Jangan Salah Ternyata J.Co Donut & Coffee Produk Asli Anak Bangsa!

Saat mengunjungi pusat perbelanjaan pasti Anda tak pernah melewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka sajian kulinernya. Mulai dari aneka macam gerai minuman hingga snack kekinian. Siapa sih yang tidak suka donat? Kudapan manis ini sangat populer di Indonesia sejak  tahun 1968.  Salah satu brand yang tak asing lagi di telinga Anda adalah j.co donut & coffee.  Pernah mencobanya?

 

Sejarah J.co Donut & Coffee

 

j.co donut & coffee
sumber foto: kargoku.id

 

Siapa sangka J.Co Donut & Coffee adalah hasil karya anak bangsa. Dari namanya mungkin Anda sudah mengira jika gerai donat populer ini berasal dari negara asing. Johnny Andrean adalah seorang pengusaha salon asal Indonesia yang juga pendiri J.Co Donut & Coffee.

 

Ide bisnis donat tersebut muncul karena kebiasaannya yang sering melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Ia sangat gemar mencicipi donat khas negara tersebut. Hingga akhirnya ia terinspirasi untuk membuat bisnis donatnya sendiri.

 

Awalnya ia menjajal peruntungan dengan mengajak kerjasama dengan salah satu waralaba donat asli Amerika. Namun hal tersebut tidak bisa dicapai karena berbagai keterbatasan. Akhirnya ia mulai membangun bisnisnya secara mandiri.

 

Konsep Bisnis

 

j.co donut & coffee
sumber foto: harewoos

 

Baca juga: Tutorial Cara Menghias Donat Agar Lebih Menarik

 

Sebelum gerai pertama dibuka, Johny betul-betul merencanakan bisnisnya dengan matang. Selama 3 tahun, ia melakukan riset untuk mengetahui selera pasar masyarakat Indonesia. Bisnis kuliner ini juga membuat simbol brand yang mengandung filosofi mendalam. Yakni dengan menggunakan merak sebagai ikonnya, sebagai simbol keindahan dan keberuntungan.

 

Yang paling menarik saat melakukan risetnya adalah ia menemukan fakta bahwa belum ada satupun gerai yang memiliki konsep open kitchen. Sehingga ia memutuskan untuk membuat konsep open kitchen dalam bisnis donatnya.

 

Demi menjaga kualitas bisnisnya, Johnny tak segan mengeluarkan kocek lebih untuk menyediakan peralatan dapur yang diimpor langsung dari mancanegara. Selain itu, ia juga memilih bahan-bahan impor berkualitas terbaik untuk menghasilkan cita rasa khas donat yang ia jual.

 

Gerai Pertama

 

j.co donut & coffee
sumber foto: solopos.com

 

Baca juga:   Tarik Pelanggan dengan Jualan Donat Pelangi, Cek Resepnya Disini

 

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya gerai pertama donat kekinian ini dibuka pada tahun 2005. Bertempat di kawasan Supermal Karawaci Tangerang, ternyata konsep gerai donat modern ini mampu menarik minat masyarakat. Hingga dalam kurun waktu satu tahun, bisnis donat ini sudah membuka belasan cabang gerai lain yang tersebar di kota besar seluruh Indonesia.  

 

Pada tahun 2007, J.Co Donut bahkan sudah berekspansi hingga beberapa negara asing seperti Singapura, Australia dan Hongkong. Hingga kini kerajaan J.Co Donut sudah menjadi pioneer gerai donat modern lainnya di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *