Inspirasi Usaha Modal Kecil Untuk Pemula Anti Gagal yang Patut Anda Coba

Umumnya seorang pemula yang ingin mengawali bisnis tidak perlu memerlukan banyak modal dan keahlian khusus. Untuk memulai sebuah bisnis tentu diperlukan kehati-hatian dalam memilih peluang. Lalu sebagai seorang pemula, kira-kira peluang usaha apa saja yang cocok bagi Anda? Sebenarnya ada banyak inspirasi usaha dengan modal kecil yang bisa Anda coba.

 

Berikut ini beberapa pilihan yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin memulai suatu usaha:

 

1. Warung Kelontong

 

Untuk memulai usaha ini tidak perlu banyak modal, karena warung kelontong memiliki fleksibilitas modal yang luar biasa. Dengan modal yang sedikit Anda akan lebih mudah dalam menganalisa konsumen Anda. Sehingga dapat lebih mudah menentukan produk apa saja yang perlu ditambahkan berdasarkan produk yang paling banyak dicari konsumen.

 

Selain itu, dengan membuka warung kelontong Anda bisa menjalankan bisnis ini sendiri. Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya lebih untuk merekrut karyawan.

 

2. Jasa Laundry

 

Jasa laundry mungkin memang sudah menjamur, namun bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah padam. Mencuci baju adalah kebutuhan orang sehari-hari. Modal usaha ini tidak sulit, dengan memanfaatkan alat-alat yang ada di rumah, Anda sudah bisa membuka jasa laundry rumahan. 

 

Jika Anda mempunyai modal lebih dan tidak ingin repot, Anda bisa bergabung dengan jasa franchise laundry. Ada banyak pengusaha laundry yang menjual franchise laundry. Anda hanya cukup menyediakan tempat usaha atau lokasi, semua perlengkapan sudah disediakan oleh si penjual franchise.

 

3. Bisnis Snack Kekinian

 

 

Snack atau makanan ringan memang tidak pernah ada habisnya. Ada banyak produk baru muncul setiap waktu seiring semakin kreatifnya ide bisnis yang mengikuti tren pasar. Bisnis paling mudah adalah dengan berjualan makanan ringan. Jika Anda tidak mampu untuk membuatnya Anda bisa membeli berbagai makanan ringan dan mengemas ulang produk tersebut sehingga bernilai jual lebih tinggi.

 

Namun jika Anda mau, Anda bisa membuat aneka olahan makanan ringan sendiri dan berinovasi sesuai ide kreatif Anda. Cek disini untuk melihat berbagai tutorial aneka cemilan yang bisa dijadikan ide bisnis bagi Anda.

 

4. Salon atau Pangkas Rambut

 

Pangkas rambut menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Dimana semua orang rutin membutuhkan jasa pangkas rambut. Beruntung bagi Anda yang memiliki keahlian memangkas rambut, Anda bisa memulai bisnis ini. 

 

Dengan dukungan manajemen yang baik, dipastikan usaha Anda akan mudah berkembang. Ditambah lagi dengan branding dan konsep pangkas rambut kekinian, dijamin usaha Anda semakin cepat berkembang.

 

Masih banyak inspirasi usaha lainnya dengan modal kecil yang bisa Anda coba jajaki. Dalam kondisi pandemi seperti ini Anda harus pandai membaca peluang, kira-kira usaha apa yang tengah naik daun dan berpotensi menghasilkan keuntungan. Sebagai pemula, pasti akan menghadapi banyak tantangan, namun jika Anda ingin berkembang, Anda harus mampu mengatasi semua tantangan tersebut. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *