Empat Cara Sukses Menjadi Reseller Online Shop

Era digital membuka peluang pemilik toko online untuk mengembangkan bisnisnya seperti menjadi reseller online shop. Potensi cara pemasaran ini semakin cerah di tengah pandemi COVID-19 yang membatasi warga keluar rumah sehingga membanjiri toko online untuk berbelanja.

 

Sistem reselling sendiri adalah salah satu metode bisnis dimana Anda akan menjualkan produk produsen atau pemasok toko daring. Sesuai pengertian harfiahnya, reseller berarti orang yang menjualkan kembali suatu produk atau jasa. Anda tidak perlu membuat suatu barang, bahkan tidak perlu mengurus pasokan dan penyimpanan benda tersebut. Anda tidak perlu pula repot mengirimkan barang kepada pembeli.

 

Bekerja sebagai reseller mendatangkan banyak kelebihan. Contohnya, Anda dapat meraup laba besar tanpa perlu menangani perihal proses produksi dan penyimpanannya. Menjadi reseller cemerlang membutuhkan strategi tersendiri. Persaingan yang ketat membuat cara menjadi reseller online shop penting untuk diketahui. 

Berikut empat cara menjadi reseller online shop yang patut Anda terapkan: 

 

1. Menyeleksi Produk yang Sesuai

 

menjadi reseller online shop
Sumber Foto : elitemarketer.id

Cara menjadi reseller online shop yang pertama adalah dengan memilih produk yang pas. Pilihlah produk yang Anda ketahui secara detail. Pastikan Anda pernah memakai produk tersebut sebelumnya. Dengan pengalaman sendiri yang positif, Anda akan mudah dalam memasarkannya. Anda mengetahui rincian produk tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Anda dapat memilih produk yang sedang populer saat ini. Yang terpenting adalah Anda harus mempelajari barang tersebut agar lancar dalam mempromosikannya nanti. 

2. Mencari Pemasok atau Toko Daring

 

menjadi reseller online shop
Sumber Foto : kompasiana.com

Langkah kedua adalah memilih pemasok barang atau toko daring pemilik produk yang akan Anda jual. Di sini kejelian Anda akan teruji. Anda tidak jarang harus mendatangi secara virtual beberapa calon pemasok untuk memastikan barang mereka benar-benar berkualitas. Cek secara cermat agar pembeli nantinya menerima barang yang bermutu unggul. 

 

Cara mengeceknya adalah dengan memeriksa terlebih dahulu reputasi masing-masing toko daring tersebut. Bacalah kesaksian transaksi dari pembeli sebelumnya melalui mesin pencari di Internet, media sosial hingga situs e-commerce.

 

Bila perlu, bandingkan beberapa toko daring guna mendapatkan produk dengan mutu terjamin namun harga masih ramah di kantong pembeli. 

 

Tips lainnya adalah mengutamakan toko daring dengan jumlah pengikut atau pembeli yang sudah banyak. Hindari dulu toko daring baru yang belum mengunggah foto produk atau bukti foto resi pengiriman pesanan pelanggan. Dikhawatirkan toko daring baru ini kurang bisa dipercaya.

 

Baca juga : Cara Bisnis Online Baju yang Wajib Anda Tahu 

3. Menjual Produk Secara Efektif

 

menjadi reseller online shop
Sumber Foto : riaume.com

Bagian ketiga adalah bagaimana Anda bisa menjajakan produk secara efektif. Anda dapat mempertimbangkan beberapa faktor agar bisa menjual produk secara tepat seperti di bawah ini:

  1. Menetapkan harga jual sendiri,
  2. Mengecek pesaing segmen yang sama,
  3. Memutuskan lokasi penjualan barang tersebut,
  4. Mempromosikan produk.

 

Agar memperoleh laba, Anda harus menetapkan harga jual di atas harga dari pemasok atau pemilik toko daring. Sebelumnya, tanyakan dulu ke pemilik toko daring harga bagi reseller yang biasanya akan memberikan harga yang sudah dipotong.  

 

Terkait kompetitor, pelajarilah strategi pemasaran mereka, seperti program promo hingga harga jual, ke konsumen mereka. 

 

Lokasi penjualan produk berperan penting bagi kelancaran promosi Anda. Anda dapat membuka toko fisik apabila mempunyai modal tambahan. Atau, Anda bisa membuat laman toko daring khusus untuk produk tersebut agar calon pembeli memperoleh etalase serta pusat informasi lengkap mengenai produk tersebut. Untuk cara daring, Anda dapat membuka lapak di media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Untuk tempat dagang daring, Anda bisa membuka akun di Tokopedia dan Shopee, hingga membuat website toko online milik Anda sendiri.

 

Google Ads dapat membantu untuk mencari target pelanggan melalui kata kunci tertentu. Anda dapat memasang iklan pada Instagram agar mempercepat proses pencarian target demografis yang pas dengan target pelanggan Anda.  

 

Metode pada paragraf sebelumnya lebih tepat bagi Anda yang memilih website toko daring sendiri. Agar lebih menambah pemaparan toko daring, masukkan artikel terkait produk Anda. Pembaca dapat memperoleh informasi tambahan selain berbelanja di toko daring Anda. 

 

4. Mengevaluasi Strategi Pemasaran

 

Sumber Foto : idcloudhost.com

Cara menjadi reseller toko online terakhir adalah mengevaluasi metode penjualan yang telah dipilih di atas. Tinjau segala proses, terutama apabila penjualan tidak sesuai target. Lakukan proses ini secara reguler agar Anda mengetahui elemen yang kurang maksimal lalu memperbaikinya.

 

Sebagai contoh, Anda dapat memeriksa kinerja para pemasok, mengecek mutu produk hingga ketepatan waktu pengiriman produk pesanan. Cek pula harga yang Anda tetapkan hingga mencari ide promosi yang segar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *