Keuntungan Menjadi Anggota Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Koperasi simpan pinjam Syariah merupakan salah satu jenis koperasi yang memiliki peranan yang cukup besar dalam membantu meningkatkan perekonomian dan memiliki kelebihan tersendiri yang tidak di dapatkan di koperasi simpan pinjam konvensional, dan yang menjadi salah satu poin penting adalah koperasi ini sangat mudah ditemukan keberadaannya di tengah masyarakat.

Ada banyak keuntungan jika kamu menjadi salahsatu anggota koperasi simpan pinjam Syariah, namun jangan berkecil hati jika kamu bukanlah salah satu anggota koperasi simpan pinjam Syariah, karena kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan juga. Apa saja keuntungan tersebut? Mari kita simak bersama-sama di dalam artikel ini.

 

  1.       Mendapatkan pinjaman dana dengan bagi hasil yang kecil

Sudah menjadi rahasia umum jika anggota dari koperasi simpan pinjam akan sangat mudah melakukan pinjaman uang. Bukan hanya itu, bagi hasil yang harus dibayarkan juga cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan bank atau instansi lain,

Walaupun memiliki bagi hasil, namun hal, namun dijamin bagi hasil tersebut tidak akan membebankan untuk para anggota koperasi dalam melakukan pinjaman. Hal ini sangat memudahkan dalam membantu urusan pembiayaan.

 

  1.       Mendapatkan modal usaha

Untuk kamu yang ingin membuka usaha namun masih kesulitan dalam modal, kesempatan yang baik jika kamu menjadi salah satu anggota koperasi, karena kamu dapat mengajukan pinjaman modal usaha secara cuma-cuma. Tentu dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelumnya.

Modal usaha ini bisa didapatkan, dengan simpanan wajib yang mana setiap bulannya dibayarkan, namun aturan tersebut tidak dimaksudkan untuk memberatkan anggota, melainkan agar adanya komitmen.

 

  1.       Memperoleh sisa hasil usaha

Sisa hasil usaha yang dimiliki oleh koperasi wajib dibagikan untuk para anggotanya setiap tahun dan itu sudah menjadi aturan yang sudah disepakati. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk menginvestasikan dana yang kamu miliki.

 

  1.       Mendapatkan berbagai wawasan mengenai usaha

Dalam hal ini kamu juga akan mendapatkan beragai pelatihan untuk usahan yang akan atau yang sedang kamu jalani, karena aka nada beberapa seminar yang biasanya tidak dipungut biaya atau gratis.

 

  1.       Menghidari dari gangguan rentenir

Selain keuntungan secara materil dan ilmu, jika kamu salah satu anggota koperasi maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan dari rentenir karena tidak dipungkiri memang praktik rentenir masih banyak di berbagai daerah. Dengan adanya koperasi simpan pinjam sendiri, maka diharapkan dapat menghilangkan segala praktik rentenir yang biasa dilakukan.

 

Hal ini tentunya akan membantu para rakyat kecil, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonominya dengan baik. Hal ini juga akan membuat mereka lebih produktif dan berkembang, karena akan mudah untuk mendapatkan modal usaha.

 

Itulah berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menjadi salah satu anggota koperasi simpan pinjam Syariah yang dapat kami sampaikan, semga bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *