Manfaat Aplikasi Kasir untuk UMKM yang Ingin GO Digital

Aplikasi kasir merupakan salah satu temuan teknologi yang sangat membantu kalangan UMKM. Ia menggantikan sistem manual untuk mencatat segala transaksi sekaligus sebagai software kasir atau pun program toko.

 

Adanya aplikasi kasir menjadi bagian tidak terpisahkan untuk UMKM yang ingin go digital. Aplikasi ini mudah dipakai karena bersifat otomatis. Alat ini sanggup mencatat kegiatan bisnis secara teliti sehingga pengusaha bisa dengan mudah mengeceknya. Staf kasir juga lebih mudah dan cepat dalam melayani pembeli.  

 

Pelaku UMKM pasti merasakan perihal keuangan sebagai hal yang sensitif. Hal ini berlaku terutama untuk perintis sebuah usaha. Tidak jarang ada UMKM yang gagal lantaran ketidaksesuaian antara jumlah penjualan dengan penerimaan bisnis. Belum lagi ada masalah keuangan yang tidak terduga. 

Berikut fungsi aplikasi kasir untuk menjawab permasalahan di atas:

 

Aplikasi Kasir
Sumber Foto : techinasia.com

   

1. Menghemat waktu

 

Di antaranya untuk mengecek jumlah barang terjual dan hasil penjualan harian. Akan sangat memakan waktu jika Anda masih menggunakan cara manual. Anda harus mengecek rak atau tempat penyimpanan barang untuk mengetahui berapa produk terjual. Sistem ini akan memakan banyak waktu jika usaha Anda telah meluas. 

 

Bayangkan pula jika Anda harus mengumpulkan seluruh nota dalam sehari. Belum lagi Anda harus mengecek dengan jumlah uang yang diperoleh. Aplikasi kasir akan bisa memangkas segala kerumitan dengan ini semua. 

 

2. Memantau kondisi kas

 

Dalam aplikasi ini akan terlihat seluruh transaksi penjualan secara mendetail dalam sehari. Anda bisa langsung melihat barang yang telah terjual dan mana yang belum. Secara otomatis, aplikasi akan menjumlahkan seluruh angka nominal penjualan setiap harinya. Anda bisa langsung mengetahui pendapatan pada hari itu juga. 

 

Cara yang sama berlaku untuk kinerja dalam seminggu atau sebulan baik untuk jumlah transaksi hingga jumlah pendapatannya. Dengan sekali cara ini, akan semakin mengecil risiko kesalahan penghitungan, yang akan sangat sensitif jika usaha Anda telah ramai. 

 

Selain lebih praktis, cara ini memberikan Anda informasi mengenai ketersediaan produk sehingga bisa langsung cepat memesan apabila ada yang telah mendekati habis. Dengan transparansi ini, uang kas Anda bisa diputar dan dipakai secara efektif.

 

3. Menghindari bocornya sistem keuangan

 

Hadirnya aplikasi kasir membuat segala transaksi menjadi terbuka dan terperinci. Anda dapat menyerahkan pencatatannya pada seorang karyawan. Tidak perlu cemas akan adanya kebocoran keuangan perusahaan sebab Anda bisa mengeceknya sendiri nanti. 

 

Jumlah stok barang, volume penjualan, hingga jumlah pendapatan tercatat secara rapi. Cara ini memperkecil potensi ketidakcocokan antara jumlah barang yang telah terjual dan yang belum. Anda juga bisa mengecek sendiri antara jumlah produk yang telah terjual dengan yang dibeli dari toko lain. 

 

4. Menganalisa usaha 

 

Anda bisa secara cepat belajar merumuskan strategi bisnis cukup dengan menjalankan aplikasi ini. Caranya adalah dengan mempelajari volume penjualan dan persediaan barang yang ada. Tergantung kondisi di lapangan, Anda bisa segera memesan atau menunda pemesanan produk. Menghubungkan dengan baik antara kondisi penjualan dengan stok barang menjadi elemen penting untuk bertindak gegas untuk kesuksesan bisnis Anda. 

 

5. Memuaskan pelanggan

 

Pelanggan mana pun pasti menginginkan layanan yang cepat dan benar. Ini terutama penting saat mereka sedang terburu-buru atau saat kondisi toko sedang ramai. Aplikasi kasir dapat mencatat transaksi mereka, mulai dari produk yang dibeli, metode pembayaran hingga uang kembalian. Ini lebih praktis dan cepat ketimbang mencatat, misalnya. 

 

6. Membangun reputasi positif

 

UMKM Anda bisa memperoleh reputasi terpercaya dan kekinian dari pelanggan berkat aplikasi kasir. Staf Anda akan terlihat lebih profesional sebab gegas menanggapi perkembangan teknologi. Selain itu, layanan yang lebih cepat akan membuat pembeli lebih mempercayai bisnis Anda. 

 

7. Meminimalisir kelalaian

 

Kelalaian dalam hal keuangan mencakup beberapa hal. Sebagai contoh adalah salah memasukkan jumlah produk dan volume transaksi penjualan. Aplikasi kasir dapat membantu ini semua dengan membuat Anda bisa mengecek kembali produk yang Anda masukkan. Anda juga bisa memperbaiki kesalahan pada transaksi terakhir. 

 

8. Murah dalam merawat dan memperbaiki platformnya 

 

Dibanding mesin kasir konvensional, aplikasi kasir lebih murah dalam merawat dan memperbaikinya. Hal ini disebabkan aplikasi ini mempunyai tenaga yang bisa memperbaikinya sehingga menekan biaya perawatan dan perbaikan. Berbeda dengan lebih sedikitnya tenaga untuk merawat dan memperbaiki mesin kasir konvensional. Tak mengherankan biayanya menjadi lebih tinggi.

Baca juga : Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing Dan Sukses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *