Ingin Bisnis Event Organizer? Cek Tips Ampuh ini

Seiring perkembangan zaman, banyak usaha yang bisa dijadikan peluang mencari pendapatan untuk terus menjalani hidup, salah satunya adalah bisnis event organizer. EO (event organizer) sendiri merupakan layanan jasa yang mengelola suatu kegiatan atau acara, seperti acara musik, gathering perusahaan, ulang tahun, hingga pernikahan.

 

Menggunakan jasa event organizer dinilai praktis, orang-orang lebih memilih menyerahkan acara kepada ahlinya agar mereka bisa tetap fokus mengerjakan hal lainnya selain persiapan acara tersebut. Dengan begitu, bisnis event organizer ini laris manis dan menjadi bisnis yang semakin menjanjikan.

 

Meskipun bisnis ini banyak diincar publik, mendirikan bisnis event organizer tidaklah mudah. Dibutuhkan jam terbang, beberapa keahlian, dan strategi matang untuk sukses menjalankan bisnis ini. Tertarik bergelut dalam bisnis berkreativitas tinggi? Simak tips berikut untuk memulai bisins EO!

 

1. Pengalaman Cukup di Bidang EO

 

Ingin Bisnis Event Organizer? Cek Tips Ampuh ini
Sumber Foto: lifepal.co.id

Tentunya memulai bisnis EO membutuhkan pengalaman kerja pada bidang yang sama. Umumnya, bisnis di bidang jasa membutuhkan keahlian khusus dan juga pengalaman yang baik. Sebagai EO, mengelola acara termasuk dengan mengatur venue, catering, rundown acara, dan hal lain yang dibutuhkan dalam acara yang akan diselenggarakan itu. Minimnya pengalaman memungkinkan Anda mengalami kesulitan dalam bisnis ini.

Anda bisa menambah ilmu dan pengalaman Anda di bidang ini dengan bergabung terlebih dahulu dengan EO milik orang lain, atau mengikuti sejumlah acara kepanitian sederhana. Sehingga Anda bisa lebih memahami bagaimana cara kerja agar kelak bisa memulai bisnis Anda sendiri secara ahli.

 

2. Bentuk Tim Bersolidaritas Tinggi

 

Ingin Bisnis Event Organizer? Cek Tips Ampuh ini
Sumber Foto: sigconsult.com

Setelah Anda merasa cukup berpengalaman di bidang ini, langkah selanjutnya adalah membentuk tim untuk memulai bisnis event organizer Anda. Jangan asal memilih rekan kerja, kesuksesan bisnis ini dilihat dari kemampuan yang dikerahkan.  Bentuk tim yang Anda percaya bisa membantu Anda menjalankan tugas EO dengan baik, cakap, kompak, dan ahli di bidangnya.

 

3. Lakukan Promosi

 

Ingin Bisnis Event Organizer? Cek Tips Ampuh ini
Sumber Foto: progresstech.co.id

Anda bisa memulai mempromosikan bisnis Anda mulai dari yang terdekat seperti teman atau keluarga besar Anda. Setelah itu Anda bisa mendaftarkan diri ke event planner expo  (pameran acara) agar publik bisa mengenal Anda. Gunakan teknologi informasi dengan melakukan promosi menggunakan media sosial atau website untuk mendatangkan klien dan juga relasi lebih banyak lagi. 

 

4. Pastikan Modal Bisnis Cukup

 

Ingin Bisnis Event Organizer? Cek Tips Ampuh ini
Sumber Foto: investasiuntung.com

Anda perlu memikirkan modal yang diperlukan untuk mendanai suatu event. Pengusaha EO harus memiliki modal awal yang cukup, mengingat pembiayaan acara akan ditanggung terlebih dahulu oleh penyedia layanan EO. Biasanya pembayaran untuk mengadakan suatu acara dibayar secara bertahap, klien membayar separuhnya di awal, atau seluruhnya di akhir.

 

5. Tambahkan Kreativitas

 

Sumber Foto: thelandofthefree.ne

Membangun EO dibutuhkan skill khusus seperti kreativitas. Demi kelangsungan bisnis EO, konsep dan penanganan yang tepat diutamakan. Buat klien tertarik dan tidak bosan dengan desain acara yang fresh dan up to date. Pastikan klien Anda tidak berpindah menggunakan jasa dari EO lain.

 

6. Latih Kesabaran dan Lakukan Evaluasi

 

Sumber Foto: jojonomic.com

Dalam menjalankan bisnis tentunya akan dihadapkan dengan sejumlah kendala dan masalah. Mustahil rasanya menjalankan sebuah bisnis tanpa adanya kesalahan sekecil apapun. Lakukan evaluasi secara berkala agar mengetahui akar masalah yang ada pada acara yang Anda kelola. Bisnis EO menuntut Anda untuk memenuhi kemauan klien, hal ini pastinya membutuhkan kesabaran ekstra. Terus belajar agar bisa memenangkan hati pelanggan dengan layanan yang minim kesalahan.

 

Baca Juga : Tips Ampuh Usaha Cuci Sepatu Bagi Pemula 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *