Ingin Cuan? Ikuti Tips Sukses Menjalankan Bisnis Thrift/Preloved ini

Barang bekas tak berarti usang. Menjual barang preloved yang masih bagus dan layak pakai bisa menjadi ladang penghasilan, lho. Kini aktivitas berbelanja produk-produk bekas atau thrifting menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama anak-anak muda. Dengan begitu simak tips ini, untuk menjual barang bekas atau membuka bisnis thrift shop yang bisa dijadikan solusi bagi Anda yang tertarik merintis usaha dengan modal minim. Ingin sukses menjalankan bisnis thrift atau preloved? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

 

1. Manfaatkan Digital Marketing  

 

Ingin Cuan? Ikuti Tips Sukses Menjalankan Bisnis Thrift/Preloved ini
Sumber Foto: Forbes.com

Digital marketing kini menjadi salah satu solusi bagi perusahaan atau pengusaha untuk menggapai publik lebih luas. Manfaatkan media sosial untuk menjual barang preloved Anda. Buatlah katalog online dengan menggunakan media sosia dan website khusus bisnis thrift shop Anda.

 

2. Aktif Lakukan Promosi

 

Ingin Cuan? Ikuti Tips Sukses Menjalankan Bisnis Thrift/Preloved ini
Sumber Foto: harmony.co.id

Media digital yang yang paling tepat untuk melakukan pemasaran dan ampuh mengenalkan bisnis Anda pada masyarakat luas adalah media sosial. Setelah membuat media sosial khusus usaha thrift shop Anda, kini saatnya melakukan promosi sebanyak-banyaknya. Unduh foto-foto produk barang preloved layaknya barang yang masih baru. Anda bisa memfoto produk dengan dekorasi tambahan agar terlihat unik dan bisa menarik hati konsumen.

 

Semakin aktif dan konsisten Anda mengisi konten di media sosial, semakin cepat pula Anda meraih konsumen. Selain media sosial khusus bisnis, promosikan dagangan Anda di media sosial milik pribadi. Anda juga bisa meminta bantuan kerabat atau teman untuk mempromosikan dagangan Anda melalui media sosial mereka.

 

3. Perbanyak Koleksi Produk Thrift/ Preloved

 

Ingin Cuan? Ikuti Tips Sukses Menjalankan Bisnis Thrift/Preloved ini
Sumber Foto: grid.id

Tambahkan koleksi produk lainnya untuk menambah varian model barang di toko thrift Anda. Anda bisa mengajak teman atau kerabat yang senang berbelanja dan memang memiliki banyak barang yang jarang dipakai atau bahkan sama sekali tidak terpakai. Jika barang laku terjual, Anda bisa membagi hasil penjualan yang didapatkan.

 

Selain mengajak teman atau kerabat, Anda bisa mulai mencari produk atau barang-barang bekas di toko barang bekas baik online maupun toko offline di kota Anda. Teliti dalam mencari produk yang nantinya akan Anda jual. Pastikan barang yang Anda pilih berkulitas baik dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

 

4. Membuka Jasa Titip & Membantu Jual Barang Bekas

 

Sumber Foto: kompas.com

Anda bisa membuka jasa titip seperti mencari barang-barang preloved di toko barang bekas di kota Anda, dengan model yang mirip dengan keinginan konsumen Anda. Anda juga bisa membuka jasa bantu jual barang preloved ketika pengikut media sosial Anda sudah cukup banyak. Selain membantu mereka mengosongkan ruangan yang sudah mulai penuh dengan barang tak terpakai, Anda bisa menambah stok barang preloved Anda. Tentukan sistem bagi hasil yang adil antara Anda dengan si pemilik barang.

 

5. Menjadi Penjual yang Bisa Dipercaya

 

Sumber Foto: beautynesia.id

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis barang bekas ini adalah kejujuran. Ketika konsumen menanyakan kondisi barang yang Anda jual, jawablah dengan jujur. Sebisa mungkin kurangi risiko komplain dan nilai buruk dengan menjelaskan secara detail dan benar kondisi barang  kepada konsumen Anda.

 

Baca Juga : Tips Ampuh Memulai Bisnis Thrift/Preloved yang Harus Diketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *