Ingin Usaha Angkringan Sukses? Lakukan Tips Jitu Ini

Usaha yang digemari masyarakat terutama anak-anak kekinian, angkringan. Tempat makan yang identik dengan kota Yogyakarta ini tidak ada matinya. Usaha angkringan terbukti memiliki penjualan yang lumayan menguntungkan.  Selain kota Yogyakarta, kini banyak daerah yang mulai membuka bisnis angkringan. Tidak hanya pebisnis profesional yang bisa  memulai usaha kuliner,  anak-anak muda pun bisa menggunakan peluang usaha ini. Mau mencoba usaha angkringan yang sukses? Simak tips-tips berikut!

 

1. Hitung budget

 

Ingin usaha angkringan sukses? Lakukan tips jitu ini
Sumber Foto: kompasiana.com

Untuk memulai bisnis, tentunya diperlukan modal usaha. Meskipun modal yang dikeluarkan cukup murah dibandingkan membangun restoran, Anda tetap harus mengitung modal awal. Cari tahu harga modal usaha seperti harga gerobak angkringan, terpal ukuran lebar, kursi kayu, dan barang lain-nya yang dibutuhkan dalam membuka usaha angkringan ini.

 

2. Cari lokasi strategis

 

Ingin usaha angkringan sukses? Lakukan tips jitu ini
Sumber Foto: peluangusahaterlkini.com

Sukses tidaknya usaha angkringan dipengaruhi oleh pemilihan lokasi yang strategis. Pastikan Anda mencari lokasi usaha angkringan yang ramai dan sering dilintasi banyak orang. Dengan lokasi yang strategis, peluang untuk medapatkan pembeli akan terbuka lebar. Perlu diingat usaha angkringan dibuka pada malam hari, keamanan pun harus diperhitungkan.

 

3. Sediakan menu unik dan lezat dengan harga yang pas

 

Ingin usaha angkringan sukses? Lakukan tips jitu ini
Sumber Foto: trimbunews.com

Beragam jajanan dijual di angkringan. Padukan makanan tradisional dengan makanan modern saat ini. Sediakan makanan dan minuman khas angkringan seperti nasi kucing, aneka sate, gorengan, wedang jahe, kopi, dan masih banyak lagi. Tambahkan menu makanan warkop yang digemari masyarakat seperti mie instan, roti bakar, dan pisang goreng.

Masyarakat cenderung mencari tongkrongan seperti angkringan karena menjual makanan dan minuman yang murah. Berikan harga yang ramah kantong agar angkringan laris manis. Cari supplier yang menjual bahan-bahan dengan harga terjangkau. Perhitungkan secara rinci pengeluaran seperti biaya sewa, dan lain sebagainya agar Anda tidak mengalami kerugian.

 

4. Menjaga kebersihan angkringan

 

Sumber Foto: okezone.com

Dalam menjalankan usaha bisnis, kebersihan merupakan hal yang wajib diperhatikan. Angkringan identik dengan makanan yang ditaruh di atas meja tanpa penutup, pastikan makanan Anda terhindar dari bakteri dengan menaruh lilin panas di sekitar makanan agar  tidak dikerubungi oleh lalat.   Kenyamanan pelanggan menjadi poin penting dalam membuat usaha angkringan, buat pelanggan merasa aman dan nyaman ketika membeli makanan Anda. Bersihkan gerobak, peralatan makan, meja, kursi,atau tempat lesehan yang Anda sediakan untuk pelanggan Anda. Jangan sampai sisa makanan atau sampah berserakan di area sekitar Angkringan.

 

5. Promosikan bisnis Anda

 

Sumber Foto: okezone.com

Dalam dunia bisnis, promosi sangat penting dilakukan agar masyarakat luas mengenal bisnis Anda. Lakukan promosi angkringan Anda secara efektif dengan mempromosikan terlebih dahulu usaha Anda pada teman dan keluarga. Berikan pelayanan terbaik untuk mengambil hati dan memberikan kenyamanan pelanggan Anda agar mereka merekomendasikan angkringan Anda kepada orang lain.

 

Baca Juga: Tips Ampuh Membangun Usaha Kedai Makanan yang Sukses untuk UKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *