Kupas Tuntas Rahasia Mahalnya Produk Brand Terkenal

Menurut Anda, berapakah harga sepasang sepatu yang paling wajar? Apa 200 ribu, 500 ribu atau 1 juta? Semua produk pasti memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Pernahkah Anda menilik berapa kisaran harga beberapa produk brand ternama seperti hermes, gucci, dan burberry? Mengapa bisa dibanderol dengan harga hingga puluhan juta rupiah? Apa rahasia dibalik brand terkenal ini hingga berani membanderol produknya dengan nilai yang fantastis? Cek jawabannya disini!

 

Istilah Keystone Markup

 

rahasia brand terkenal
sumber foto: paper.id

 

Baca juga: Strategi Marketing Wajib Bagi UMKM di Era New Normal

 

Keystone markup adalah salah satu metode standarisasi harga yang mempengaruhi faktor tingginya suatu harga. Biasanya hampir seluruh brand ternama selalu menggunakan metode keystone markup. Pelaku usaha akan melipat gandakan biaya produksi sekitar 50 hingga 100 persen, namun bukan bermaksud untuk mencari sebanyak-banyaknya keuntungan. Hal ini dilakukan agar harga yang diterapkan bisa berlaku secara umum di berbagai tempat. 

 

Brand yang terkenal memang memiliki banyak peminatnya sendiri. Jadi meskipun semahal apapun harga yang dipatok, tetap akan dibeli oleh para pencintanya. Contoh yang paling umum yang bisa Anda lihat adalah pada produk Apple. Berapapun harga produknya, Apple masih laris manis di kalangan masyarakat. 

 

Ide dan Inovasi

 

rahasia brand terkenal
sumber foto: bisnismuda.id

 

Setiap brand berpacu melakukan persaingan sengit dalam menghadirkan produk Andalan mereka. Mereka berlomba menciptakan produk yang bakal dipuja oleh penggemarnya. Perhatikanlah beberapa brand terkemuka selalu memasang harga fantastis pada setiap produknya. Mengapa demikian? karena mereka menciptakan produk yang bernilai dan bergengsi. Sehingga saat para konsumen menggunakan produk tersebut, mereka akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan tersendiri. 

 

Saat seorang konsumen puas dengan apa yang mereka peroleh, disinilah keuntungan bagi para pelaku usaha. Karena tanpa disadari konsumen yang puas akan melakukan promosi gratis atas produk tersebut. Hal inilah yang membuat nilai prestise sebuah produk bertambah. Sehingga nilai produk tersebut akan bertambah dan konsumen juga tidak akan bermasalah dengan berapa harga yang ditawarkan. 

 

Untuk membuat produk Anda dianggap prestisius, cara paling mudah adalah dengan membuat produk terbatas (limited edition). Dengan membuat produk terbatas, Anda akan membuat konsumen merasa tertantang untuk memilikinya. 

 

Penggunaan Bahan Baku Berkualitas

 

rahasia brand terkenal
sumber foto: blogporinto.com

 

Perlu diingat, produk dari setiap brand ternama pasti selalu menggunakan bahan baku berkualitas demi menjaga nilai produknya. Tak dapat dipungkiri memang bahan baku berkualitas memiliki harga yang lebih mahal. Maka wajar saja bila produk brand ternama mematok harga yang cukup tinggi.  

 

Itulah beberapa rahasia brand terkenal mengapa selalu memasang harga fantastis di setiap produknya. Semoga menginspirasi bisnis Anda dan dapat diimplementasikan dalam bisnis Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *