Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis UKM dan UMKM

Kesadaran akan pentingnya manfaat dana darurat dalam keuangan untuk menghadapi situasi yang tak terduga perlu ditingkatkan. Tidak dispesifikasikan untuk perorangan saja, para pebisnis UKM dan UMKM di Indonesia pun harus cermat dalam mengelola keuangan agar mengurangi risiko bisnis gulung tikar.

 

Dana darurat dalam bisnis diartikan sebagai dana atau aset likuid lainnya yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk menghadapi masalah finansial. Sederhananya, dana darurat digunakan untuk menutup berbagai macam pengeluaran yang tidak terprediksi.

 

Menurut para ahli, dana darurat yang harus disiapkan setidaknya sejumlah tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan bisnis. Nah, Anda termasuk pengusaha UKM atau UMKM yang belum menyiapkan dana darurat? Ketahuilah manfaat dana darurat, berikut di bawah ini.

 

1. Penyelamat Dalam Kondisi Darurat

 

Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis UKM dan UMKM
Sumber Foto: finmas.co.id

Tidak ada yang tahu bagaimana roda perekonomian, kondisi darurat yang nyata adanya adalah pandemi Covid-19 yang memengaruhi kehidupan masyarakat. Dimana pemerintah menghimbau masyarakat untuk terus berada di rumah untuk memutus rantai penyebaran. Tanpa disadari, hal itu mengubah aktivitas masyarakat dan mengurangi permintaan pada beberapa sektor bisnis. Tidak sedikit para pengusaha mengalami masalah ekonomi yang berujung pada bisnis gulung tikar. Maka dari itu, dana darurat penting untuk tingkatkan peluang selamat dari krisis.

 

2. Tidak Tergantung Pada Utang

 

Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis UKM dan UMKM
Sumber Foto: caixinglobal.com

Dengan adanya dana darurat, bisnis akan memiliki cukup modal untuk tetap beroperasi selama beberapa bulan ke depan ketika bisnis memiliki kebutuhan mendesak. Dengan begitu, pengusaha tidak perlu melakukan pinjaman dan tidak kesulitan mencari dana untuk operasional bisnis.

 

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Kasir untuk UMKM yang Ingin GO Digital

 

3. Memastikan Arus Kas Sehat

 

Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis UKM dan UMKM
Sumber Foto: pakar.co.id

Cash flow atau arus kas memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis. Pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan menjadi masalah yang sering kali terjadi pada pengusaha. Hal itu yang menyebabkan perusahaan sering mengalami kegagalan karena arus kas yang tidak sehat. Dana darurat membantu mengelompokkan pengeluaran yang menjadi prioritas atau yang bukan, dan menjadi talangan ketika harus membayar utang yang telah jatuh tempo.

 

4. Mendapat Kesempatan Bisnis

 

Sumber Foto: mvbbank.com

Dengan memiliki dana darurat, pengusaha bisa mendapatkan peluang atau mendapatkan kesempatan membeli atau melakukan investasi bisnis lain yang berpotensi dan memiliki prospek baik ke depan-nya.

 

5. Meminimalisir Kerugian

 

Sumber Foto: Bogasari.com

Bagi pengusaha yang baru merintis atau masih seumur jagung, dana darurat bisa dimasukkan ke dalam modal awal. Dengan adanya dana darurat, pengusaha akan tetap memiliki modal yang cukup untuk menjalankan usaha tanpa harus kesulitan mencari dana lain untuk menunjang operasional bisnis. Ada kalanya bisnis dihadapkan dengan kebutuhan mendadak, tetapi budget yang dimiliki terbatas. Untuk menghadapi masalah itu, dana darurat bisa dijadikan solusi.

 

Baca Juga: Kiat Sukses Bisnis Jasa Freelance Untuk Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *