Manfaat Member Koperasi yang Sangat Menguntungkan

Kitadigi.com – Menurut Anda apakah menjadi member koperasi atau gabung koperasi di tempat tertentu dapat memberikan manfaat bagi kita, atau justru merugikan sih. Karna berdasarkan jaman ke jaman, koperasi ini selalu digunakan lho di setiap lingkungan warga desa dan bahkan beberapa perusahaan pun mendirikan koperasi sendiri.

 

Bagi Anda yang belum tau, yuk kita diskusi dari artikel yang akan saya bahas disini ya. Kita mulai dari pengertian koperasi ya, koperasi dapat diartikan sebagai badan usaha yang memiliki anggota dan setiap anggota memiliki hak yang sama dalam setiap keputusan yang dipilih secara musyawarah.

 

Jika berdasarkan UU nomor 25 tahun 1992 pasal 3, koperasi memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggota pada khususnya masyarakat sekitar untuk mewujudkan masyarakat yang Makmur.

 

Dengan keanggotaan yang berada di dalam koperasi, setiap member koperasi diberikan kewajiban untuk membayar dan menabung secara sukarela. Jika saat ini Anda menjadi member koperasi, Anda telah membantu dan berpartisipasi dalam memajukan perekonomian di Indonesia Apa saja sih peran koperasi dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia.

 

Manfaat Member Koperasi

 

  1.       Mengembangkan Kegiatan Usaha Masyarakat

Contohnya, koperasi yang bergerak di bidang usaha pengadaan alat-alat peternakan yang dibutuhkan seorang peternak. Dengan adanya koperasi, maka petani tidak perlu membeli alat-alat lagi, mereka bisa menggunakan alat dari koperasi dengan memotong hasil iurannya yang dibayarkan setiap bulan secara sukarela.

 

Tentunya hal ini akan membuat para peternak lebih menghemat alat-alat dan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal dari hasil peternakannya.

 

  1.       Meningkatkan Pendapatan Member

Jika Anda menjadi salah satu member koperasi, Anda bisa mendapatkan sisa hasil usaha (SHU) yang didapatkan dari koperasi. Untuk itu semakin besar kontribusi member terhadap koperasinya, dapat meningkatkan penghasilan si member tersebut.

 

  1.       Mengurangi Tingkat Pengangguran

Adanya koperasi di Indonesia, diharapkan dapat menolong nasib mereka yang butuh pekerjaan. Karna berdirinya koperasi akan tercipta peluang kerja bagi mereka yang ingin bekerja untuk mengelola koperasi.

 

  1.       Meningkatkan Penghasilan Masyarakat

Kegiatan di koperasi dapat meningkatkan penghasilkan member koperasi, yang artinya jika Anda mungkin merasa ingin mendapatkan kesejahteraan hidup, bisa menjadi member koperasi di tempat Anda. Dengan penghasilan tersebut Anda bisa membuka usaha sendiri.

 

  1.       Membangun Perekonomian Nasional

Koperasi menjadi salah satu kunci di perekonomian bangsa ini, dengan adanya banyak koperasi yang dibuat oleh pemerintah dan pelaku usaha lainnya. Mereka bekerja sama untuk bersama membangun dan membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dalam hal finansial.

Setelah Anda tau peran koperasi begitu besar bagi Indonesia. Lalu berapa banyak jenis koperasi yang ada di Indonesia sih? Dibawah selengkapnya.

 

Jenis-Jenis Koperasi di Indonesia

 

  1.       Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang memiliki penampungan barang untuk dapat diproduksi kembali. Barang yang disediakan didalam koperasi produksi adalah barang-barang yang diproduksi oleh member koperasi untuk dijual. Contoh, barang yang diproduksi koperasi ini adalah hasil kerajinan tangan, susu dan pembuatan makanan lainnya.

 

  1.       Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam bisa disebut juga koperasi kredit. Sistemnya sama seperti tabungan, tujuan koperasi ini menyediakan uang bagi para member untuk keperluan mendadak mereka.

 

  1.       Koperasi Konsumsi

Koperasi ini bertujuan menyediakan barang-barang konsumsi dengan harga yang murah bagi para membernya. Dan dengan kualitas yang sama di pasaran. Laba yang diperoleh atau dari sisa hasil usaha akan dibagikan ke para member berdasarkan jumlah pembelian dari setiap member.

 

Melihat dari peran koperasi dan banyaknya manfaat member koperasi, pastinya Anda harus segera gabung dan ikut dalam koperasi di tempat Anda. Atau bagi pelaku UMKM, Anda bisa masuk dan gabung ke platform e-commerce Kitadigi, untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, dan pastinya memajukan seluruh UMKM di Indonesia. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *