Tips Membuat Kemasan Produk Bisnis UMKM yang Menarik Konsumen

kemasan produk umkm
Sumber Foto : salamadian.com

 

Kemasan produk adalah salah satu faktor penting yang tidak boleh dilupakan oleh para pelaku UMKM. Karena, kemasan produk bisa menentukan keputusan calon pelanggan untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu, ketertarikan calon pelanggan terhadap kemasan produk yang menarik secara tidak langsung akan membantu mempromosikan produk kamu yang mereka beli, misalnya membagikannya di media sosial. Nah bagi kamu yang bertanya-tanya bagaimana sih cara membuat kemasan produk UMKM yang menarik, dibawah ini akan kami jelaskan secara lengkap.

1. Pilih kemasan yang sesuai produk

 

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan agar ketika pelanggan sudah membeli produk kamu tidak kecewa. Misalnya jangan sampai kemasan produk kamu mudah sobek karena tidak kuat menahan produk kamu. Hal inilah yang akan membuat pelanggan kamu kecewa, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan malas membeli produk kamu lagi.

 

2. Sesuaikan dengan target konsumen

 

Ketika kamu sudah menentukan calon pelanggan yang akan membeli produk, kamu bisa membuat kemasan sesuai dengan target calon pelanggan seperti desain, warna hingga bentuk dan ukuran tulisannya. Contohnya, jika target calon pelanggan kamu anak-anak, maka kemasan yang kamu buat lebih berwarna agar mereka tertarik membeli dan senang dengan produk kamu.

 

3. Keunikan atau identitas produk kamu

 

Agar produk kamu selalu di ingat oleh pelanggan, tak hanya kualitas atau rasa dari produk yang harus kamu perhatikan. Nama atau slogan yang unik ternyata bisa membantu pelanggan ingat dan membuat calon pelanggan yang belum pernah membeli produk kamu akan penasaran.

 

4. Ramah lingkungan

 

Saat ini, banyak sekali orang-orang yang peduli dengan lingkungan dan ikut menjaganya. Oleh karena itu, kamu bisa mendukung kampanye tersebut dari kemasan produkmu. Selain itu, kemasan produk yang ramah lingkungan bisa menjadi daya tarik bagi para calon pelanggan untuk membeli produk kamu. Mereka juga tak sayang apabila membayar lebih mahal karena dengan kemasan yang ramah lingkungan, mereka juga bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan.

 

5. Kemasan Edisi Spesial

 

Kamu bisa membuat kemasan edisi spesial untuk menarik pelanggan lama ataupun pelanggan yang baru. Contoh kemasan yang bisa kamu buat adalah memanfaatkan momen ketika sudah mendekati hari kemerdekaan atau tahun baru. Dengan begitu, kemasan produk kamu bisa dinilai kekinian dan tidak monoton (sama terus).

Nah itulah tips membuat kemasan produk umkm yang bisa kamu coba. Dengan kemasan produk yang menarik, produk kamu dapat terlihat lebih berkualitas sehingga bisnis UMKM pun bisa semakin berkembang lebih jauh.

 

Baca juga : Pembukuan UMKM Sederhana ini Bisa Bantu Atur Keuang Bisnis Kamu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *