Kumpulan Ide Usaha UMKM yang Menjanjikan

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), berkontribusi dalam pemerataan tingkat perekonomian rakyat kecil dan mengentaskan masalah kemiskinan. Mendapat dukungan pemerintah karena mampu memberikan lapangan kerja untuk masyarakat, tak heran perkembangan usaha UMKM di Indonesia semakin pesat.

 

Banyaknya calon pengusaha yang masih bingung memilih ide usaha UMKM yang menjanjikan, Kitadigi berikan ide usaha UMKM yang bisa dipertimbangkan.

 

1. Bimbingan Belajar

 

Kumpulan Ide Usaha UMKM yang Menjanjikan
Sumber Foto: quipper.com

Tingginya tuntutan pendidikan, bisnis bimbingan belajar menjadi salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Bimbingan belajar banyak dicari pelajar guna membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Dengan begitu, bisnis UMKM bimbingan belajar bisa menjadi peluang yang dapat Anda pertimbangkan. Anda pun bisa menjalankan bisnis bimbingan belajar secara online dengan memanfaatkan teknologi digital seperti aplikasi komunikasi menggunakan video.

 

2. Kuliner

 

Kumpulan Ide Usaha UMKM yang Menjanjikan
Sumber Foto: kompas.com

Makanan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Bisnis kuliner menjadi usaha yang memiliki banyak peminat. Anda bisa memanfaatkan kebutuhan itu dengan menjual makanan ringan, makanan berat, hingga makanan beku yang bisa digoreng dan dikonsumsi dengan mudah oleh konsumen tanpa harus membuatnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bergabung dengan pebisnis yang telah sukses di bidang kuliner atau franchise.   

 

3. Fesyen

 

Kumpulan Ide Usaha UMKM yang Menjanjikan
Sumber Foto: lovetoknow.com

Sama halnya dengan makanan, pakaian menjadi kebutuhan pokok manusia selain pangan. Tak heran jika bisnis fesyen dan konveksi banyak diminati oleh masyarakat dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Menjalankan bisnis fesyen dibutuhkan kreatifitas yang tinggi, jika keterampilan Anda dirasa masih kurang, begitu pula modal yang dimiliki, Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi reseller atau dropship.

 

 

4. Sayur & Buah

 

Kumpulan Ide Usaha UMKM yang Menjanjikan
Sumber Foto: halodoc.com

Bisnis sayur dan buah memang naik daun. Banyaknya masyarakat yang memilih hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah bisa dijadikan celah untuk menghasilkan keuntungan. Selain mendapat keuntungan pribadi, Anda bisa membantu petani desa mendapatkan lapangan pekerjaan dan menemukan pasaran yang baik. Pun, bagi Anda yang memiliki keterampilan bercocok tanam, Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk mendapatkan penghasilan menjadi petani rumahan.

 

5. Kurir

 

Sumber Foto: seremonia.com

Banyaknya penjualan online apalagi di masa pandemi covid-19 ini, Anda bisa membuka bisnis UMKM kurir. Selain membantu masyarakat melancarkan proses jual beli online, Anda bisa membantu masyarakat yang tidak memiliki skill khusus tapi bisa berkendara untuk menghasilkan pendapatan.

 

6. Toko Kelontong

Sumber Foto: kompas.com

 

Toko kelontong atau minimarket menjadi salah satu usaha yang selalu ada dari masa ke masa. Semua orang dari berbagai kalangan membutuhkan toko kelontong untuk mendapatkan barang yang dijual di toko untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Toko kelontong biasa menjual segala macam kebutuhan rumah tangga seperti sembako, keperluan mandi, rokok, dan makanan ringan. Anda bisa menjalankan bisnis ini di komplek atau perumahan, selain menjadi ladang pendapatan toko kelontong bisa memudahkan tetangga Anda untuk berbelanja tanpa harus jauh ke supermarket.

 

7. Tour & Travel

 

Sumber Foto: brilliant-tour.com

Sudah menjadi bagian dari gaya hidup, traveling dan berwisata menjadi idaman masyarakat modern di tanah air. Tak sedikit orang-orang yang memiliki hobi liburan di luar kota, maupun luar negeri. Anda bisa memanfaatkan peluang itu untuk merintis bisnis jasa tour and travel untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa menjadi agen bisnis perjalanan wisata dengan menyediakan layanan akomodasi, ticketing, perjalanan religi, dan lain sebagainya.

 

Beberapa ide UMKM di atas bisa menjadi solusi bagi Anda yang kebingungan mencari pendapatan atau memang memiliki passion di bidang bisnis, Selain memberikan keuntungan pribadi dan mengasah kemampuan, ide bisnis UMKM tersebut bisa membantu Anda memberikan lapangan pekerjaan bagi rakyat yang belum memiliki penghasilan. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga : 5 Alasan Aplikasi Kasir Menjadi Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *