Manfaat Laporan Keuangan Untuk UKM

Dalam menjalankan bisnis, baik itu Usaha Kecil Menengah (UKM), maupun usaha besar, laporan keuangan merupakan suatu hal yang penting. Segala kegiatan usaha bergantung kepada modal dan kondisi keuangan, berjalan dan tidaknya usaha ditentukan dari cara bagaimana para pelaku usaha mengatur neraca keuangan.

 

Masih banyak pelaku UKM yang belum memahami manfaat laporan keuangan, sehingga bisnis yang dijalankan tidak berkembang dan terpaksa gulung tikar. Nah, jangan sampai mengabaikan laporan keuangan, berikut penjelasan manfaatnya!

 

1. Sebagai Bahan Evaluasi

 

Manfaat Laporan Keuangan Untuk UKM
Sumber Foto: talenta.co

Laporan keuangan bermanfaat sebagai penentu arah tujuan bisnis dan penentu strategi untuk menghadapi baik atau buruknya kondisi bisnis ke depan. Dengan laporan keuangan, pengusaha akan lebih mudah mengetahui segala permasalahan yang terjadi, dan apakah bisnis yang dijalankan sudah sukses atau masih butuh perbaikan. Jika dirasa bisnis yang dijalankan mengalami kerugian, pengusaha bisa cepat menentukan solusi dari masalah tersebut. Laporan keuangan juga bisa menjadi antisipasi untuk menghadapi kendala ke depan dan langkah selanjutnya untuk mengembangkan atau melakukan ekspansi bisnis.

 

2. Mengetahui Kondisi Bisnis

 

Manfaat Laporan Keuangan Untuk UKM
Sumber Foto: kabarin.co.id

Laporan keuangan memiliki unsur-unsur penting seperti transaksi penjualan, pembelian, biaya operasional, dan kredit.  Sukses tidaknya suatu usaha bisa dilihat dari arus keluar masuk bisnis, jika pencatatan laporan keuangan dilakukan dengan baik dan lengkap pengusaha bisa lebih mudah mengetahui kondisi keuangan bisnis.

 

3. Menjadi Penentu Pengambilan Keputusan

 

Manfaat Laporan Keuangan Untuk UKM
Sumber Foto: accurate.id

Melakukan pembukuan membantu pengusaha agar lebih bijak dalam mengambil keputusan yang melibatkan keuangan bisnis. Seperti menentukan apakah kondisi keuangan bisnis sudah cukup untuk membuka lowongan tenaga kerja baru, pengadaan produk baru, dan rencana ekspansi atau pindah tempat usaha.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk Para UMKM

 

4. Tingkatkan Kredibilitas

 

Manfaat Laporan Keuangan Untuk UKM
Sumber Foto: penulis.id

Bagi pengusaha yang ingin mencari investor atau mitra kerja untuk mendukung kelangsungan bisnis, pencatatan laporan keuangan yang rutin sangat dibutuhkan. Dilihat dari kacamata mitra bisnis, tentunya mereka tidak ingin bekerja sama dengan pemilik usaha yang dianggap kurang berhati-hati dalam mengelola keuangan. Pengusaha harus meyakinkan calon mitra bisnis, bahwa bisnsinya kompeten dalam persaingan bisnis. 

 

5. Syarat Pinjaman Modal

 

Sumber Foto: gapediaonline.com

Laporan keuangan menjadi syarat untuk melakukan pinjaman. Bagi pengusaha yang membutuhkan tambahan modal, laporan keuangan wajib dilampirkan. Hal itu menjadi bukti atas performa bisnis yang pelaku usaha jalankan. Selain itu juga laporan keuangan menjadi tolak ukur apakah pemilik bisnis mampu membayar pinjaman sesuai yang disepakati.

 

6. Perhitungan Pajak

 

Sumber Foto: klikpajak.id

Dilihat dari perpajakan Indonesia yang menerapkan sistem pajak self assessment, melakukan pelaporan SPT tahunan memiliki syarat mutlak yang harus dimiliki, yaitu laporan keuangan. Laporan keuangan dalam perpajakan digunakan untuk mengurangi risiko terjadinya sanksi denda atau masalah pajak lainnya.

 

Baca Juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Clothing Online Untuk UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *