Intip Peluang Bisnis Makanan Halal yang Lebih Menjanjikan

Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Maka tak heran jika makanan halal akan selalu menjadi prioritas utama masyarakat Indonesia. Apalagi ditambah adanya pandemi Covid-19 yang melanda sehingga membuat masyarakat semakin memburu makanan higienis dan juga halal. Momen ini tentu menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba. Lalu Bagaimanakah potensi peluang bisnis makanan halal di Indonesia? 

 

Agar peluang bisnis makanan bersertifikat halal dipastikan selalu stabil, maka pasokan makanan halal di Indonesia harus tetap terjaga.

 

Makanan dengan sertifikasi halal bisa dijamin memiliki kualitas yang lebih baik, selain itu adanya sertifikat halal bisa menaikan nilai jual suatu produk. Pemerintah telah menetapkan kewajiban sertifikasi halal untuk semua produk halal yang beredar demi jaminan untuk masyarakat Indonesia. Bahkan penetapan kewajiban sertifikasi halal sudah diatur dalam Undang Undang no. 33 tahun 2014.

 

Baca juga: Syarat dan Cara Memperoleh Sertifikasi Halal MUI

 

Tujuan dari diwajibkannya sertifikasi produk halal ini agar konsumen Indonesia mendapatkan jaminan kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi atau menggunakan produk. Nilai tambah ini juga diharapkan dapat memicu daya saing di pasar global. Sehingga secara tidak  langsung produk UMKM Indonesia bisa menjadi tiang penopang ekspor.

 

Persiapan yang dilakukan menjelang implementasi Undang Undang Jaminan Produk halal tersebut diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat luas. Hal ini bermaksud agar para pelaku usaha mendapatkan informasi yang tepat mengenai peraturan perundang-undangan jaminan produk halal. Sehingga pada saat kewajiban Jaminan Produk Halal mulai diimplementasikan, semua masyarakat telah siap. 

 

Baca juga: Video Tutorial Lengkap Cara Mendaftarkan PIRT

 

Menurut Muhammad Yanuar Arief sebagai Kepala Subbagian Sistem Informasi dan Hubungan Masyarakat BPJPH diperlukan pemahaman yang tepat khususnya bagi masyarakat dan pelaku usaha tentang pentingnya standar halal. Pelaku usaha atau produsen akan lebih mudah dalam pengaplikasian regulasi jika pemahaman dan kesadaran akan standar halal dipahami dengan baik oleh masyarakat.

 

Selain makanan, produk apalagi yang bisa dijadikan peluang bisnis yang bersertifikasi halal? Berikut ulasannya.

 

Make up halal

 

peluang bisnis makanan
sumber foto: madaninews

 

Setelah makanan, bisnis halal yang mempunyai peluang menjanjikan adalah bisnis make up halal. Merias diri menjadi hal yang lumrah bagi kaum wanita agar lebih percaya diri, namun terkadang make up yang mereka gunakan belum tentu sah ketika terkena air wudhu. Banyak make up dengan water resistant yang beredar di masyarakat. Hingga ketika akan melakukan wudhu, pengguna make up tersebut harus menghapusnya terlebih dahulu. Maka dari itu, bisnis make up halal dinilai dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

 

Wisata halal

 

peluang bisnis makanan
sumbber foto: qubiz.net

 

Wisata halal dapat menjadi alternatif bisnis berikutnya yang dijadikan sebagai peluang bisnis produk halal di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia yang berlimpah dapat dijadikan sebagai wisata halal guna memberikan kenyamanan bagi para wisatawan muslim. Beberapa yang bisa dijadikan peluang bisnis seperti penginapan, makanan, akomodasi hingga tempat ibadah.

 

Investasi halal

 

peluang bisnis makanan
sumber foto: folderbisnis.com

 

Investasi merupakan sebuah aktivitas pengelolaan uang yang menguntungkan. Namun nyatanya, prinsip yang digunakan dalam investasi konvensional tidak sesuai dengan syariat Islam. Maka dari itu, bisnis investasi halal dapat menjadi solusinya. Dengan munculnya bisnis ini diharapkan para investor muslim dapat melakukan investasi tanpa melanggar syariat Islam.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *