Ingin Dapat Modal Rp 200 Juta dari Pertamina? Ini Cara dan Syaratnya

Sebagai tanda bukti terhadap kemajuan perekonomian negara, Pertamina membuat suatu program pengembangan yang dilakukan dengan menyalurkan dana pinjaman, pendampingan, serta pinjaman usaha bagi UMKM dalam negeri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil menjadi mandiri. Lalu bagaimanakah proses alur pinjaman modal yang diberikan oleh Pertamina? 

 

Penyaluran dana pinjaman modal program kemitraan Pertamina ini diberikan plafon nilai hingga 200 juta rupiah dengan jasa administrasi sebesar 3 persen per tahun. Setelah modal, mitra binaan ditingkatkan kemampuannya di bidang keuangan, marketing, promosi maupun lainnya yang menyangkut peningkatan produktivitas mitra binaan sehingga dapat bersaing dengan tangguh.

 

Baca juga: Keunggulan Koperasi Dibandingkan dengan Usaha Simpan Pinjam Perorangan

 

Mitra binaan juga akan diberikan pembinaan bisnis mulai dari strategi pemasaran produk, seperti mengikuti pameran, pop up market di mall, UMKM Center dan Business Matching. Mitra binaan dapat membuka pasar untuk meningkatkan brand awareness Pertamina dan produk mitra binaan Pertamina agar pemasaran semakin meluas.

 

Berikut cara dan syarat mendapatkan pinjaman modal dari Pertamina sebagai mitra binaan:

 

pinjaman modal pertamina
sumber: https://pertamina.com/

 

  1. Kunjungi website Pertamina di www.pertamina.com/id/program-kemitraan.
  2. Calon mitra binaan menyampaikan syarat dan ketentuan pengajuan program kemitraan dengan mempersiapkan dokumen sebagai berikut:
  • Form program kemitraan (download form di website resmi Pertamina).
  • Fotocopy KTP suami & istri dan kartu keluarga
  • Foto suami & istri terbaru ukuran 4X6
  • Fotocopy jaminan
  • Foto tempat usaha 2 lembar
  • Denah / peta lokasi usaha
  • Surat izin usaha atau keterangan lurah
  • Fotocopy rekening tabungan atas nama pemohon

 

Form aplikasi harus diisi lengkap dan ditandatangani diatas materai 6,000. Saat pengajuan, form aplikasi juga harus dilengkapi dengan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Selanjutnya di scan untuk menjadi lampiran pada email. Jangan lupa menuliskan subjek email yaitu “Pendaftaran Program Kemitraan (Provinsi)”. Contoh : Pendaftaran Program Kemitraan Jawa Barat.

 

Seluruh dokumen persyaratan yang telah lengkap dapat diserahkan ke masing-masing region, MOR, RU,dan Rumah Kreatif BUMN Pertamina, sesuai dengan wilayah usaha masing-masing. Anda Juga dapat melakukan pendaftaran via email dengan scan seluruh dokumen kemudian kirimkan ke email [email protected] 

 

Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat menghubungi langsung ke Pertamina Contact Center di nomor 1500000.

 

Itulah beberapa informasi penting seputar persyaratan dan tata cara mengajukan pinjaman modal di pertamina sebagai mitra binaan. Bagi Anda pengusaha UMKM yang berminat bisa langsung membuat pengajuan permohonan pinjaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *