Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Tidak Bisa Diremehkan

Disinilah inspirasi bisnis ibu rumah tangga akan Anda dapatkan, karena banyak bisnis makanan yang  berawal dari para ibu yang ingin memberi masakan terbaik ke anggota keluarga. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa makanan buatan mereka patut untuk dicoba oleh orang lain.

 

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang beberapa bisnis merek makanan terkenal yang berawal dari dapur buatan ibu rumah tangga yang bisa menginspirasi Anda.

 

1. Pisang Goreng Bu Nanik

 

Pisang goreng Bu Nanik mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda yang berada di sekitar Jakarta Barat, siapa sangka bahwa pisang goreng dengan konsep “gosong” ini disukai oleh banyak orang. Bahkan, panganan ini sering dipesan oleh karyawan kantor-kantor sekitar Jakarta.

 

Dibandingkan dengan pisang goreng biasa, pisang goreng Bu Nanik ini memang dinilai cukup mahal. Pisang yang tersedia di toko Bu Nanik ini dibanderol dengan harga bervariatif, yaitu mulai dari Rp 5 ribu, Rp 7 ribu, dan bahkan lebih mahal lagi.

 

Awalnya ia hanya iseng menggoreng pisang-pisang yang dianggap kurang bagus buat konsumsi keluarga. Kemudian, menu tersebut dimasukkan dalam catering. Tidak disangka banyak yang menyukainya. Yang unik dari pisang tersebut adalah gak ada penggunaan gula. Madu digunakan sebagai pemanis dalam adonan pisang goreng Bu Nanik. 

 

2. Sambal Bu Rudy

 

Mayoritas orang Indonesia sangat lekat lidahnya dengan sambal, oleh karena itu, gak salah sambal Bu Rudy sangat fenomenal. Sambal yang berasal dari Surabaya ini sekarang dikenal se-Indonesia, karena sambal ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh dan juga bisa dipesan secara online.

 

Lanny Siswandy yang kini lebih sering disapa sebagai Bu Rudy ini terinspirasi dengan nama sang suami mengawali karirnya karena  sering membawa tangkapan ikan dan sisa udang usai memancing, Bu Rudy pun mencoba mengolah ikan tersebut plus bikin sambal yang diulek bersama sisa umpan tersebut. 

 

Kebiasaan Bu Rudy yang senang mengajak teman-temannya untuk makan bersama ternyata berujung pada ide membuka usaha kuliner. Bu Rudy kemudian membuat nasi sambal udang yang kini berkembang menjadi Sambal Bu Rudy. 

 

Baca juga: Raup Ratusan Juta dengan Bisnis Sambal Kemasan

 

3. Raja Pisang Nugget

 

Awal berdirinya Raja Pisang Nugget karena pemiliknya yang bernama Anggita Prima sering menyantap pisang pasir dari salah satu merek jajanan olahan pisang. Suatu waktu ia menyadari ternyata panganan favoritnya tersebut gak semanis biasanya. Anggita pun mencoba eksperimen sendiri dengan mengolah kembali pisang pasir tersebut.

 

Dalam eksperimen tersebut, Anggita malah secara gak sengaja menemukan resep pisang nugget yang sebenarnya sudah lebih dulu ada di kota Makassar.

 

Modal nekat, Anggita pun membuka usaha pisang nugget tersebut dengan nama Raja Pisang Nugget di kawasan Tebet. Dalam menjalankan bisnis ini diakui Anggita membutuhkan proses yang tidak mudah, karena pada awalnya masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan olahan pisang nugget ini.

 

Raja Pisang Nugget pernah menjadi kuliner viral di Jakarta pada tahun 2017. Usaha ini pun berasal dari dapur rumah saja. Bahkan pemiliknya pun saat itu belum terpikirkan untuk menjadikannya sebuah bisnis.

 

Baca juga: Ide Bisnis Frozen Food Pisang Nugget Untung Jutaan!

4. Treat Inc Cheesecake in Jar

 

Treat Inc Cheesecake in Jar yang didirikan oleh Selly dan teman-temannya ini adalah cheesecake yang disajikan dalam jar atau mug kaca bertutup, ia memiliki ide untuk membuat makanan manis tetapi mudah untuk dikonsumsi, serta harganya yang terjangkau.

 

Kreasi kue yang berawal dari bisnis rumah tangga ini sempat viral beberapa tahun silam, tepatnya tahun 2015. Jika penasaran, Anda bisa cek Instagram mereka di @treat_inc.

 

5. Catering Yufeto Bandung 

 

Bisnis ini berasal dari Kota Bandung, bisnis yang satu ini bukan lagi viral, tetapi sudah legendaris di kotanya sejak tahun 1972 dan masih laris hingga sekarang.

 

Pendirinya yang bernama Wati Hendarwati lahir pada tahun 1947. Ia mengakui bahwa awal usaha catering ini benar-benar tidak disengaja. Bermula dari keponakan Wati memintanya buat menyediakan nasi bungkus buat acara di kampusnya, Unpad. Dari satu pesanan tersebut, ternyata nasi bungkus buatan Wati disukai dan berlanjut ke pesanan-pesanan selanjutnya.

 

Kini, catering tersebut bahkan sudah berekspansi dengan didirikannya Kopi Yufeto di Bandung. Selain itu, usaha catering tersebut sekarang diteruskan oleh anak Wati yang sempat menjadi koki di salah satu hotel ternama.

 

Apakah bisnis-bisnis diatas cukup menginspirasi Anda untuk memulai bisnis? Pada dasarnya semua yang berasal dari dapur bisa dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Semua tergantung tekad dan niat Anda dalam menjalankannya. Memang tidak mudah menciptakan sebuah produk yang bisa langsung diterima oleh pasar, namun Anda bisa mencoba beberapa inovasi pada setiap olahan yang Anda buat.

 

Banyak cerita inspirasi bisnis yang dilakukan para ibu rumah tangga lainnya, tidak hanya seputar olahan dapur.  Mulai dari bisnis jualan online, garmen, menjual pulsa, bisnis tanaman hias, hingga jasa les privat. Ibu rumah tangga memang bukan lagi profesi yang bisa disepelekan, masih banyak cerita inspirasi bisnis lainnya yang dilakukan para ibu rumah tangga yang pastinya bisa memotivasi Anda untuk berwirausaha.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *