesulitan yang dialami saat memasarkan produk baru membuat banyak orang ragu untuk memulai bisnis ini. Agar produk baru lebih dikenal oleh konsumen, dibutuhkan cara tepat dalam memasarkannya. 

 

Lalu cara apa sajakah yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk baru? Simak ulasannya berikut ini. 

 

Cara Memasarkan Produk Baru Bagi Kesuksesan Bisnis Anda

 

Setiap pebisnis pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam memasarkan produknya. Namun sebenarnya ada beberapa cara dasar memasarkan produk baru yang perlu diketahui agar produk bisa disampaikan dengan baik kepada calon konsumen.

 

 1. Pahami Target Market
 

Aspek paling mendasar adalah dengan mengenal target market. Sebelumnya, Anda harus mengetahui kualitas dan fungsi dari produk yang Anda tawarkan. Apakah produk yang Anda jual merupakan produk baru, atau sudah banyak yang menjual? hal ini perlu menjadi pertimbangan untuk menentukan strategi pemasaran nantinya.

 

Produk baru akan lebih mudah dipasarkan karena memiliki jangkauan area yang lebih luas. Namun jika sudah banyak dijual oleh kompetitor, Anda harus melakukan riset kelemahan apa saja yang ada pada produk mereka. Kelemahan tersebut bisa dijadikan untuk meningkatkan kualitas dan keunggulan produk Anda. 

 

Selain itu, penting juga untuk mengenal calon target market Anda. Untuk siapa produk ini dijual? Hal ini penting untuk menentukan dimana dan kapan Anda perlu melakukan promosi.  

 

 2. Ciptakan Produk Berkualitas

 

Awal yang baik dalam berbisnis adalah dengan membuat produk berkualitas sesuai dengan target market. Produk yang berkualitas akan membantu proses pemasaran itu sendiri. 

 

Semua orang pasti lebih memilih produk yang berkualitas daripada yang asal-asalan. Untuk membuat produk yang berkualitas memang membutuhkan proses yang panjang, mulai dari pemilihan bahan baku terbaik, proses pembuatan yang terkontrol serta mereview produk agar benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

 

 3. Buat Kemasan Menarik

 

Kemasan yang menarik akan membantu  dalam cara memasarkan produk baru. Kemasan produk juga tidak hanya dibuat menarik secara tampilan. Buatlah desain kemasan yang fungsional sehingga produk akan lebih berkesan dan diingat pelanggan. 

 

 4. Pilih Lokasi Pemasaran yang Tepat

 

Hal pertama yang dipikirkan pertama kali pasti tentang dimana produk akan dipasarkan? Kembali lagi, “Siapa target market Anda?”. Artinya jika target market Anda adalah karyawan perkantoran, maka Anda harus memilih tempat yang biasa dikunjungi atau dekat dengan area perkantoran. Anda bisa memasang banner promosi di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh mereka. 

5. Buat Promo

 

Semua orang pasti menyukai semua hal yang berbau-bau promo, baik berupa potongan harga ataupun promo beli satu gratis satu. Cara yang satu ini sangat ampuh dalam menarik perhatian konsumen. 

 

 6. Manfaatkan Pelanggan

 

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tenaga pelanggan. Anda bisa menawarkan keuntungan bagi pelanggan yang mau membantu penjualan produk Anda. 

 

 7. Manfaatkan Media Sosial

 

Hampir semua orang sudah terhubung dengan teknologi internet dan mengenal media sosial. Oleh karena itu ini menjadi salah satu aspek penting dalam strategi memasarkan produk. 

 

Anda bisa melakukan pemasaran dengan memasang beberapa iklan di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter atau bergabung dengan menjadi mitra Kitadigi. Anda akan diberikan banyak keuntungan salah satunya adalah dengan dibuatkan sistem POS. 

 

 8. Menjadi Sponsor Acara

 

Cara memasarkan produk baru lainnya adalah dengan menjadi sponsor sebuah kegiatan. Cara ini dinilai efektif karena bisa dilakukan secara online maupun offline. 

 

 9. Promosi dari Mulut ke Mulut

 

Melakukan pemasaran dari mulut ke mulut hingga kini menjadi salah satu cara yang masih sangat efektif dan lebih mudah dipercaya orang lain karena dipromosikan oleh orang yang dikenal. 

 

Anda dapat menawarkan insentif bagi konsumen yang mau merekomendasikan produk Anda kepada kerabatnya. 

 

 10. Lakukan Kegiatan Amal

 

Produk yang ramah lingkungan akan memberikan nilai tambah dimata konsumen. Ini juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk tersebut. Buatlah konsumen yakin bahwa produk Anda tepat untuk mereka dan benar-benar ramah lingkungan.

 

Memanfaatkan psikologis konsumen memang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Caranya dengan membuat program amal atau Corporate Social Responsibility (CSR) tentang isu-isu sosial yang terjadi disekitar lingkungan. Kegiatan seperti ini akan membangun branding yang baik dan membuat produk Anda lebih dikenal masyarakat. 

 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk baru Anda. Selamat mencoba dan terus berinovasi serta berkreasi. Salam Sukses!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *