Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Saat ini banyak orang yang sedang mencari cara bisnis online yang sukses untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun menjadikan pekerjaan utama, karena banyak peluang usaha yang didapatkan melalui internet.

 

Internet mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan lebih cepat, terlebih ditengah pandemi covid-19 ini yang mengharuskan kita semua mengurangi aktivitas di luar rumah, membuat masyarakat beralih untuk berbelanja online.

 

Di dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara bisnis online yang sukses, hal-hal dibawah ini bisa Anda terapkan jika Anda ingin membuka bisnis online, maka dari itu simak artikel ini sampai habis.

 

1. Miliki Mindset Bisnis yang Benar

 

Sebelum memulai bisnis pastikan bahwa Anda sudah memiliki mindset yang benar serta sikap mental yang positif. Hal ini penting karena Anda harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset tersebut yang akan bekerja untuk Anda.

 

Jangan sampai Anda terlalu sibuk hingga mengorbankan hal-hal lainnya, karena Anda juga memerlukan waktu dengan keluarga, dan orang-orang tercinta, atau melakukan hal-hal bermanfaat lainnya. 

 

  • Yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis online

 

Seperti pada umumnya ketika memutuskan untuk membbangun bisnis, pastinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti modal, produk yang akan dijual, pasar yang akan menjadi target, strategi pemasaran, kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

 

Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis, dan sisanya adalah yang sifatnya teknis. Niatkan supaya usaha kita nanti bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita, dan juga bagi kebaikan sesama. 

 

  • Tujuan berbisnis

 

Tujuan utama berbisnis adalah selain mendapatkan penghasilan, juga bisa membuat kita kenal lebih banyak dan menjadi manfaat bagi sesama.

 

2. Memulai dengan jualan

 

Putuskan apa yang ingin Anda jual melalui media online, tahapan awalan ini akan lebih banyak berhubungan dengan jualan, karena sebelum benar-benar kita menjalani suatu siklus bisnis, kita harus berlatih menjual.

 

  • Bagaimana cara menemukan ide produk?

 

Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar kita.

Kita adalah problem solver, kita adalah perantara solusi dari permasalahan orang-orang.

Tukar manfaat yang bisa kita berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

 

  • Apa saja produk yang bisa dijual secara online?

 

  1. Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  2. Contoh produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  3. Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.

3. Buat website jualan / toko online

 

Tahapan ketiga adalah membuat website jualan. Bisa juga disebut toko online, ataupun lapak online. Nantinya ini kita gunakan sebagai tempat jualan online atau berpromosi di internet. kita harus mempromosikan supaya orang lain tahu, dan menjualnya agar kita mendapatkan penghasilan. 

 

  • Memanfaatkan marketplace dan media sosial

 

Salah satu benefit menjalankan bisnis lewat internet, kita tidak harus menggunakan tempat secara fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar yang biasanya akan membayar uang sewa dengan harga yg cukup tinggi.

 

Secara teknis hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis online adalah mencoba berjualan lewat pasar online (situs marketplace) terlebih dahulu, ketika sudah ingin lebih serius anda bisa melangkah untuk membuat website sendiri.

 

Untuk langkah berjualan lewat pasar online, media sosial, ataupun aplikasi social chat, contohnya adalah lewat media sebagai berikut:

 

  1. Pasar online (situs marketplace) – Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll.
  2. Situs media sosial – Facebook, Twitter, Instagram.
  3. Aplikasi social chat – LINE, WhatsApp, Telegram.

 

Khusus untuk yang aplikasi social chat, sebenarnya itu lebih cocok sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan maupun prospek. Seperti saat mau transaksi, tanya-tanya detail produk, dan konfirmasi pembayaran.

 

  • Membuat website sendiri

 

Salah satu tujuan dengan memiliki website sendiri, nantinya website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop resmi usaha kita di dunia maya. Keuntungannya, kalau kita sudah memiliki website sendiri, kedepannya bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

 

Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih yakun ketika hendak bertransaksi dengan kita.

 

  • Website berbayar

 

Cara ini mengharuskan kita menggunakan domain dan hosting sendiri. Artinya, kita harus mencari nama domain untuk alamat website kita, dan kemudian menyewa hosting untuk digabungkan dengan domain tersebut.

 

Untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak memerlukan kapasitas hosting yang terlalu besar. Anda bisa menyiapkan uang 150 ribu untuk sewa hosting, dan 100 ribu untuk membeli nama domain (total biasanya kisaran 250 – 350 ribu).

 

Namun ingat, nama domain hanya berlaku untuk setahun, jadi tahun depan jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus melakukan perpanjangan. Begitu juga untuk hosting.

 

  • Website Gratis

 

Beberapa penyedia blog gratisan yang sudah cukup terkenal, diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi.

 

Pakailah penyedia blog yang sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, seperti WordPress dan Blogspot karena lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

 

  • Gunakan jasa pembuatan website

 

Mungkin ada beberapa dari Anda yang merasa masih kesulitan untuk membuat website, ataupun belum ada waktu untuk belajar membuat website sendiri. Solusinya, jika Anda masih tetap ingin membuat website bisnis yang profesional dan mungkin juga dengan nama domain sendiri, Anda bisa meng-outsource-kan ke penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet.

 

4. Promosi Online

 

Tahapan selanjutnya, kalau website sudah ada, apalagi  kalau bukan mempromosikan website bisnis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website Anda.

 

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lain yang Anda paham. Hal ini adalah cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis dan jualan Anda. Apalagi jika Anda mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu.

 

5. Bangun bisnis = Bangun sistem

 

Alangkah baiknya setelah mengikuti tips-tips sebelumnya, perlu dibarengi dengan membangun sistem alur bisnis, membangun tim kerja, mengumpulkan modal kerja, membeli software / aplikasi yang kita butuhkan, termasuk juga membuat website yang berguna sebagai tools marketing online, dan lain sebagainya.

 

6. Mentor dan lingkungan positif 

 

Carilah mentor yang akan “membimbing” Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mentor ini bisa teman Anda, orang tua, saudara, guru, dosen, maupun pelaku bisnis yang Anda anggap sudah berhasil dalam bidang usaha yang digelutinya.

 

Mereka sudah melalui proses jatuh bangun dan manis pahit getir serta asam garam dalam membangun bisnis dan kehidupannya, sehingga Anda bisa belajar dari pengalaman prosesnya. 

 

Selain itu, bergabunglah dengan komunitas bisnis dan komunitas-komunitas lain yang mendukung tujuan Anda, seperti bergabung dengan kitadigi, selain itu milikilah lingkungan yang positif. Ini juga akan sangat mendukung proses belajar Anda supaya lebih kondusif dan terarah. Sehingga Anda akan menemukan bagaimana cara bisnis online yang sukses.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *