Kuasai Jurus Ini Agar Raih Sukses di Usia Muda

Kini banyak pengusaha – pengusaha muda yang sukses membangun bisnisnya. Contohnya seperti Bagas Alimpad, Filsa Budi Ambia, Yasa Singgih, Christina Lie, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa dari mereka bahkan mampu meraih kesuksesan saat berusia dibawah 25 tahun. Lalu apakah rahasia dibalik kisah inspiratif mereka? Berikut ini adalah tips sukses di usia muda yang wajib Anda kuasai. 

 

Banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, khususnya generasi muda. Namun untuk mencapai kesuksesan tersebut, pastilah membutuhkan perjuangan keras. Tak jarang berbagai rintangan hadir menerpa. Salah satu faktor penghambat kesuksesan bagi Anda yang masih berusia muda adalah saat dihadapkan pada pengambilan keputusan. Kebanyakan pemuda sulit untuk mengambil keputusan sehingga bisa berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan. 

 

Namun itu tidak berarti kaum muda tak bisa menjadi pengusaha. Karena setiap kegagalan adalah awal menuju kesuksesan. Yang paling utama adalah pantang menyerah dan harus selalu mau belajar. Lalu aspek apalagi yang harus dikuasai agar mencapai sukses di usia muda?

 

Paham Tujuan Bisnis

 

sukses di usia muda
sumber foto: acerid.com

 

Sebagai pengusaha muda, Anda tentunya harus memahami betul apa tujuan Anda membangun bisnis. Hal tersebut meliputi, apa dan kenapa Anda berbisnis, produk apa yang Anda jual, hingga bagaimana calon target market Anda. 

 

Giat Belajar

 

sukses di usia muda
sumber foto: koinworks.com

 

Baca juga: Cuma Modal 2 Buah Pisang Bisa Jualan Jajanan Viral Nih!

 

Kenapa harus terus belajar? Alasannya adalah karena dengan terus belajar, Anda akan mampu mempertahankan konsistensi bisnis. Karena jika Anda mau terus belajar, Anda akan selalu mendapatkan solusi dan ide terbaru kedepannya. 

 

Lalu bagaimana cara untuk terus belajar? Mudah saja, Anda dapat mengikuti berbagai kelas webinar bisnis gratis maupun berbayar. Disana Anda akan mendapatkan berbagai ilmu seputar dunia bisnis hingga jalinan relasi yang pasti bermanfaat bagi perjalanan bisnis Anda kedepannya. 

 

Jangan Takut Gagal

 

sukses di usia muda
sumber foto: koinworks

 

Paham teori bisnis saja belum cukup, jika Anda enggan mempraktekkannya. Kebanyakan orang memiliki rasa takut yang berlebihan akan kegagalan sehingga masih ragu untuk mengambil langkah keputusan. Anggaplah bahwa kegagalan adalah sesuatu yang wajar. Yang terpenting adalah Anda siap untuk bangun dan terus mencobanya lagi.

 

Mulailah dari hal-hal yang kecil, dengan begitu Anda akan menemukan solusi dalam menangani segala kemungkinan permasalahan yang terjadi. Memulai hal kecil lebih awal akan lebih baik dibandingkan mendapatkan kegagalan dari mencoba hal yang besar.

 

Menguasai Konsep ATM dan Inovasi

 

sumber foto: dalwaberita.com

 

Amati, Tiru, Modifikasi atau yang lebih dikenal dengan konsep ATM menjadi cara paling mudah. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan pernah meniru 100% bisnis orang lain. Memang tidak ada salahnya untuk mengikuti bisnis orang lain, namun perhatikan batasan-batasannya. Anda harus menjadi orang kreatif yang bisa memberikan sentuhan inovasi pada produk yang Anda jual. 

 

Misalkan Anda ingin sekali menjual donat karena tergiur melihat kedai donat yang selalu laris di sekitar tempat tinggal Anda. Anda bisa saja meniru usaha tersebut, namun tambahkanlah beberapa hal lain yang lebih menarik, misalkan mengubah varian bentuk, rasa hingga mempercantik tampilan packaging donat. 

 

  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *