Lima Rahasia Tingkatkan Penjualan Toko Online Anda

Setiap toko daring senantiasa berinovasi untuk merumuskan strategi demi mendongkrak traffic dan konversi menjadi pembelian. Pengetahuan tentang taktik pemasaran yang tepat menjadi mutlak agar rencana tersebut berhasil. Kami merangkum dalam artikel ini lima cara e-commerce marketing yang semoga dapat tingkatkan penjualan toko online Anda. Cek yuk sampai poin terakhir! 

1. Melakukan upselling

 

Tingkatkan Penjualan Toko Online
Sumber Foto : marketing91.com

 

 

 

Upselling adalah cara agar pembeli membeli lebih banyak produk dengan mutu lebih tinggi dari yang biasanya dibeli. Maksud ini lazim kita ketahui dari kalimat ajakan seperti “Apakah Anda ingin meng-upgrade pembelian?”. 

 

Cara ini menyampaikan dua tujuan. Yang pertama adalah membujuk pelanggan lama untuk membeli produk premium sejenis. Teknik ini juga berfungsi menginformasikan barang bermutu tinggi yang mungkin sebelumnya tidak diketahui oleh pembeli. 

 

Contohnya adalah saat Anda menjalankan bisnis kosmetik. Tawarkan paket gabungan, seperti lipstik dengan maskara. Cara lain adalah dengan menawarkan paket kosmetik untuk bepergian. Ceritakan bagaimana metode tersebut meyakinkan calon pembeli agar mau membeli sedikit lebih banyak dari anggaran sebelumnya. Iming-imingnya adalah ragam produk yang lebih banyak serta manfaat dari keputusannya itu nantinya. 

 

Yang perlu diperhatikan adalah keterkaitan antara kebutuhan asli konsumen dengan produk premium yang akan ditawarkan. Buatlah harga yang masih terjangkau bagi mereka. Dengan dua pertimbangan tersebut, calon konsumen diharapkan tertarik membayar lebih. 

2. Menambahkan Fitur Live Chat 

 

Tingkatkan Penjualan Toko Online
Sumber Foto : storelogy.com

Perkembangan teknologi melahirkan teknik untuk selalu berinteraksi dengan pelanggan secara positif. Salah satu caranya adalah dengan fitur live chat. Fitur ini penting untuk melayani pertanyaan konsumen atau sekadar menyapa mereka. Beberapa fungsi dapat terlaksana dengan fitur live chat. Anda dapat lebih mengarahkan pencarian mereka pada halaman tertentu saat mereka sampai di toko Anda atau sudah lama berada di toko Anda. 

 

Dengan live chat, calon pembeli akan terbantu apabila menemukan masalah saat hendak bertransaksi. Anda sendiri sanggup mengetahui jumlah pengunjung yang memasukkan produk ke keranjang belanja tanpa melanjutkan ke transaksi pembayaran. 

 

Beberapa faktor mungkin terjadi. Sebagai contoh adalah calon konsumen mungkin mengurungkan niat membeli karena berubah pikiran atau lupa untuk merampungkan proses pembayaran. Doronglah mereka agar membeli dengan iming-iming tambahan diskon, gratis ongkos kirim hingga mengingatkan durasi promo akan segera kadaluarsa. 

3. Mempersiapkan Produk Berikutnya

Tingkatkan Penjualan Toko Online

Sumber Foto : markettrack.id

Manfaatkan internet dan toko daring Anda sebagai tempat riset kecil-kecilan untuk produk berikutnya. Pelajarilah keinginan pasar dan minat konsumen melalui berbagai pendekatan. Contohnya adalah melalui kata kunci, tren di media sosial hingga lokasi konsumen berasa. Setelahnya, hitung dengan kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan. Teknik pengetesan lebih lanjut adalah dengan meluncurkan pra pemesanan terhadap sebuah produk untuk mengetahui tanggapan minat konsumen. 

 

Katakanlah, Anda ingin meluncurkan tiga produk sekaligus. Buatlah halaman yang menarik untuk produk yang akan Anda jual di kemudian hari. Halaman tersebut haruslah mempunyai foto produk memukau dengan deskripsi yang menggugah rasa ingin tahu. Kemudian, atur stok produk tersebut menjadi “kosong” lalu hidupkan fitur “wish list” atau “ingatkan jika produk tersedia”. Strategi ini akan memberikan informasi produk dengan tanggapan terbanyak dari konsumen. Sehingga, Anda bisa menentukan produk mana yang akan dijual terlebih dahulu. 

 

Baca juga : Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

4. Memaksimalkan Halaman Produk 

 

Sumber Foto : docs.oceanesia.com

 

Untuk memaksimalkan halaman produk, Anda bisa menerapkan teknik conversion rate optimization atau CRO. Tujuan CRO adalah mendongkrak konversi penjualan di dalam toko daring. Caranya adalah dengan membantu Anda mendeteksi masalah di dalam toko, seperti mengapa konsumen pergi dari toko Anda. 

 

CRO menggabungkan teknik riset kualitatif dan kuantitatif. Dengan demikian, hasilnya akan tidak bias sebagai dasar mengembangkan perkiraan sekaligus mengetes cara penjualan seperti apa yang paling efektif. 

5. Menghargai Konsumen yang Setia 

 

Sumber Foto : okezone.com

Pembeli lama lebih layak untuk dihargai. Mereka biasanya menyumbang pendapatan lebih tinggi dari pembeli baru. Pelanggan setia juga melakukan transaksi lebih banyak dalam setahun dibandingkan pembeli baru. 

 

Tak muluk menyarankan agar Anda membuat program loyalitas pelanggan misalnya melalui insentif tambahan agar membeli lagi. Tips lainnya adalah membuat program berbasis poin yang bisa ditukar dengan diskon setelah meraih poin tertentu. Bisa pula dengan menawarkan ongkos kirim gratis. 

 

Semoga cara tingkatkan penjualan toko online tersebut dapat bermanfaat bagi #mitrasukses KITADIGI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *