Masih Bingung Mau Bisnis Apa? Ini Modal Wajib yang Harus Anda Punya!

Membangun sebuah bisnis memang membutuhkan waktu, tidak bisa instan. Meyakinkan diri sendiri adalah cara utama saat memulai wirausaha. Kebanyakan orang kebingungan bagaimana cara memulai wirausaha, tak sedikit pula yang terbentur di permodalan, dan ide baru. Namun dalam menjalankan bisnis Anda wajib mempertahankan konsistensi sehingga mampu bertahan di segala kondisi.

 

Tantangan ini tidak jarang menyebabkan pebisnis gugur sebelum berperang. Tidak kuat dan stress melihat usaha yang dibangun lambat tumbuh, penjualan menurun, sementara dana dan tenaga sudah banyak terbuang.

 

Hal itu terjadi karena tidak adanya konsistensi dalam berbisnis. Namun, bukan berarti bahwa konsistensi tidak bisa dilatih atau dibangun. Buktinya, pengusaha yang sekarang sukses, umumnya bisa bertahan dan lolos dari masa – masa paling kelam.

 

Di dalam artikel ini kami akan membahas cara memulai wirausaha maupun mempertahankan bisnis agar tetap fokus meskipun kesulitan dan tantangan selalu datang.

 

1. Memiliki Mimpi Besar  

 

cara memulai wirausaha
sumber foto: https://99daysprojects.files.wordpress.com/

 

Mimpi merupakan motivasi yang timbul dari diri sendiri, memiliki mimpi besar untuk berbisnis merupakan sesuatu yang baik dan pantas untuk diperjuangkan.

 

Beberapa motivator terkenal bahkan menyarankan bahwa mimpi tersebut harus spesifik dan jelas, kemudian dituliskan dalam secarik kertas. Kertas tersebut harus terus dibaca, diresapi dan diingat setiap waktu. Sehingga cita-cita tersebut akan mudah tertanam kuat dalam alam bawah sadar kita Dengan demikian, Anda akan terus termotivasi untuk terus mencapai semua impian Anda. 

 

Baca juga: Intip Bagaimana Suksesnya Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Satu Ini

 

2. Bekerja Sesuai Passion

 

cara memulai wirausaha
sumber foto: https://www.aftermarketnews.com/

Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang menurun, tetapi Anda sukarela melakukannya karena passion. Anda melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan, namun karena memang menyukainya, sehingga termotivasi memberikan yang terbaik.

 

Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, semangat tersebut pasti mudah luntur. Selain itu, tidak ada motivasi dari dalam yang menjaga semangat.

 

3.  Belajar dari Orang Sukses

 

cara memulai wirausaha
Sumber foto: kejarumkm.com

 

Dari orang-orang sukses, kita akan paham bahwa jalan membangun usaha itu tidaklah mudah. Ada proses berliku, naik dan turun, terjal, yang mau tidak mau harus dilewati jika ingin berhasil.

 

Pengalaman dari orang-orang sukses ini bisa menjadi reminder yang kuat dan menjadi pemompa semangat meskipun dalam keadaan lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi berbagai hambatan.

 

4. Pentingnya Support Keluarga  

 

cara memulai wirausaha
sumber foto: ruangfreelance.com

 

Ketika bisnis sedang sulit, keluarga adalah orang pertama yang paling merasakan dampaknya. Reaksi keluarga juga turut menentukan terus atau tidaknya usaha tersebut.

 

Keluarga yang mendukung dapat memberikan semangat dan sinergi lebih bagi psikis Anda. Mereka akan lebih paham bahwa kesulitan sekarang akan mendatangkan kebahagiaan yang lebih besar nantinya.

 

Keluarga yang tidak mendukung pasti kerap mengeluh dan tidak mau kompromi. Ada banyak orang yang akhirnya mundur dari berbisnis karena tekanan dari keluarga, mulai yang ingin tetap mempertahankan gaya hidup, tidak mau prihatin, padahal kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan.

 

5. Siap Hadapi Persaingan

 

sumber foto: cermati.com

 

Anda perlu mengetahui cara menyikapi persaingan dengan bijak. Cara yg pertama adalah dengan menerima kenyataan bahwa persaingan itu bagian yang tidak terpisahkan dari suatu usaha atau bisnis.  

 

Yang kedua, jadikanlah persaingan sebagai masukan ke dalam strategi bisnis kita. Anda bisa menganalisa apa saja yang masih menjadi kekurangan dan perlu diperbaiki, dan yang terakhir, yakinkan diri Anda bahwa persaingan menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki potensi pasar yang bagus, sehingga banyak pesaing yang berani masuk.

 

Cara memulai wirausaha yang kami jabarkan diatas adalah poin dasar dalam membangun pola pikir Anda. Tentunya dengan pola pikir atau mindset yang benar, Anda akan lebih siap menghadapi berbagai hambatan yang bisa datang kapanpun. Tetap semangat dan jangan putus asa, semoga kesuksesan selalu bersama kita semua. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *