Cara Membuka Usaha Sendiri Dirumah Yang Bisa Anda Coba

Banyak orang yang mencari cara membuka usaha sendiri di rumah pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Hal ini tidak terkecuali melanda sebagian karyawan yang mengaku gaji bulanan kurang besar.

 

Artikel ini akan membahas cara membuka usaha dirumah baik bagi pekerja kantoran atau tidak. Beberapa jenis usaha di bawah dapat membuka peluang pendapatan tambahan hingga jangka panjang.

 

1. Merumuskan ide bisnis yang unik

 

cara usaha sendiri dirumah
Sumber Foto : solotrust.com

Cara membuka usaha sendiri dirumah sebaiknya berasal dari ide cemerlang sesuai dengan kemampuan unik Anda. Anda harus mengobservasi ragam bisnis yang sudah ada di pasaran agar menemukan ide jualan yang spesial. 

 

Jangan lupakan kemampuan bisnis Anda yang sudah ada. Kaitkan ide unik tersebut dengan kemampuan Anda sendiri. Sebagai contoh, salurkan hobi masak Anda dengan menjual panganan dan kudapan yang enak dan segar. Mulailah dari hobi sendiri agar kualitas masakan Anda tetap juara.

2. Melihat peluang pasar

 

Selalu ada calon pembeli walau aneka bisnis sudah menjamur di dunia maya dan pasar fisik. Tahapan ini sangat penting sebab Anda harus realistis. Memproduksi barang yang bagus tetapi minim peminat akan sia-sia. Bagaimana pun Anda harus mendulang keuntungan.

 

Cara kedua ini dapat dilakukan dengan bertanya ke orang-orang terdekat. Pertanyaan dapat seputar apa produk yang paling mereka inginkan saat ini. Ada di rentang harga berapa kah dan apa layanan ekstra yang mereka harapkan. Sebagai contoh, apa mereka menghendaki bebas ongkos kirim atau produk gratis setelah pembelian ke-2.

 

3. Menentukan modal usaha

 

cara usaha sendiri dirumah
Sumber Foto : laruno.com

Modal merupakan faktor penting selanjutnya sebagai bagian dari strategi cara membuka usaha sendiri dirumah. Anda dapat menggunakan modal besar, sedang, bahkan kecil untuk mulai menjalankan usaha Anda. 

 

Patut digarisbawahi di sini, Anda harus membuat perencanaan matang, termasuk belanja barang produksi hingga biaya pemasaran. Beberapa contoh usaha dengan modal kecil adalah kuliner dan menjadi affiliate marketer dalam bidang affiliate marketing.  

 

Untuk usaha kuliner, misalnya, Anda dapat membuat anggaran sesuai dengan rencana jumlah kue atau toples yang akan Anda jual. Sesuaikan dengan target jumlah pembeli agar Anda tidak terlalu merugi apabila jualan tidak sepenuhnya laku.

 

Baca juga : Cara Bisnis Online Baju yang Wajib Anda Tahu

 

4. Menekuni hobi

 

Hobi bisa menjadi pintu masuk cara membuka usaha sendiri dirumah dengan modal sangat sedikit. Misalnya saja, hobi Anda adalah menulis. Anda dapat menawarkan jasa sebagai penulis konten lepas hingga copywriter secara lepas. 

 

Contoh lainnya adalah dengan menjadi kreator konten yang dapat mendulang banyak followers di media sosial. Menjadi penerjemah bisa menjadi ladang usaha baru lainnya. Hanya bermodal otak dan kegigihan maka usaha berbasis hobi bisa mendatangkan penghasilan.

 

Modal tetap, seperti komputer, sudah pasti harus Anda punyai. Modal ekstra kemungkinan berasal dari kuota internet untuk mendukung mutu hasil pekerjaan Anda nantinya.

5. Memanfaatkan Lahan

 

Sumber Foto : uangteman.com

 

Anda mempunyai rumah dengan pekarangan atau teras yang luas? Jangan biarkan lahan kosong tersebut menganggur. Anda dapat membuka toko offline untuk waktu tertentu dan menjajakan barang dagangan Anda saat Anda libur atau senggang.

 

Contoh yang bisa Anda jual adalah makanan, minuman, barang kelontong, alat rumah tangga hingga tanaman. Bisa pula Anda membuka usaha laundry hingga menyewakan tempat parkir, apabila rumah Anda dekat dengan pasar, stasiun atau terminal.

6. Menjadi Tenaga Pemasar

 

Populer dengan istilah affiliate marketing, menjadi tenaga pemasar merupakan variasi lain dari menekuni hobi Anda. Caranya, Anda dapat menjadi blogger atau kreator konten. Apabila blog atau akun pribadi Anda sudah ramai, Anda bisa membuka peluang promosi dengan banyak perusahaan sesuai isi konten tersebut. Cara ini banyak dipakai untuk produk kecantikan, gawai hingga elektronik. 

 

Nah, itulah enam cara membuka bisnis sampingan untuk #mitrasukses KITADIGI. Selamat mencoba! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *