Ide Buka Usaha Pemula yang Dijamin Mudah dan Sukses

Terjun ke dunia bisnis merupakan pilihan yang tepat jika Anda sudah memiliki persiapan yang matang. Menentukan konsep dan ide usaha menjadi mutlak untuk memulai bisnis dan sebagai kompas menghadapi berbagai rintangan nantinya. Ada banyak ide buka usaha pemula yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Berikut adalah 10 ide buka usaha pemula yang cocok bagi Anda: 

1. Bisnis franchise

 

ide buka usaha pemula
Sumber Foto : bisnisukm.com

 

Franchise atau waralaba adalah model bisnis dimana Anda membeli sebuah merek franchise dari pemegang merek tersebut lalu menjalankan usaha sesuai dengan perjanjian. 

 

Membeli franchise menguntungkan pebisnis pemula sebab tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran. Publik pun sudah mengenal merek waralaba tersebut. Pilihlah merek franchise  yang sudah terpercaya dengan konsep yang jelas. Telitilah calon merek franchise tentang pengelolaan manajemen, baik dari segi layanan dan inovasi produk. Pahami pula lingkungan tempat Anda akan membuka bisnis lalu sinkronkan dengan calon merek franchise yang akan Anda pilih. Dan yang terakhir, sesuaikan biaya pembelian merek franchise tersebut dengan modal bisnis Anda.  

2. Menjual pulsa

 

Bisnis yang satu ini memang tidak pernah redup sejak dulu. Menjual pulsa elektrik, misalnya, adalah cara berdagang anak sekolah untuk menambah uang jajan. Bisnis menjual pulsa zaman dulu berbeda dengan kondisi sekarang. Sementara dulu, menjual pulsa terbatas ke teman dekat dan lingkungan sekolah, usaha jenis ini kini bisa lebih luas. 

 

Caranya adalah dengan membuka beberapa gerai jualan pulsa di tempat yang strategis, seperti di sekitar pasar, perkantoran, dan kampus. Kedua lokasi ini biasanya ramai didatangi oleh calon pembeli yang merupakan mahasiswa atau karyawan kantor.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih menjajakan pulsa elektrik adalah piawai melakukan jejaring. Dalam hal ini, pilihlah agen pulsa terpercaya. Anda perlu cakap dalam mengelola keuangan serta jangan lupa untuk mempromosikan usaha Anda.

 

3. Menjual makanan ringan

 

Sumber Foto : rumahmesin.com

 

Ide buka usaha pemula berikutnya adalah menjual makanan ringan. Banyak orang menyukai makanan ringan sehingga membuka peluang meraup laba besar. Makanan ringan atau cemilan cocok disantap saat santai hingga saat sedang bekerja. Anda dapat menggeluti usaha ini mulai dari skala kecil hingga menengah. Bisnis ini dapat Anda jalankan di tengah kesibukan sehari-hari.

 

Jangan lupakan inovasi. Sertakan tampilan menarik, tentukan harga yang kompetitif dan pastinya, buatlah cemilan yang lezat dan enak.

4. Menjadi dropshipper

 

Menjadi seorang dropshipper berarti Anda menjadi penghubung antara produsen dan pembeli. Sistem ini berarti menjualkan barang milik orang lain atau produsen ke pembeli tanpa Anda perlu mengetahui kondisi barang. Anda bekerja menghubungkan produsen yang nanti akan mengirim barang ke pembeli atas nama Anda. 

 

Ide buka usaha pemula ini membuka celah bagi Anda bermitra dengan pemasok yang membuka sistem dropshipping. Bisa pula Anda memanfaatkan pasar e-commerce besar, seperti Tokopedia dan Bukalapak, dalam mencari pemasok.   

 

Kami merekomendasikan ide ini sebab membutuhkan modal yang sangat sedikit. Anda tidak perlu menyimpan produk atau membuka toko. Berbekal smartphone dan akun media sosial, Anda sudah bisa mulai berdagang. Yang perlu Anda perhatikan adalah pengetahuan produk Anda. Dengan ilmu produk yang baik, Anda akan dapat menjawab pertanyaan dari calon pembeli.   

5. Membuka layanan fotocopy

 

ide buka usaha pemula
Sumber Foto : thegorbalsla.com

 

Anda dapat cepat mempelajari teknik mesin fotocopy. Dengan ketekunan belajar, Anda bisa cepat menjalankan bisnis ini. Usaha ini paling pas Anda buka di sekitar kampus dan sekolah dimana mahasiswa, guru hingga murid, akan membutuhkan jasa ini.  Atau bisa pula dibuka di lingkungan kantor swasta dan pemerintahan. 

 

Agar bisnis Anda cepat meraih tempat di hati calon konsumen, tawarkan promo saat awal pembukaan. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan jasa fotocopy gratis saat pembukaan pertama.

 

Baca juga : Cara Membuat Rincian Modal Usaha Pakaian Tahap Awal

6. Membuka usaha loket pembayaran Payment Point Online Bank (PPOB)

 

Bisnis ini membuat Anda bisa menerima pembayaran berbasis online, seperti pulsa listrik, baik prabayar dan paska bayar. Tagihan lainnya adalah pulsa telepon, pajak hingga kredit kendaraan bermotor. 

 

Cara memulai bisnis ini adalah dengan bekerjasama dengan bank penyedia sistem pembayaran PPOB, yakni BRI dan Bank Mandiri. Mereka kemudian akan memberikan panduan lengkap. Anda cukup mempelajari lalu menerapkan informasi dalam panduan tersebut. 

 

Metode pembayaran PPOB mempermudah masyarakat membayar tagihan. Sehingga, Anda dapat membuka loket ini di sekitar perumahan, lingkungan kampus atau pasar.

 

7. Menjual pernak-pernik smartphone

 

Sumber Foto : hasyimalansyariy.blogspot.com

 

Peluang bisnis ini tinggi sejalan dengan industri smartphone nasional yang terus berkembang. Hampir setiap orang mempunyai smartphone yang berarti peluang usaha ini sangat potensial. Sama seperti usaha layanan fotocopy, menjual pernak-pernik smartphone tidak membutuhkan keahlian khusus.  

8. Berdagang baju wanita dan anak secara daring 

 

Wanita adalah magnet industri moda sebab kaum hawa paling suka berbelanja. Pangsa pasar terbesar kedua adalah anak-anak sebab mengikuti selera belanja ibunya. Untuk memulai usaha ini, Anda dapat mencari pemasok baju di pusat tekstil besar, seperti pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat dan pasar tekstil Tegal Gubug di Cirebon, Jawa Barat. Pasar e-commerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak, bisa menjadi pilihan mencari pemasok baju. 

 

Langkah berikutnya adalah membuka toko fisik sendiri lalu mengubah rumah menjadi gudang penyimpanan baju. Setelahnya, Anda bisa menjual melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Margin keuntungan yang bisa Anda ambil adalah 30%. Misal harga baju awal adalah Rp20 ribu maka Anda bisa menjualnya dengan Rp26 ribu.

9. Membuka bisnis kuliner yang sedang tren

 

Sumber Foto : lifepal.co.id

 

Mengikuti tren kuliner di kalangan milenial dapat menjadi celah bagi pebisnis pemula. Yang perlu Anda ketahui adalah bisnis seperti ini hanya bertahan sesaat. Tetapi hal ini bisa Anda antisipasi dengan inovasi produk kuliner agar tetap menarik minat generasi masa kini. 

 

Contohnya adalah dengan menggabungkan dua strategi untuk mempromosikan makanan yang sedang populer. Ke-2 strategi tersebut adalah menirup konsep branding tempat makan ternama saat ini lalu memadukannya dengan produk kuliner yang sedang laris manis. 

10. Membuka toko perlengkapan bayi 

 

Ide usaha pemula terakhir adalah dengan membuka toko perlengkapan bayi. Produk seperti ini terhitung menggiurkan bagi wanita yang menganggap perlengkapan bayi seperti kebutuhan pokok. 

 

Cara menekuni usaha ini adalah dengan terlebih dahulu mencari pemasok produk, mencari lokasi strategis jika Anda ingin membuka toko fisik. Anda bisa memulai toko daring dengan mencari produk bermutu lalu menyimpannya di rumah. 

 

Semoga bermanfaat, #mitrasukses KITADIGI!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *