Ingin Bisnis Hijab? Cek Strategi Pemasaran Ampuhnya Disini!

Mengenakan hijab merupakan sebuah kewajiban bagi muslimah untuk menutupi aurat. Namun seiring berjalannya waktu, selain menjadi kewajiban, hijab juga sudah menjadi tren fashion. Pengguna hijab kini mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tak heran jika  bisnis hijab menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Lalu bagaimanakah strategi pemasaran bisnis hijab yang tepat?

 

Banyaknya pengguna hijab yang tak terhitung menjadikan permintaan hijab di pasaran juga semakin meroket. Bahkan untuk satu orang perempuan saja tidak cukup memiliki hanya dua atau tiga buah hijab saja, pasti lebih dari itu. Mereka memiliki banyak sekali hijab yang berbeda mulai dari warna, model, dan sebagainya.

 

Tingginya kebutuhan hijab ini merupakan sebuah kesempatan bisnis bagi Anda yang sedang bingung ingin membuka usaha apa. Wajar saja jika kini banyak pelaku bisnis yang menjadikan hijab sebagai bisnis utamanya.

 

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Anda perlu memperhatikan strategi pemasaran bisnis agar bisnis hijab Anda dapat bersaing, berkembang dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat, berikut cara-caranya: 

 

Survey Market

 

strategi pemasaran bisnis
sumber foto; blogseribu.com

 

Baca juga: Mau Sukses Berbisnis Hijab? Ini Rahasianya!

 

Sebelum memulai bisnis hijab Anda, sebaiknya lakukan survey pasar terlebih dahulu. Survey ini diperlukan agar Anda mendapatkan informasi tentang seperti apa selera pasar dan bagaimana perkembangan model hijab saat ini. Anda bisa memulainya dengan melakukan riset melalui internet, mengunjungi pasar fashion hingga mengamati tren hijab di kalangan masyarakat. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan bagaimana produk hijab yang akan Anda jual.  

 

Tentukan Nama Brand 

 

strategi pemasaran bisnis
sumber foto: konveksikerudung.com

 

Salah satu aspek paling penting yang mempengaruhi strategi pemasaran bisnis adalah memiliki nama brand yang kuat. Buatlah nama brand yang sederhana namun unik hingga mudah diingat oleh pembeli. Jangan lupa untuk melabeli semua produk Anda dengan logo brand produk Anda, sehingga semakin banyak orang yang menggunakan produk Anda semakin mudah calon konsumen mengingat produk Anda. 

 

Baca juga: Trik Membuat Label Sendiri Untuk Fashion Dengan Teknik Sublimasi

 

Tentukan Tempat yang Strategis

 

sumber foto: sinjaikab.go.id

 

Jika Anda memilih membuka toko offline, pastikan Anda menemukan tempat yang strategis. Tempat yang dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, kawasan perkantoran, dan wilayah yang dekat dengan universitas. Jangan mudah tergiur dengan harga sewa yang murah namun area sepi pembeli, karena potensi pendapatan yang diperoleh tentu juga akan sangat minim.

 

Tentukan Harga dan Utamakan Kualitas

 

strategi pemasaran bisnis
Sumber foto: cermati.com

 

Strategi pemasaran bisnis selanjutnya adalah dengan membuat produk yang berkualitas. Jika produk hijab Anda memiliki kualitas yang baik, maka pembeli akan merasa puas. Apalagi jika dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi jika kualitas produk Anda baik. Jangan menetapkan harga yang tinggi padahal produk Anda memiliki kualitas yang rendah. Jadi pastikan jika harga jual sesuai dengan kualitas produk yang Anda tawarkan. 

 

Strategi Pemasaran Bisnis Lewat Digital Marketing

 

sumber foto: https://levelondigital.com/

 

Baca juga:  Vanilla Hijab Cetak Omset Milyaran Hanya dengan Jualan Online, Kok Bisa?

 

Seperti Anda ketahui perkembangan teknologi saat ini semakin membawa peradaban lebih modern. Salah satunya adalah dengan keberadaan internet, semua kemudahan disajikan untuk lebih mendekatkan para penggunanya. Sehingga digital marketing menjadi strategi pemasaran bisnis paling efektif di era saat ini. Anda bisa menggunakan beberapa platform media sosial dengan bantuan beberapa tools seperti: 

 

a. Facebook ads

 

Facebook menawarkan satu fitur pemasaran yang dibuat khusus untuk memudahkan Anda menjalankan promosi. Anda bisa membuat sebuah iklan yang bisa Anda atur sendiri jumlah jangkauannya. Saat ini facebook ads menjadi salah satu media promosi digital yang paling efektif.

 

b. Instagram

 

Pengguna media sosial Instagram saat ini semakin meningkat. Sehingga menjadi peluang besar bagi Anda yang akan memulai bisnis hijab. Coba lihat berapa banyak pengguna instagram yang menyulap akun mereka menjadi lapak jualan? Sangat banyak bukan? Tanpa disadari promo-promo berupa iklan semakin sering kita lihat. 

 

Jalin Kerjasama

 

sumber foto: linkaceh.com

 

Baca juga: Sebelum Endorse Artis Cek Dulu Fakta-Fakta Ini!

 

Kerjasama tidak melulu tentang mencari investor untuk menanamkan modal pada bisnis hijab Anda. Anda bisa memulai dengan hal yang paling mudah seperti melakukan endorse dengan artis atau influencer. Cara ini memang tengah booming saat ini. Carilah beberapa influencer yang tidak mematok tarif endorse dengan harga yang cukup murah. 

 

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *