Inspirasi Usaha di Kampung, Saatnya Gali Potensi Ekonomi Pedesaan!

Banyak peluang bisnis yang bisa didapatkan di pedesaan, hal ini membuat ada banyak inspirasi usaha di kampung. Terlebih jika banyak anak muda yang tergerak untuk memajukan perekonomian pedesaan.

 

Salah satu pemuda yang menjadi pedoman adalah Novi Bayu Darmawan yang menggagas, Kampung Marketer, ia mendedikasikan dirinya di kampung halaman setelah lulus dari STAN.

Maka dari itu jangan menganggap membuka bisnis di kampung itu tidak memiliki prospek yang bagus.

 

Berikut kami akan membahas potensi bisnis apa saja yang bisa dimaksimalkan di kampung yang bisa Anda coba.

 

1.Menjual Produk UKM Secara Online 

 

Jika Anda pandai melihat peluang, Anda bisa mengembangkan produk-produk UMKM yang dibuat oleh masyarakat di sekitar pedesaan misalnya kerajinan tangan seperti batik tulis, tas, sepatu, produk rajutan dan masih banyak lagi, lebih bagus lagi jika Anda membuka usaha itu sendiri, yang akhirnya menjadi bisnis pribadi Anda.

 

Anda bisa memasarkan produk UMKM dengan cara online menggunakan media sosial seperti Google Ads, Instagram, Facebook dan masih banyak lagi sehingga produk Anda bisa dijangkau oleh orang-orang tanpa batas bahkan di seluruh dunia, karena jika hanya mengandalkan penjualan lokal desa, potensi bisnis Anda akan sulit untuk berkembang.

 

2. Berdayakan Desa Wisata

 

Bagi Anda yang tinggal di desa yang memiliki destinasi wisata, ini akan menjadi kesempatan, Anda bisa bekerjasama dengan pihak terkait seperti pemerintahan desa, pemuda desa (karang taruna), kementrian kehutanan, kementrian pertanian atau dinas terkait.

 

Anda bisa menawarkan wisata alam, seperti panorama sawah terasering, wisata air terjun, atau wisata hutan lindung, Anda bisa sesuaikan dengan potensi wisata yang ada dikampung halaman Anda.

 

3. Bertani Produk Organik

 

Pedesaan adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan produk pertanian ogranik karena lahan yang luas serta kondisi lingkungan yang mendukung.

 

Produk pertanian organik masih sangat jarang dan memiliki potensi bisnis yang besar dibandingkan produk pertanian modern yang sudah banyak pesaing. Masyarakat dunia kini semakin mencari produk-produk pertanian organik karena lebih menyehatkan, meskipun dengan harga yang lebih mahal. Oleh karena itu inspirasi usaha di kampung yang satu ini memang memiliki potensi keuntungan jangka panjang yang luar biasa.

 

4. Bisnis Toko Kelontong dengan Fokus Produk Lokal Desa

 

Jika biasanya toko kelontong berkonsep sederhana, buatlah dengan sentuhan modern hingga semenarik mungkin. 

 

Anda bisa mengisi produk di toko dengan hasil petani lokal seperti beras, sayur mayur, bawang, cabai, tomat, dan buah-buahan. Bisa juga produk dari luar seperti mie instan, bumbu, makanan ringan olahan desa, dll. Carilah distributor yang murah dan lengkap.

 

5. Peternakan 

 

Lingkungan yang asri, sejuk dan sepi adalah kondisi yang identik dengan pedesaan, sangat cocok dijadikan tempat untuk mengembangkan usaha peternakan. Namun pada umumnya usaha peternakan yang dilakukan masyarakat pedesaan masih di lingkup rumah tangga, yang artinya hewan ternak yang dipelihara liar di lingkungan rumah.

 

6. Cetak Generasi Muda yang Potensial

 

Latihlah skill pemuda yang berada di lingkungan desa Anda, buatlah mereka tertarik untuk memiliki usaha, skill yang dapat Anda latih adalah menjadi CS online, menulis artikel hingga terjun langsung untuk berjualan.

 

Seperti yang dilakukan oleh Novi Bayu Darmawan, ia mendirikan Kampung Marketer, dimana memanfaatkan potensi pemuda yang berada di desanya.

 

7. Jasa Rias Pengantin (Wedding Organizer)

 

Bisnis ini juga dapat meraup keuntungan, apalagi jika Anda bisa mengikuti perkembangan tata rias seperti di kota, Anda hanya perlu mengikuti pelatihan merias, mengumpulkan alat dan fasilitasnya.

 

Bekerjasamalah dengan pihak-pihak lain seperti tim fotografer, catering, souvenir, band, sehingga Anda bisa menyediakan paket-paket menarik agar konsumen mempercayakan hari bahagianya kepada Anda.

 

5. Membuka POM Bensin Mini

 

Jika desa Anda jauh dari POM bensin milik Pertamina, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini, atau yang biasa dikenal dengan Pertamini. Anda bisa menjalin kerjasama franchise, disana akan disediakan beberapa paket, sesuaikanlah dengan modal yang Anda miliki.

 

6. Jual Beli Smartphone, Aksesoris, dan Isi Ulang Pulsa

 

Kebutuhan pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang baik di kota maupun di desa agar  bisa terus berkomunikasi. Anda hanya memerlukan modal senilai 5 juta rupiah untuk kebutuhan etalase, kartu perdana, deposit, dan beberapa smartphone seharga 1-2 juta rupiah.

 

7. Memaksimalkan Potensi Perikanan 

 

Usaha perikanan sangat cocok di pedesaan karena pengairannya yang terjaga, terlebih jika di pegunungan karena airnya yang selalu mengalir. Anda bisa memelihara ikan dengan membuat kolam-kolam ikan yang diairi dari sungai, pilihlah ikan air tawar untuk Anda ternak.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *