Ingin Cuan di E-commerce? Hindari 5 Kesalahan Bisnis Ini

Dengan Perkembangan teknologi yang pesat saat ini, bisnis E-commerce sudah menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan bagi banyak orang. Tidak ada batasan siapa saja yang boleh menjadi pengusaha E-Commerce, mahasiswa atau pelajar sekalipun bisa menjalankan bisnis ini.

Adanya bisnis E-commerce, Anda  tidak perlu repot mendirikan toko atau mengurus perizinan untuk memulai bisnis. Tapi perlu diingat, menjalankan sebuah bisnis tidak akan lepas dari yang namanya kegagalan. Jangan sampai salah kaprah! Hindari 5 kesalahan bisnis berikut untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

1. Menolak masukan dari orang lain

 

Ingin Cuan di E-commerce? Hindari 5 Kesalahan Bisnis Ini
Sumber Foto: pijarpsikologi.org

Banyak sekali pebisnis online yang segan menerima masukan dari orang lain karena merasa dirinya mengetahui segalanya. Jika ingin bisnis Anda berkembang dan terhindar dari kebangkrutan, pemikiran yang open minded dibutuhkan dalam bisnis online ini. Tidak ada salahnya menerima masukan dari orang lain, terutama dari sesama pemilik bisnis online. Terkadang kacamata orang lain lebih bisa melihat hal detil yang terlewatkan.

2. Memberi harga yang merugikan bisnis

 

Ingin Cuan di E-commerce? Hindari 5 Kesalahan Bisnis IniSumber Foto: jurnal.id

 

Kesalahan kedua yang paling banyak dilakukan oleh pebisnis online ialah tidak mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan bisnis yang dimiliki. Kelebihan seperti merendahkan  harga barang dan menjadi yang termurah tanpa memperhitungkan apakah harga tersebut mampu mengembalikan modal usaha dan menambah laba. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut dan susun strategi bisnis yang sesuai dengan arah tujuan bisnis Anda.

 

3. Enggan luangkan waktu untuk bergaul

 

Ingin Cuan di E-commerce? Hindari 5 Kesalahan Bisnis IniSumber Foto: digest.bps.org.uk

 

Salah satu kunci sukses dalam bisnis online adalah dengan memperluas jaringan kerja atau networking. Banyak sekali pebisnis yang kurang meluangkan waktunya untuk bergaul dengan komunitas pebisnis online. Kosongkan jadwal dan luangkan waktu dengan sesama pemilik bisnis online. Selain banyaknya ilmu penjualan yang akan didapatkan untuk mengembangkan bisnis, Anda juga bisa memperluas jaringan dan bahkan kesempatan bisnis.

 

4. Bersikap pesimistis

 

 

Sumber Foto: kumparan.com

 

Terkadang Anda bisa menjadi orang yang pesimis dan mudah putus asa, melihat segalanya dari sudut pandang yang negatif. Perlu Anda ketahui, dalam dunia bisnis sikap optimis atau pemikiran positif sangat dibutuhkan untuk meraih kesuksesan. Bila bisnis mengalami kegagalan jangan cepat berputus asa, tinjau ulang apa yang membuat bisnis Anda gagal. Kembali lakukan riset dan evaluasi bisnis hingga menemukan metode yang pas untuk bisnis Anda.

 

5. Mengerjakan semuanya sendiri

 

Sumber Foto: hipwee.com

 

Dalam menjalankan bisnis online, Anda harus bisa berjalan cepat. Pada awal bisnis memang semuanya bisa dikerjakan sendiri, mulai dari marketing, administrasi, konten, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, permintaan pembelian akan semakin banyak. Agar penjualan bisnis Anda tetap berjalan lancar, percayakan tugas lain kepada anggota tim Anda. Perlu diingat, pebisnis yang baik harus bisa menggantungkan dirinya pada anggota tim lain dan tak hanya pada diri sendiri. Dengan mendelegasikan tugas-tugas, Anda bisa fokus memikirkan strategi pengembangan bisnis.

 

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Kasir Offline dan Kasir Online? Cek di Sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *