Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Franchise Untuk UKM

Membangun sebuah bisnis menjadi lebih besar dan dikenal publik menjadi impian setiap pelaku usaha, termasuk pebisnis franchise atau waralaba. Bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis yang menjadi pertimbangan pebisnis, karena bisa memberikan peluang besar dalam mengembangkan dan memperluas jaringan usaha. Yuk, simak cara berikut agar sukses mengembangkan bisnis franchise!

 

1. Riset Pasar

 

Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Franchise Untuk UKM
Sumber Foto: palontaraq.id

Lakukan riset pasar untuk meningkatkan keuntungan usaha franchise Anda. Melakukan riset membantu Anda membidik target user produk anda, menentukan strategi pemasaran yang tepat, dan menjadi pembanding antara produk Anda dengan kompetitor. Dengan melakukan riset Anda juga bisa mengetahui produk apa yang sedang menjadi incaran puiblik.

 

2. Susun Konsep & Sistem Sempurna

 

Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Franchise Untuk UKM
Sumber Foto: porinto.com

Membuat konsep yang bagus dan jelas penting dilakukan dalam upaya mengembangkan sistem bisnis waralaba. Hal itu dilakukan guna memberi gambaran yang jelas untuk memahami target dan tujuan bisnis yang Anda harapkan. Siapkan sistem bisnis yang optimal untuk menghindari bisnis franchise Anda dari ancaman gulung tikar. Terapkan strategi pemasaran bisnis yang baik dan tepat. Lakukan evaluasi berkala dan perbaikan bila dirasa ada strategi yang kurang sesuai. Kesalahan sedikit dalam sistem bisnis bisa mendorong Anda ke  kebangkrutan dan kerugian. Siapkan dengan matang kebutuhan dan dokumen penting agar tidak terjerat kasus hukum nantinya.

 

 3. Kompetitif & Terus Berinovasi

 

Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Franchise Untuk UKM
Sumber Foto: job-like.com

Buatlah usaha atau bisnis yang unik agar bisnis Anda bisa bertahan di persaingan bisnis. Ubah mindset Anda untuk menjadi yang pertama dan paling unik dengan membuat ciri khas sendiri. Teruslah berinovasi meskipun bisnis yang akan Anda jalankan sudah banyak dijalankan orang lain. Menangkan hati konsumen, pastikan apa yang Anda tawarkan menarik daya beli konsumen.

 

4. Tergetkan Keuntungan

 

Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Franchise Untuk UKM
Sumber Foto: harmony.co.id

Tetapkan target pendapatan dalam jangka waktu tertentu. Bisnis dikatan berhasil ketika terus mencetak uang sesuai target yang ditentukan, atau bahkan lebih. Selalu naikan target setiap bulannya, usahakan bisnis tidak mengalami kerugian dan layak untuk berkembang.

 

5. Siapkan Kantor Offline

 

Sumber Foto: executivecentre.com

Memiliki kantor offline merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh pebisnis franchise. Kantor offline menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas Anda menjalankan bisnis waralaba ini. Working space bertujuan untuk mempermudah koordinasi tim Anda, kunci sukses suatu bisnis pun dilihat dari kordinasi dan kekompakan tim yang dimiliki.

 

6. Lakukan Promosi

 

Sumber Foto: xendit.co

Apapun bisnisnya tentu penting melakukan promosi. Anda bisa melakukan pormosi secara offline atau online dengan memanfaatkan teknologi informasi masa kini. Semakin banyak Anda menjangkau publik lebih luas, semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

 

Baca Juga : Tips Cermat Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *