Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bagi UMKM Tahun Ini

Pandemi Covid-19 yang tidak terasa sudah satu tahun lamanya memberikan dampak buruk pada berbagai sektor salah satunya UMKM. Pelaku usaha perlu mengetahui cara meningkatkan omset penjualan agar bisnis mereka tetap lancar.

 

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyebut 90% kegiatan UMKM nasional lesu akibat pandemi ini. Kami lansir dari Investor Daily, laba kotor mereka turut merosot hingga 72,6%. Dampak negatif lainnya adalah modal menjadi lamban menggapai pelaku UMKM. 

 

Di tengah masalah mengkhawatirkan tersebut, masih ada solusi bagi pelakon UMKM yang berfungsi sebagai cara meningkatkan omset penjualan. Dalam artikel ini kami akan membagi ulang tips dari Eric Handoyo, CEO Bitlabs Academy. Secara garis besar, ia mengatakan kondisi saat ini justru memunculkan peluang bagi wirausahawan untuk berinovasi. Dengan bermodalkan penguasaan teknologi, melalui marketplace dan media sosial, Eric mengatakan pelaku UMKM dapat merumuskan strategi untuk beradaptasi dengan situasi terkini. 

Lebih lanjut, mari simak cara meningkatkan omset penjualan, khususnya bagi Anda yang menekuni bisnis online pada 2021:

 

cara meningkatkan omset penjualan
Sumber Foto : digitalguardian.com

1. Menganalisa tren produk

 

Riset terlebih dahulu produk atau layanan yang memang banyak diincar oleh masyarakat saat ini. Mengetahui pangsa pasar yang besar akan membuka kesempatan tinggi bagi produk Anda laku di pasaran. Jangan sampai produk Anda memiliki peminat yang kecil. Setelahnya, buatlah strategi pemasaran, harga jual hingga teknik promosi yang sesuai pasarnya. 

2. Mengoptimalkan saluran marketplace

 

Bagi pelakon UMKM berbasis daring, menawarkan produk melalui marketplace merupakan suatu keharusan. Usaha Anda tentunya tidak berhenti dengan menaruh produk di akun di marketplace yang Anda pilih. Ada trik agar pengunjung marketplace tertarik mengunjungi hingga membeli produk.

 

Sebagai contoh, pilih judul penjualan produk yang memang laris di pasaran. Bila perlu, buatlah dan tempatkan iklan dengan desain kuat dan menarik. Jangan lupa taruhh gambar produk terbaik sehingga calon konsumen tergiur.

 

Baca juga : Keuntungan Bagi UMKM Jika Menggunakan Aplikasi Kasir Online

3. Menerapkan pemasaran yang kreatif di Instagram

 

Instagram merupakan platform yang bisa menjadi surga bagi Anda marketer yang kreatif. Di sini, Anda bisa bermain dengan desain, kata-kata, foto hingga video, untuk memasarkan produk. Anda bahkan bisa membuat Instagram sebagai katalog produk online. Hal ini akan sangat memudahkan pengunjung akun Anda “mengintip” visual produk beserta harganya. 

 

Berikut tahapan pada poin ini. Pertama, carilah nama akun Instagram yang unik dan pas dengan selera target konsumen. Pelajari kata kunci yang memang paling sering dibutuhkan atau diinginkan audiens. Berdasarkan dua faktor ini, Anda sudah bisa membuat nama toko daring plus produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar target. Walhasil, akun Anda bisa mendulang jumlah impression, engagement dan follower akun yang meningkat. Dampaknya bisa mendongkrak omset penjualan nantinya. 

 

Kedua, Anda perlu mempelajari jenis konten yang berfungsi sebagai sarana komunikasi brand ke target audiens. Teliti terlebih dahulu seperti apa isi konten yang menarik sehingga bisa tepat sasaran. Targetnya adalah jumlah follower akan meningkat, bahkan tidak tertutup kemungkinan meraup banyak follower setia.

 

Ketiga, jangan anggap enteng tanda pagar atau hashtag (#). Tagar menjadi kata kunci yang akan dipakai audiens untuk konten yang diincar. Dengan tagar yang tepat, konten Anda berpotensi dilihat banyak orang.

4. Merumuskan strategi untuk website bisnis

 

Membuka website bisnis akan sangat menunjang cara meningkatkan omset penjualan. Hal ini disebabkan website bisnis akan lebih lengkap memuat informasi tentang produk Anda. Setelah membuat website yang lengkap dan lancar, Anda perlu membuat strategi promosi website tersebut.

 

Hal tersebut sebaiknya sudah ada di benak Anda sebelum membuat website. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan adalah nama website yang unik. Lalu buatlah artikel dengan kata kunci yang memang paling sering dicari netizen di Google. 

 

Sesudahnya, jaga kepercayaan pengunjung yang telah mau menaruh data pribadi, seperti alamat email dan nomor telepon. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan promosi secara bijak.

 

5. Memanfaatkan POS dengan Baik

 

Jika Anda bisa memanfaatkan sistem kasir dengan baik dan efisien, hal ini bisa meningkatkan produktivitas. Karena ada beberapa komponen pada mesin kasir konvensional yang belum bisa menunjang efisiensi bisnis secara maksimal, seperti terlalu banyak jenis peralatan yang memakan tempat. Mesin kasir konvensional juga harus selalu dipantau dan tidak ada laporan transaksi secara otomatis.

 

Oleh karena itu, aplikasi kasir Point Of Sales (POS) akan sangat membantu dalam aktivitas operasional usaha UMKM. Alasan utamanya adalah karena sistem POS bisa digunakan dengan mudah baik itu dengan smartphone atau tablet.

 

Selain itu, kelebihan lain yang terdapat pada sistem POS adalah flexibilitas bagi para pemilik usaha. Dengan adanya POS, pemilik usaha jadi tidak perlu lagi susah-susah mengunjungi dan mengontrol toko karena sebagian besar kontrol operasional dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *